sign up SIGN UP

6 Cara 'Sulap' Ruangan Sempit Jadi Terkesan Luas, Bisa Diterapkan untuk Kamarmu Beauties!

Rizqa Fitriana | Beautynesia
Senin, 27 Jun 2022 22:30 WIB
6 Cara 'Sulap' Ruangan Sempit Jadi Terkesan Luas, Bisa Diterapkan untuk Kamarmu Beauties!
caption

Rumah kecil dianggap lebih mudah dirawat karena waktu yang diperlukan untuk membersihkannya tidak terlalu banyak. Selain itu, harga rumah kecil lebih terjangkau dan juga bisa menghemat biaya dekorasi.

Rumah kecil tentunya memiliki ruangan yang kecil menyesuaikan dengan ukuran rumah. Seringkali ruangan yang sempit dan kecil membuat kamu kesulitan untuk menentukan dekorasi yang cocok karena khawatir ruangan menjadi terlalu penuh dan semakin mempersempit ruang gerak.

Namun, kamu jangan takut untuk bereksperimen dengan ruangan mungilmu ya, Beauties. Dilansir dari HK Interior, beberapa cara berikut ini bisa membuat ruang sempit terkesan luas. Simak!

1. Gunakan Warna Monokrom

Gunakan warna monokrom/ Foto: unsplash.com/Spacejoy
Gunakan warna monokrom/ Foto: unsplash.com/Spacejoy

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika ingin membuat ruang kecil terkesan luas adalah pemilihan warna cat dindingnya. Beberapa teknik perpaduan warna kontras gelap dan terang memang bisa membuat ilusi kedalaman ruang. Namun, warna monokrom menjadi pilihan yang aman untuk ruang yang sempit.

Ketika warna yang berbeda digunakan, mata secara otomatis berhenti pada garis di mana satu warna berakhir dan warna lainnya dimulai, menciptakan batas di dalam ruangan. Tapi kalau hanya menggunakan satu warna, ruangan akan tampak kontinu dan menimbulkan efek lapang.

2. Hiasi dengan Cermin

Hiasi dengan cermin/ Foto: unsplash.com/Spacejoy
Hiasi dengan cermin/ Foto: unsplash.com/Spacejoy

Menghiasi ruangan dengan cermin membuat ruangan terlihat lebih besar karena cermin dapat memantulkan cahaya, sehingga memanipulasi pandangan dengan membuat ilusi ruang yang lebih luas. Kamu bisa menggantungkan satu cermin besar ke dinding atau beberapa cermin yang berukuran sama secara bersebelahan. Pilih bingkai cermin yang senada dengan warna cat dinding biar dekorasinya lebih cantik.

3. Manfaatkan Cahaya Alami

Manfaat cahaya alami/ Foto: unsplash.com/Cat Han
Manfaat cahaya alami/ Foto: unsplash.com/Cat Han

Cahaya alami adalah salah satu cara terbaik untuk membuat ruangan terlihat lebih besar. Pasanglah kaca besar agar ruangan bisa mendapatkan cukup sinar matahari.

Jika memungkinkan, tambahkan skylight roof agar cahaya dapat masuk dari atas. Untuk pencahayaan pada malam hari, beberapa lampu di sekitar ruangan lebih baik daripada hanya satu lampu di atas kepala. Berbagai sumber cahaya membantu memperluas nuansa ruangan dan menciptakan pencahayaan yang merata.

4. Gunakan Tirai yang Menjuntai

Tirai yang menjuntai/ Foto: unsplash.com/Beazy
Tirai yang menjuntai/ Foto: unsplash.com/Beazy

Kalau kamu ingin menggunakan tirai di jendela, pilihan terbaik untuk ruangan mungil adalah tirai yang tinggi dan menjuntai ke lantai, itu bisa membuat ilusi ruangan luas secara vertikal. Namun, hindari bahan tirai yang berat dan tebal karena akan membuat ruangan pengap, sebaliknya pilihlah bahan tirai yang ringan untuk memberikan sentuhan lapang.

5. Jangan Terlalu Merapatkan Furnitur ke Dinding

Jangan terlalu merapatkan furnitur ke dinding/ Foto: unsplash.com/Naomi Hebert
Jangan terlalu merapatkan furnitur ke dinding/ Foto: unsplash.com/Naomi Hebert

Trik selanjutnya untuk memberikan kesan ruangan yang luas adalah dengan mengatur proporsi furnitur kamu. Kalau kamu meletakkan furnitur terlalu mepet ke dinding, itu akan membuat ruangan tampak lebih kecil. Jadi, dengan meninggalkan celah di antara dinding dan furnitur menimbulkan ilusi ruangan yang lebih besar.

6. Pilihlah Artwork Berukuran Besar

Artwork berukuran besar/ Foto: unsplash.com/Trend
Artwork berukuran besar/ Foto: unsplash.com/Trend

Beauties, Setiap permukaan ruangan tidak perlu ditutupi dekorasi. Hanya dengan sebuah karya seni berukuran besar dapat menambahkan efek dramatis pada ruangan dan membuat kesan lebih luas.

Memanfaatkan satu karya seni skala besar di dinding daripada pajangan galeri yang lebih kecil akan membantu membuka ruangan. Kalau kamu memiliki banyak gambar yang lebih kecil untuk ditampilkan, letakkan semuanya di satu dinding.

Itulah 6 tips yang dapat kamu coba terapkan pada ruangan kamu untuk menimbulkan kesan lebih luas. Semoga menjadi inspirasi ya, Beauties.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id