STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

4 Kebiasan Buruk Sehari-hari yang Ternyata Bisa Mengganggu Kesehatan Mental, Kamu Sering Lakukan?

Ade Irma Suryani | Beautynesia
Kamis, 20 Oct 2022 15:30 WIB
4 Kebiasan Buruk Sehari-hari yang Ternyata Bisa Mengganggu Kesehatan Mental, Kamu Sering Lakukan?

Selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga sangat penting untuk dijaga. Karena dengan mental yang sehat, seseorang akan dapat menjalani hidupnya dengan baik. Namun, kesehatan mental juga dapat terganggu oleh kebiasaan buruk sehari-hari yang dilakukan.

Berikut di bawah ini beberapa kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan mental. Simak yuk!

1. Kurang Tidur

Kurang tidur dapat mengganggu kesehatan mental.
Kurang Tidur/ Foto: pexels.com/cottonbro  

Yups! Tidak hanya mengganggu kesehatan fisik, kebiasaan kurang tidur juga dapat mengganggu kesehatan mental. Dikutip dari CNN Indonesia, hasil penelitian dari University of Michigan mendapati bahwa kurang tidur dapat meningkatkan risiko depresi.

Selain itu, gangguan mental lain seperti bipolar disorder, ADHD, dan gangguan kecemasan juga dapat terjadi lho, Beauties! Melihat hal ini, cobalah untuk mengatur jadwal tidur dengan baik. Biasakan untuk tidur 8 jam sehari. 

2. Malas Bergerak

Malas gerak juga dapat mengganggu kesehatan mental.
Malas Bergerak/ Foto: pexels.com/Ketut Subiyanto 

Selanjutnya, malas bergerak ternyata juga dapat meningkatkan risiko gangguan mental juga lho, Beauties. Karena itu, penting bagimu untuk rajin melakukan aktivitas fisik.

Dikutip dari CNN Indonesia, dengan menjaga tubuh tetap aktif maka akan dapat meningkatkan kesehatan mental. Kamu bisa lebih rajin melakukan aktivitas fisik yang ringan dan sederhana seperti berjalan kaki, bersepeda, naik-turun tangga dan sebagainya.

3. Kurang Bergaul

Kurang Bergaul dapat mengganggu kesehatan mental.
Kurang Bergaul/ Foto: pexels.com/Helena Lopes 

Apakah kamu memiliki kebiasaan kurang bergaul, Beauties? Kurang bergaul atau berinteraksi dengan orang lain juga bisa membuatmu rentan mengalami gangguan mental, lho!

Dikutip dari detikHealth, hasil penelitian yang dilakukan terhadap 11.000 partisipan yang berusia 50 tahun selama lebih dari dua tahun di Amerika mengungkapkan, bahwa menghilangkan kontak langsung atau bertatap muka dengan sanak saudara dan teman dapat menambah risiko depresi.

Oleh sebab itu, cobalah untuk menyempatkan waktu untuk berkumpul bersama keluarga, teman, atau pasangan.

4. Penggunaan Gadget yang Terlalu Sering

Penggunaan gadget yang terlalu sering bisa mengganggu kesehatan mental.
Penggunaan Gadget yang Terlalu Sering/ Foto: pexels.com/mikoto.raw Photographer 

Di zaman modern seperti saat ini, baik muda maupun tua sering terlihat sibuk dan lalai dengan gadget-nya masing-masing. Bahkan tanpa disadari sampai menghabiskan waktu dengan gadget-nya. 

Padahal penggunaan gadget yang terlalu sering bisa mengganggu kesehatan mental. Karena itu, bijaklah dalam menggunakan gadget ya, Beauties!

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE