sign up SIGN UP

5 Cara Cerdas untuk Bikin Rumah Tetap Adem Tanpa Perlu Pakai AC, Sudah Coba Terapkan Beauties?

Rizqa Fitriana | Beautynesia
Sabtu, 25 Jun 2022 07:30 WIB
5 Cara Cerdas untuk Bikin Rumah Tetap Adem Tanpa Perlu Pakai AC, Sudah Coba Terapkan Beauties?
caption

Penggunaan AC untuk mengusir panas sekarang ini sudah menjadi hal biasa. Apalagi bagi orang yang tinggal di perkotaan dengan suasana yang gerah, pendingin ruangan seperti AC merupakan item wajib yang ada di rumah.

Tapi nggak semua orang mampu membeli AC, lagipula AC bisa membuat tagihan listrik membengkak dan ikut memperparah pemanasan global.

Beauties jangan khawatir, sebenarnya kamu bisa membuat rumah adem secara alami dengan menerapkan cara-cara berikut, seperti yang dilansir dari Apartment Theraphy, simak yuk!

1. Ventilasi Silang

Ventilasi silang/ Foto: archziner.com
Ventilasi silang/ Foto: archdaily.com

Biar rumah adem, trik pertama yang bisa kamu lakukan adalah memasang ventilasi silang di rumahmu. Ventilasi silang merupakan dua ventilasi yang saling berhadapan dalam suatu ruang.

Dengan adanya ventilasi silang, maka dapat melancarkan aliran udara yang keluar masuk. Udara yang masuk dari satu ventilasi akan terdorong keluar melalui ventilasi lainnya dengan lebih cepat sehingga pertukaran udara segar bisa efektif.

2. Plafon Tinggi dan Atap Berwarna Terang

Plafon tinggi dan atap berwarna terang/ Foto: archziner.com
Plafon tinggi dan atap berwarna terang/ Foto: archziner.com

Memiliki atap dan plafon rumah yang tinggi nggak hanya bikin rumah terlihat megah dan luas, tapi juga bisa bikin rumah kamu adem lho, Beauties. Selain itu, atap yang berwarna terang juga bisa menghalangi panas masuk ke rumah kamu lebih banyak. Hal ini dikarenakan warna-warna terang seperti putih punya kemampuan refleksi yang baik dan menyerap panas lebih sedikit dibanding warna-warna gelap.

3. Overhang

Overhang/ Foto: unsplash.com/Maria Butyrina
Overhang/ Foto: unsplash.com/Maria Butyrina

Overhang adalah tepi atap yang dipasang di jendela dan pintu, gunanya untuk melindungi panas berlebih. Di negara yang memiliki musim dingin, pemasangan overhang yang tepat memungkinkan matahari musim dingin masuk ke dalam rumah tapi juga dapat menaungi jendela dari panasnya musim panas.

4. Transom

Transom/ Foto: unsplash.com/Jamie Street
Transom/ Foto: unsplash.com/Jamie Street

Transom merupakan jendela kecil yang dipasang di atas pintu dan merupakan trik tertua untuk mendapatkan rumah yang sejuk. Transom memungkinkan aliran udara dan cahaya masuk ke dalam rumah sambil tetap membiarkan pintu tertutup. 

5. Whole House Fan

Kurangi Penggunaan AC, Begini Cara Biar Rumah Nggak Gerah/ Foto: unsplash.com/SpacejoyCara Biar Rumah Nggak Gerah/ Foto: unsplash.com/Spacejoy

Pemasangan whole house fan merupakan cara termudah dan murah untuk menghilangkan hawa panas dari rumah kamu. Whole house fan atau kipas angin seluruh rumah adalah kipas angin yang dipasang di loteng.

Cara kerja whole house fan adalah dengan menarik udara melalui jendela yang terbuka lalu mendorongnya keluar lewat loteng. Buka semua pintu dan jendela, lalu nyalakan whole house fan beberapa menit agar udara dalam rumah kamu kembali segar.

6. Kipas Angin Gantung

Kipas angin gantung/ Foto: unsplash.com/Rumman Amin
Kipas angin gantung/ Foto: unsplash.com/Rumman Amin

Alternatif lain agar rumah kamu bebas gerah adalah dengan memasang kipas angin gantung. Pemasangannya sangat mudah, terjangkau dan mensirkulasi udara dalam ruang dengan baik.

Sesuaikan dengan ketinggian dan lebar ruangan kamu ya, Beauties. Hindari memasang kipas angin gantung terlalu tinggi karena akan membuat efek dingin kurang terasa. Selain itu, untuk ruangan yang lebih lebar, tentunya dibutuhkan kipas angin yang lebih besar.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu coba agar rumah adem tanpa AC. Selain itu, membuat pekarangan yang hijau dan menanam banyak pepohonan juga dapat membuat rumah kamu sejuk, Beauties. Selamat mencoba!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id