STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

5 Alasan Perlu Siapkan Dana Pensiun Sejak Muda dan Cara Mengumpulkannya

Dian Aprilia | Beautynesia
Kamis, 13 May 2021 21:00 WIB
5 Alasan Perlu Siapkan Dana Pensiun Sejak Muda dan Cara Mengumpulkannya

Dana pensiun adalah dana yang dikumpulkan secara khusus guna memberikan manfaat untuk seseorang saat mencapai usia pensiun. Sehingga saat sudah lanjut usia dan tidak bisa bekerja, kita masih punya uang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Oleh sebab itu, dana pensiun harus menjadi perhatian dan benar-benar dipersiapkan sejak dini.

Alasan Pentingnya Dana Pensiun 

Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 alasan perlunya siapkan dana pensiun sejak muda:

Mengurangi dampak inflasi

Tidak bisa dipungkiri, inflasi jangka panjang itu adalah hal yang pasti akan kita dapatkan. Seiring dengan berjalannya waktu, nilai uang kian menurun. Jika hal ini diabaikan begitu saja, maka uang yang kamu tabung di bank, lama kelamaan akan menyusut.

Jika hari ini tabungan tersebut bisa diperuntukkan untuk membeli mobil baru, bukan tidak mungkin di masa depan hanya cukup untuk beli motor baru atau bahkan sepeda baru. Jadi, penting untuk menyiapkan dana pensiun sejak muda dengan cara berinvestasi agar nilai uang terus tumbuh.

Mencegah lahirnya generasi sandwich

Generasi sandwich
Generasi sandwich/pexels.com

Bagi kamu yang pernah mengalami susahnya generasi sandwich, pasti tidak ingin anak dan keturunanmu akan berada di posisi yang sama sepertimu. Untuk itu, penting untuk mengumpulkan dana pensiun sejak saat ini, agar kehidupan di masa tua sudah terjamin. Dengan begitu, kamu dan pasanganmu tidak akan membebani anak-anak dan cucu hanya untuk sekedar hidup layak.

Keuntungan luar biasa dari compound interest

Compound interest atau dikenal bunga berbunga ialah bunga yang dihitung dari jumlah pokok digabung dengan bunga yang diperoleh sebelumnya. Jadi semakin muda kamu menabung untuk dana pensiun, maka akan semakin besar nilai dana yang akan kamu dapatkan di masa depan.   

Kebutuhan saat ini masih sedikit

Kebutuhan masih sedikit
Kebutuhan masih sedikit/pexels.com

Jika saat ini usiamu sekitar 20-30 tahun atau bahkan belum menikah, maka inilah saat-saat terbaik untuk menabung dana pensiun. Mengingat kebutuhanmu masih sedikit karena belum ada tanggungan biaya untuk anak.  

Biaya hidup semakin meningkat

Di masa depan, saat kita pensiun, sudah pasti biaya hidup akan meningkat. Tidak jauh-jauh, cukup ingat saja masa kecil dulu. Jika dulu tahun 1990-an harga beras hanya 1000/kg, dan hanya perlu 20 ribu untuk membeli sekarung beras. Kini, harga beras sekarang paling murah 10 ribu/kg, jadi 200 ribu per karung. Begitu pula di masa depan, jadi menabung untuk dana pensiun itu wajib dan butuh untuk menjamin kehidupan di masa depan.

Cara Mengumpulkan Dana Pensiun

Cara hitung keuangan
Cara hitung keuangan/pexels.com

Menghitung Dana Pensiun

Salah satu cara menghitung dana pensiun adalah memakai The 4% Rule. Caranya adalah sebagai berikut.

Pengeluaran x 12 (bulan) x 25

Misalnya, pengeluaran 1 bulan, sebanyak 10 juta, maka perhitungannya adalah sebagai berikut: 10.000.000 x 12 (bulan) x 25 = 3.000.000.000.

Catatan: perhitungan ini akan efektif jika waktu pensiun sekitar 25-30 tahun ke depan.

Memilih produk keuangan yang cocok

Selanjutnya, kamu perlu memilih produk investasi keuangan yang cocok. Diantaranya adalah deposito, reksadana, saham, emas, properti atau berbagai produk investasi lainnya. Sesuaikan dengan profil risikomu, apakah tergolong konservatif, moderat atau agresif.

(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE