sign up SIGN UP

5 Cara Sederhana untuk Bikin Kamu Lebih Percaya Diri, Termasuk Rajin Afirmasi Positif!

Rizqa Fitriana | Beautynesia
Senin, 06 Jun 2022 22:30 WIB
5 Cara Sederhana untuk Bikin Kamu Lebih Percaya Diri, Termasuk Rajin Afirmasi Positif!
caption

Beauties pasti setuju dong kalau kepercayaan diri merupakan sebuah kualitas diri yang paling menarik yang harus dimiliki semua orang. Studi menunjukkan kalau orang dengan kepercayaan diri yang tinggi lebih mudah mendapatkan pekerjaan, dan membantu meraih beberapa hal dengan lebih mudah.

Namun terkadang, kepercayaan diri bisa timbul tenggelam dan diperlukan beberapa cara untuk menumbuhkannya kembali. Melansir dari Insider, menurut seorang life coach, Michelle Elman, ada beberapa tips yang bisa membangkitkan rasa percaya diri. Simak yuk!

1. Ingat Momen Bahagiamu

Ingat momen bahagiamu/ Foto: unsplash.com/Aleksandra Sapozhnika
Ingat momen bahagiamu/ Foto: unsplash.com/Aleksandra Sapozhnivoka

Masih ingat nggak Beauties, saat atau hari-hari dimana kamu merasa full energy dan merasa percaya diri? Ketika kamu menerima pujian atau saat kamu berhasil menyelesaikan sebuah project. Nah, kamu bisa mengulang kembali momen tersebut dalam pikiranmu dan bangkitkan perasaan saat hal itu terjadi.

Michelle menyarankan agar bertanya kepada diri sendiri “apa yang saya lakukan saat merasa baik-baik saja dan percaya diri? Bagaimana saya mengatur gerak diri seperti gaya berdiri dan bernafas,”. Cobalah untuk kembali memikirkan momen tersebut sebagai stimulus untuk meningkatkan kerpecayaan diri.

2. Kontrol Postur Tubuh

Kontrol postur tubuh/ Foto: unsplash.com/Adam Winger
Kontrol postur tubuh/ Foto: unsplash.com/Adam Winger

Buat kamu yang sedang ingin meningkatkan kepercayaan diri secara instan, bisa mencoba teknik power pose atau kekuatan berpose. Ted Talk oleh Amy Cuddy pada tahun 2012 menjelaskan bahwa gestur tubuh dapat memengaruhi perasaan.

Menundukkan kepala dapat membuat kamu merasa sedih, sedangkan jika kamu menegakkan postur tubuh, tersenyum dan sedikit mengangkat kepalamu, maka perasaanmu akan merasa lebih baik, karena sel-sel tubuh akan mengirimkan sinyal positif ke otak.

3. Ulangi Afirmasi Positif

Ulangi afirmasi positif/ Foto: unsplash.com/Marcos Paulo
Ulangi afirmasi positif/ Foto: unsplash.com/Marcos Paulo

Jangan remehkan afirmasi! Dengan melakukan afirmasi, kamu merekam ucapan-ucapan positif ke alam bawah sadar. Afirmasi penting karena dapat mengontrol pikiran negatif yang dapat membuat semangat kamu hilang.

Untuk meningkatkan kepercayaan diri, kamu bisa mengucapkan kata-kata positif seperti “aku bisa melakukannya,” “aku percaya dan yakin kepada diriku,” “aku bisa mengontrol pikiranku dari hal yang tidak baik,” dan kalimat-kalimat penyemangat lainnnya.

Lakukan afirmasi ini ketika memulai hari atau saat kamu merasa ragu terhadap dirimu.

4. Belajar Menerima Kritik

Belajar menerima kritikan/ Foto: unsplash.com/Priscilla Du Preez
Belajar menerima kritikan/ Foto: unsplash.com/Priscilla Du Preez

Meskipun sebagian besar permasalahan kepercayaan diri berasal dari dalam dirimu, tidak jarang juga kritikan dari orang lain membuat kamu kehilangan kepercayaan diri. Tentunya kamu tidak usah berlarut-larut memikirkan perkataan orang. Terima saja kritikan tersebut dan move on.

5. Pakaian yang Nyaman

Pakaian yang Nyaman/ Foto: unsplash.com/Gabriel Tovar
Pakaian yang Nyaman/ Foto: unsplash.com/Gabriel Tovar

Kamu mungkin punya beberapa outfit yang membuat kamu merasa percaya diri ketika memakainya atau pulasan lipstik yang bisa membangkitkan semangatmu.

Michelle menekankan agar tidak menggantungkan kepercayaan diri dan citra diri melalui pakaian dan kosmetik, tapi sah-sah saja jika hal itu bisa membuat kamu merasakan energi positif. Jadi tidak ada salahnya kalau kamu punya item favorit untuk menunjang kepercayaan dirimu, ya, Beauties.

Ternyata kepercayaan diri bisa dibangun dengan hal-hal sederhana ya, Beauties. Jadi, lain kali saat kamu merasa insecure dan kurang pede, kamu bisa menggunakan cara-cara di atas. Selamat mencoba!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id