sign up SIGN UP

Serius! Meski Bisa Tingkatkan Imun, Makan Lemon Juga Bisa Timbulkan 2 Gangguan Kesehatan Ini!

Cica Rahmania | Beautynesia
Jumat, 17 Jun 2022 13:45 WIB
Serius! Meski Bisa Tingkatkan Imun, Makan Lemon Juga Bisa Timbulkan 2 Gangguan Kesehatan Ini!
Lemon punya sisi baik dan buruk yang perlu kamu ketahui sebelum mengonsumsinya. (Foto: Getty Images/iStockphoto/LightFieldStudios)
Jakarta -

Lemon merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Buah yang tumbuh subur di cuaca panas ini adalah buah yang kerap dicari untuk dimasukkan ke dalam menu diet. Entah itu dalam makanan maupun minuman.

Sebagai mikronutrien, vitamin C pada lemon sangat membantu pertahanan sistem kekebalan tubuh alamilho, Beauties. Nggak heran kalau lemon, sebagai sumber vitamin C, banyak dicari untuk asupan pertahanan tubuh, bahkan upaya penyembuhan.

Lemon dapat menyamarkan bekas luka.Ilustrasi lemon. (Foto: pexels.com/Tima Miroshnichenko) 

"Lemon adalah sumber vitamin C, nutrisi yang dikenal untuk mendukung kesehatan kekebalan tubuh. Makan lemon bisa memberi tubuh Anda dorongan vitamin C," kata ahli medis Lauren Manaker, MS, RDN, LDN, CLEC, CPT, dan penulis The First Time Mom's Pregnancy Cookbook, The 7 Ingredient Healthy Pregnancy Cookbook.

Selain vitamin C, ternyata lemon juga mengandung hespreridin, salah satu jenis flavanoid yang bermanfaat untuk masalah kesehatan yang berhubungan dengan pembuluh darah seperti wasir, varises, dan sirkulasi yang buruk.

Kandungan tersebut dapat membantu pembuluh darah berfungsi lebih baik, membantu mengurangi peradangan, dan menjaga tekanan darah yang sehat. Namun, bagai dua sisi mata pisau, lemon tak selamanya baik, Beauties.

Cup of black coffee with a slice of lemon on a grey tablecloth, selective focusIlustrasi lemon. / Foto: Getty Images/iStockphoto/Ramann

Asupan lemon berlebihan justru dapat menimbulkan gangguan kesehatan serius. Seperti yang telah dikatakan oleh Manaker yang dihimpun dari Eat This berikut ini.

Pemicu Gerd

Risiko GERDIlustrasi GERD. (Foto: Freepik.com/Wayhomestudio)

Yaps! Nggak main-main, Beauties. Terlalu banyak mengonsumsi lemon bisa memicu sakit perut hingga mempengaruhi kesehatan pencernaan. Dihimpun dari Medical News Today, kebanyakan lemon bahkan bisa memicu penyakit refluks gastroesofagus (GERD) dan refluks asam. Seram, kan?

Erosi Gigi

Gangguan kesehatan lain dari konsumsi lemon yang berlebihan adalah kerusakan pada email gigi dari waktu ke waktu. "Lemon bersifat asam, dan terlalu banyak keasaman pada gigi kamu  dapat menyebabkan erosi gigi," kata Manaker.

Mengikis Lapisan Email GigiLemon mengikis lapisan email gigi. (Foto: Freepik.com/Stockking)

Itu berarti kamu kehilangan zat-zat mineral gigi secara kimiawi, yang disebabkan oleh paparan asam dari luar mulut, bukan bakteri alami. So, kalau kamu punya masalah gigi seperti gigi sensitif, lebih baik pertimbangkan untuk mengonsumsi lemon, ya, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id