sign up SIGN UP

4 Langkah Menginvestasikan Energi Diri Lebih Bijak, Biar Nggak 'Gampang Habis!'

Budi Rahmah Panjaitan | Beautynesia
Jumat, 23 Sep 2022 20:30 WIB
4 Langkah Menginvestasikan Energi Diri Lebih Bijak, Biar Nggak 'Gampang Habis!'
caption

Beauties, pernahkah kamu berpikir sejenak tentang energi yang sudah dihabiskan? Apakah mengecek sosial media berkali-kali untuk melihat pemberitahuan yang masuk atau malah dihabiskan untuk memikirkan hal-hal yang belum terjadi. Nah, membahas tentang energi yang dihabiskan ini seyogyanya penting diketahui lho, Beauties.

Dikarenakan, ini menyangkut pada seberapa bijak kamu bisa memanfaatkannya untuk hal-hal bermanfaat sehingga memberikan dampak positif pada kehidupanmu. Untuk itulah, sebagaimana dikutip dari laman Business Review, ada 4 langkah untuk menginvestasikan energi dengan lebih bijak. Simak selengkapnya di bawah ini.

Perhatikan Alokasi Energi

Ilustrasi magang/ Foto: Freepik.com/tirachardz
Ilustrasi magang/ Foto: Freepik.com/tirachardz

Maksudnya bagaimana? Kamu perlu menyadari betul dan memperhatikan untuk apa saja energi kamu telah dihabiskan. Bagaimana cara melacaknya? Kamu bisa mulai dengan membuat pengingat semisal alarm di smartphone dalam kurun beberapa jam.

Jika alarm itu berbunyi, coba evaluasi, apa saja hal yang sudah kamu lakukan dan seberapa banyak energi telah terkuras untuk melakukan hal tersebut. Jika sudah mengetahuinya, lanjutkan dengan menelaah satu per satu apakah kegiatan tersebut benar-benar esensial dan memberikan manfaat? Semakin kamu menerapkan pola ini, kamu akan paham ke mana energi harian kamu habiskan.

Mengetahui Hal yang Penting

Ilustrasi belajar/ Foto: Freepik.com/wayhomestudio
Ilustrasi belajar/ Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Hal penting seperti apa maksudnya?  Nah, maksudnya adalah hal-hal yang dapat memberikan nilai atau value dalam hidup kamu. Ketahuilah hal-hal atau kegiatan yang dapat memberikan meningkatkan produktivitas kamu.

Jika kamu merasa terjebak dalam sebuah obrolan yang tidak menarik atau bahkan terasa membingungkan, jangan berpikir panjang untuk meninggalkannya. Itu bisa menguras energimu. Segera temukan hal lain yang lebih menarik minatmu dan bisa memberikan value.

Merencanakan Investasi Energi yang Bijaksana

Ilustrasi si ambisius/ Foto: Freepik.com/benzoix
Ilustrasi si ambisius/ Foto: Freepik.com/benzoix

Setelah kamu mengetahui hal mana saja yang penting bagi kamu, maka selanjutnya jadwalkan sebanyak mungkin hal tersebut ke dalam hidup kamu. Misalnya, kamu menemukan bahwa berbicara dengan orang yang lebih tua adalah yang penting, maka jadwalkan itu di kalendermu. Ini akan membantumu untuk mendapatkan hal-hal yang lebih bernilai dalam hidup.

Hindari Berinvestasi Waktu Pada Hal Tidak Penting

Ilustrasi membuat video/ Foto: Freepik.com/wichayada
Ilustrasi membuat video/ Foto: Freepik.com/wichayada

Manakah yang lebih mudah? Memilih tidak menyalakan televisi sedari awal atau mematikan televisi di tengah proses menonton. Nah, inilah analoginya. Jika sedari awal kamu sudah tahu bahwa menonton televisi tidak memberikan value atau menguras energimu, maka sebaiknya jangan lakukan.

Jika sudah dipertengahan jalan kamu menghentikan tontonan, malah akan lebih sulit. Demikian halnya saat kamu telah memperkirakan suatu obrolan tidak akan menarik untuk diikuti, maka lebih baik memilih untuk tidak ikut sedari awal.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id