5 Etika Interview Kerja Secara Online yang Perlu Dilakukan oleh Jobseeker
Interview merupakan tahapan penting dalam proses seleksi kerja, sehingga membutuhkan persiapan yang cukup matang. Berhubung saat ini beberapa perusahaan memilih interview kerja secara online, maka membutuhkan effort yang lebih dibandingkan interview yang dilakukan secara face to face.
Selain mempersiapkan jawaban, saat interview online kamu juga perlu menerapkan 5 etika di bawah ini lho!
1. Bergabung Tepat Waktu
![]() Foto:Bergabung Tepat Waktu/Freepik.com |
Ketika melakukan interview kerja secara online, biasanya perusahaan akan menggunakan aplikasi seperti Zoom, Google Meet, atau Skype. Nah, bergabung tepat waktu merupakan etika penting saat interview kerja secara online. Agar tidak telat, periksa kesesuaian link untuk bergabung ke medium yang telah ditentukan oleh perusahaan. Setelah itu, jangan lupa untuk join tepat waktu sesuai dengan jadwal yang ditentukan.
Jika bergabung tepat waktu, maka waktu yang akan dipergunakan saat interview kerja lebih efektif dan recruiter tidak perlu menunggu kamu untuk mempersiapkan diri. Bergabung tepat waktu juga menjadi bahan penilaian kedisiplinan kamu lho.
2. Pakaian Formal dan Rapi
![]() Foto:Pakaian Formal dan Rapi/Freepik.com |
Penampilan merupakan cerminan diri kamu di depan recruiter. Oleh sebab itu, menggunakan pakaian formal dan rapi adalah poin penting yang akan menjadi bahan penilaian ketika melakukan interview kerja.
Berikan penampilan terbaik kepada recruiter dengan menggunakan kemeja, blazer, atau pakaian yang sesuai dengan karakter perusahaan yang sedang kamu lamar. Khusus untuk kamu Ladies, jangan lupa untuk menggunakan makeup sederhana agar penampilan semakin fresh.
3. Silent Handphone
![]() Foto:Silent Handphone/Freepik.com |
Agar proses interview tidak terganggu, ada baiknya kamu memastikan terlebih dahulu handphone dalam keadaan silent. Selain itu, jangan bermain handphone saat sedang menunggu diwawancarai atau menggunakan handphone untuk mencatat poin penting saat interview berlangsung. Sebagai solusinya, kamu bisa mempersiapkan alat tulis dan buku untuk mencatat poin penting saat interview.
4. Komunikasi Formal
![]() Foto:Komunikasi Formal/Freepik.com |
Komunikasi saat interview kerja merupakan hal yang tidak bisa dihindari, oleh karena itu kamu harus menggunakan komunikasi secara formal dan dua arah kepada recruiter. Karena sesi interview dilakukan secara online, maka jawablah pertanyaan yang diajukan oleh recruiter menggunakan suara dan artikulasi yang jelas. Hal ini bertujuan mencegah terjadinya miss-communication antara kamu dengan recruiter nantinya.
5. Body Language
![]() Foto:Body Language/Freepik.com |
Meskipun terkesan sepele, faktanya body language juga menjadi penilaian penting saat interview kerja lho. Yup, seperti yang kita ketahui, komunikasi tidak hanya dilakukan secara verbal tapi juga dilakukan secara non-verbal seperti body language.
Hal-hal seperti ekspresi, gerakan tangan, posisi tubuh, mata melihat kamera atau fokus ke layar laptop, adalah bentuk dari body language yang menjadi penilaian recruiter saat interview kerja secara online.




