sign up SIGN UP

5 Gejala Kecemasan dan Depresi pada Anak yang Sering Terabaikan

Aqillah Diaz | Beautynesia
Minggu, 26 Jun 2022 17:30 WIB
5 Gejala Kecemasan dan Depresi pada Anak yang Sering Terabaikan
caption
Jakarta -

Kini tak hanya orang dewasa saja yang dapat mengalami kecemasan dan depresi, tapi ternyata banyak anak yang sudah mengalami hal ini. Kecemasan dan depresi bisa terjadi akibat beberapa hal yang biasanya jarang diketahui oleh orangtua dan anak hanya diam menyembunyikannya.

Dilansir dari Healthline, sekitar 7,1% anak-anak berusia 3 hingga 17 tahun telah didiagnosis mengalami kecemasan. Biasanya, apabila ada anak yang mengalami hal ini akan terlihat dari gejala fisiknya, seperti perubahan berat badan, mual, diare, dan lainnya.

Untuk itu, sebagai orangtua maupun orang yang sudah dewasa jangan pernah abaikan beberapa gejala ini apabila anak atau adikmu mengalaminya. Berikut beberapa gejala kecemasan dan depresi yang terjadi pada anak.

1. Mengalami Rasa Takut dan Khawatir yang Berlebihan

anak yang takut tidur dalam gelap/Pexels.comAnak Mengalami Takut dan Khawatir Berlebihan/Foto: Pexels.com

Apabila anak atau adikmu mengalami kepercayaan diri yang kurang dan mengalami rasa takut yang berlebihan, maka ada baiknya kamu harus segera mengetahui apa penyebabnya. Bahkan apabila anak terlalu bergantung pada orang tua, bisa jadi ini adalah tandanya.

Lalu, apabila ketakutannya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari ada baiknya untuk segera ditangani. Anak-anak yang mengalami kecemasan dan depresi terkadang memiliki ketakutan irasional yang tidak terduga.

2. Susah Tidur

ilustrasi anak susah tidurAnak Susah Tidur/ Foto: iStock

Dilansir dari detikHealth, apabila anak susah tidur ketika malam hari atau terbangun di tengah malam, bisa jadi salah satu gejala anak mengalami kecemasan dan depresi. Jika hal ini sering terjadi, cobalah untuk temani anak ketika malam hari agar ia tidak terus tidur malam atau kebangun karena hal ini juga akan berdampak pada kesehatan fisik anak.

3. Terjadi Perubahan Suasana Hati

Marah/freepik.comTerjadi Perubahan Suasan Hati/Foto: Freepik.com

Apabila seorang anak mengalami perubahan suasana hati yang signifikan selama 2 minggu berarti itu sudah jelas merupakan indikator kuat dari gangguan mental yang terjadi pada anak. Perubahan yang dimaksud adalah biasanya anak riang dan hiperaktif, tapi tiba-tiba menjadi pendiam tanpa penyebab yang jelas. Perubahan suasana hati yang tiba-tiba ini dapat berpotensi menyebabkan gangguan lainnya.

4. Terjadi Perubahan Fisik

Shot of a little girl refusing to eat her foodTerjadi Perubahan Fisik/ Foto: iStock

Perubahan fisik anak juga akan berubah apabila anak mengalami kecemasan dan depresi. Hal ini juga menyebabkan anak mengalami perubahan nafsu makan, sehingga ini menyebabkan berat badan anak menjadi berkurang atau bahkan dapat bertambah.

Melansir dari detikHealth, sekitar 80% anak yang mengalami depresi atau kecemasan mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Perubahan fisik yang terlalu mendadak ini diketahui akibat dari gangguan mental yang terjadi, begitu pula dengan berat badan yang menurun.

5. Konsentrasi Menurun

Ilustrasi anak yang sedang belajarKonsentrasi Menurun/Foto: Pexels/RODNAE Productions

Apabila konsentrasi anak menurun hal ini bisa berpotensi anak mengidap gangguan mental. Oleh karena itu, sebagai orang tua harus dapat mengetahui dan membedakan anak yang hanya ingin menonton acara tv favorit dengan anak yang tidak bisa fokus pada acara tv kesukaannya.

Ketidakmampuan untuk berkonsentrasi ini jelas merupakan gejala yang timbul akibat kecemasan dan depresi. Konsentrasi menurun disebabkan oleh rasa kecewa, rasa malu, dan rasa takut yang timbul pada dirinya akibat sesuatu hal dan menurunnya konsentrasi dapat mempengaruhi kehidupan akademiknya.

Itulah 5 gejala kecemasan dan depresi pada anak yang jarang diketahui dan tidak disadari oleh orangtua maupun orang dewasa yang ada di sekitarnya. Ada baiknya jika kamu memiliki adik atau yang sudah memiliki anak, lebih aware lagi ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id