Catat! 5 Hal Ini Seringnya Sukses Bikin Kamu Nggak Produktif, Salah Satunya Kebiasaan Mengiyakan Segala Hal
Beauties, kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah 'produktif'. Ya, istilah produktif ini mengandung makna yang positif karena pada dasarnya produktif bisa membuat hari dan aktivitas yang dijalani lebih bermakna. Dikutip dari Verizon, menjadi produktif adalah salah satu kunci sukses. Saat kamu produktif kamu akan menggunakan waktu dan sumber daya dengan bijak serta mengukur kesuksesan secara lebih tepat.
Selain itu orang-orang yang produktif juga bisa menciptakan hasil yang lebih nyata karena mereka akan fokus pada hal-hal yang penting. Namun tidak bisa dipungkiri, dalam keseharian sering ditemui sumber atau hal-hal yang dapat membuat kamu menjadi tidak produktif.
Oleh karenanya sumber ini seharusnya bisa diminimalkan atau bahkan dihilangkan agar kamu bisa menjadi produktif. Lantas apa saja sumber yang dimaksud? Simak selengkapnya di bawah ini.
Mengatakan 'Ya' untuk Semua Hal
|
Sumber pertama yang bisa membuat kamu jadi tidak produktif adalah mengatakan 'ya' untuk semua hal. Mengapa demikian? Karena saat kamu sulit untuk menolak sesuatu dan selalu mengatakan 'ya' itu artinya kamu sudah kehilangan kontrol dan filter tentang hal-hal yang seharusnya bisa kamu tolak.
Ingatlah Beauties, bahwa kamu berhak melakukan filter terhadap hal-hal yang ingin kamu terima atau setujui dan hal-hal yang seharusnya kamu tolak. Jika tetap memaksakan mengatakan 'ya' untuk segala hal, maka bukan tidak mungkin hal tersebut akan membuat kamu menjadi tertekan dan malah tidak produktif.
Multitasking
![]() Ilustrasi multitasking/ Foto: Freepik.com |
Istilah yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi untuk kamu dengar. Multitasking merupakan kegiatan di mana kamu melakukan beberapa tugas secara bersamaan. Biasanya Hal ini dilakukan karena alasan tertentu. Misalnya saja karena beranggapan bahwa jika tugas dikerjakan secara bersamaan maka akan lebih cepat selesai.
Namun nyatanya hal ini tidak disarankan. Memilih multitasking seringkali membuat kamu malah tidak fokus dan membuat hasil kerja yang lebih rendah. Dikutip dari laman Entrepreneur, setidaknya ada tiga alasan yang membuat kamu tidak produktif. Pertama multitasking akan meningkatkan stres, multitasking melemahkan memori dan multitasking bisa membunuh kreativitas kamu.
Tampaknya hal ini juga didukung oleh studi. Dikutip dari Forbes, penelitian yang dilakukan di Stanford University, AS, menemukan bahwa multitasking bisa membuat kurang produktif dibandingkan melakukan satu hal pada satu waktu. Para peneliti juga menemukan bahwa orang yang secara teratur dibombardir dengan beberapa aliran informasi elektronik tidak dapat memperhatikan, mengingat informasi atau beralih dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain serta menyelesaikan tugas pada satu waktu.
Khawatir Berlebihan
![]() Ilustrasi khawatir/ Foto: Freepik.com |
Bukankah segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, Beauties? Ya, semua perlu disesuaikan agar tidak berlebihan. Rasa khawatir merupakan suatu hal yang wajar namun jika sudah masuk pada ranah yang berlebihan maka bukan tidak mungkin khawatir tersebut akan berubah menjadi stres. Jika sudah berubah menjadi stres maka kamu tidak bisa lagi bekerja dengan maksimal.
Pikiran kamu pun akan dipenuhi hal-hal yang mengganggu. Hal inilah yang akan menjadi sumber kamu menjadi tidak produktif. Oleh karenanya, perlu mengontrol pikiran agar tidak terlalu khawatir berlebihan. Kamu perlu menemukan mindset dan menumbuhkan afirmasi positif.
Ingin Semua Sempurna
![]() Ilustrasi bekerja di kantor/ Foto: Freepik.com |
Sumber yang satu ini tentunya akan sangat potensial untuk dirasakan orang-orang yang perfeksionis. Menyelesaikan tugas dengan kualitas terbaik tanpa adanya cela tentulah menjadi harapan semua orang. Namun di samping itu, jika kamu menunggu kesempurnaan untuk datang dan berlama-lama di suatu pekerjaan, hal tersebut bisa membuat mu menjadi tidak produktif.
Oleh karenanya kamu tetap perlu menerapkan mindset bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini. Tugas kamu adalah mengusahakan sesuatu dengan maksimal dan menghargai setiap kerja keras yang kamu lakukan. Jadi kalaupun kualitasnya masih belum terasa sempurna, setidaknya kamu sudah berhasil menyelesaikannya.
Menunda-nunda
![]() Ilustrasi menunda pekerjaan/ Foto: Freepik.com |
Istilah satu ini sering disebut procrastinating atau menunda-nunda. Biasanya ada banyak alasan kenapa penundaan ini terjadi. Mulai dari menunggu waktu yang tepat atau alasan lain seperti masih belum siap dengan segala sesuatunya. Namun perlu kamu ingat bahwa terkadang tidak perlu menunggu terlalu siap untuk memulai sesuatu.
Seringkali jika kamu terlalu lama menunggu kesiapan, kamu malah jadi tidak produktif karena kamu setelah terlalu lama untuk memikirkan bagaimana cara kamu memulainya. Intinya, kamu perlu tanamkan kalimat 'mulai saja dulu' sebagai afirmasi untuk bisa masuk ke ranah tugas yang ingin kamu selesaikan. Ketika kamu sudah masuk ke dalam tugas tersebut, di sanalah kamu bisa merasakan proses dan memaksimalkan segala sesuatunya.
---
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!




