Mungkin kamu tahu bahwa tidak ada yang lebih menyenangkan bagi seorang bos, selain melihat karyawannya selalu semangat dan produktif di tempat kerja. Kamu pun mungkin berharap seperti itu ketika memiliki sebuah pekerjaan. Bisa produktif sehingga semua pekerjaan bisa selesai tepat waktu.
Akan tetapi, kamu perlu tahu Beauties. Beberapa hal justru bisa menghambat produktivitasmu di tempat kerja. Apa saja ya? Simak ulasannya berikut ini.
Mencoba Multitasking
Multitasking/ Foto: freepik.com/cookie_studio |
Multitasking berarti menyelesaikan beberapa pekerjaan sekaligus dalam satu waktu. Beberapa orang berpikir multitasking akan membuat pekerjaan lebih efisien. Padahal melansir dari laman New York Times, Earl K. Miller, seorang profesor ilmu saraf di Picower Institute for Learning and Memory di Massachusetts Institute of Technology, mengatakan bahwa multitasking tidak mungkin dilakukan secara manusiawi.
Ketika kamu mencoba untuk multitasking, kamu mungkin merasa seolah-olah sedang produktif, tetapi kamu mungkin tidak menyelesaikan tugas-tugas tersebut secara efisien. Tidak hanya itu, mencoba multitasking juga bisa menghambat kreativitas.
Untuk itu, alih-alih mencoba menyelesaikan beberapa pekerjaan sekaligus, kamu bisa menyelesaikan pekerjaan satu persatu menggunakan skala prioritas.
Selalu Berkata 'Ya'
Selalu berkata 'ya'/ Foto: freepik.com/wayhomestudio |
Berkata 'ya' ketika dimintai tolong oleh rekan kerja atau perintah dari bos, mungkin menjadi hal yang lumrah. Tapi kamu tidak harus selalu berkata 'ya' kepada setiap orang di lingkungan kerja hanya untuk membantu kepentingan atau menyenangkan orang lain.
Namun bukan berarti kamu harus selalu berkata 'tidak' untuk semua hal. Melansir dari laman Calendar, harus ada keseimbangan dan pertimbangan ketika seseorang meminta bantuanmu. Kuncinya adalah kamu bisa memutuskan untuk meluangkan waktu demi orang lain ketika hal itu tidak mengganggu prioritasmu.
Membuang Waktu pada Pekerjaan yang 'Remeh'
Membuang waktu/ Foto: freepik.com/yanalya |
Membuka media sosial atau sekadar bergurau dengan rekan sekantor mungkin menjadi selingan untuk menghilangkan penat. Atau kamu mencoba untuk mengerjakan pekerjaan paling mudah dan repetitif untuk menghindari pekerjaan utama.
Percayalah Beauties, aktivitas tersebut justru akan membuat produktivitas menurun. Lebih buruk lagi, kamu justru akan menunda-nunda pekerjaan utama sehingga pekerjaanmu bukannya selesai namun justru menumpuk.
Terlalu Perfeksionis
Terlalu perfeksionis/ Foto: freepik.com/tirachardz |
Jika kamu berpikir menjadi perfeksionis bisa membuatmu lebih produktif, maka kamu mungkin keliru. Sebab orang yang perfeksionis justru terlalu fokus pada hal-hal kecil dalam satu pekerjaan sehingga mengabaikan pekerjaan yang lainnya.
Tentunya hal tersebut bisa membuat pekerjaan lain menjadi terbengkalai. Ingat Beauties, sebenarnya tidak semua pekerjaan bisa diselesaikan secara sempurna. Alih-alih mengejar kesempurnaan, kamu bisa usahakan untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.
***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!