sign up SIGN UP

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Teman Menjadi Korban Pelecehan Seksual, Jangan Menghakimi!

Siti Mukaromah | Beautynesia
Senin, 28 Feb 2022 23:30 WIB
5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Teman Menjadi Korban Pelecehan Seksual, Jangan Menghakimi!
caption
Jakarta -

Kekerasan seksual atau pelecehan seksual bisa terjadi kapan saja, di mana saja, dan kepada siapa saja. Bahkan, bisa jadi korban pelecehan seksual datang dari lingkungan terdekatmu, misalnya sahabat atau teman.

Kamu mungkin akan merasa takut, bingung, sedih ketika teman terdekatmu harus mengalami kejadian pilu tersebut. Atau kamu mungkin juga bingung bagaimana cara membantu atau menghadapi teman yang menjadi korban pelecehan seksual.

Di saat situasi tersebut, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah tetap tenang, Beauties. Selain itu, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan jika memiliki teman yang menjadi korban pelecehan seksual, dirangkum dari Psycom. Yuk, simak!

Edukasi Diri Sendiri dan Orang Sekitar

Kekerasan seksual, pelecehan seksual
Edukasi orang sekitar/Foto: Pexel.com/Liza Summer

Mungkin kamu sering mendengar kalimat ini ketika ada kasus pelecehan seksual, “jelas saja dia dilecehkan semacam itu, pakaiannya saja terbuka, pulangnya di jam malam...” dan lain sebagainya. Kalimat tadi akan sering kamu dengar dari orang-orang yang kerap kali menormalisasi pelecehan yang terjadi di lingkungannya.

Untuk itu, ada baiknya kamu mengedukasi diri tentang jenis, penyebab atau pemicu terjadinya pelecehan seksual di masyarakat. Dengan begitu kamu akan mempunyai lebih banyak referensi sehingga kamu akan mempunyai kesempatan lebih untuk mengedukasi masyarakat sekitar dan berupaya untuk menghentikan normalisasi pelecehan seksual.

Karena kurangnya pemahaman terhadap peristiwa semacam ini justru bisa berujung pada victim blaming atau menyalahkan korban.

Jadilah Pendengar yang Baik

Kekerasan seksual, pelecehan seksual
Ilustrasi korban pelecehan seksual/Foto: Pexel.com/Andrea Piacquadio

Para korban atau penyintas tentu akan merasa takut, cemas, dan kebingungan dengan hal traumatis yang ia alami. Oleh  karenanya, jadilah pendengar yang baik saat ia mulai mau menceritakan kisahnya padamu. Hindari memotong atau menginterupsi pembicaraan. Apalagi, sampai kamu membanding-bandingkan penderitaannya dengan orang lain. Dengarkan mereka tanpa menghakimi dan berikan dukungan.

Beri Korban Referensi Profesional

Nah, kalau kamu sudah mencoba memahami dan mendengarkan temanmu yang menjadi korban pelecehan seksual, apa saja yang sudah dia lalui, sudah mencoba merangkul dan menenangkannya, cobalah untuk sarankan menemui tenaga profesional untuk mendampinginya. Baik secara fisik maupun emosional. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal lebih buruk yang terjadi karena kekerasan dan pelecehan yang terjadi pada korban.

Dukung Korban Karena Berani Speak Up

Kekerasan seksual, pelecehan seksual
Ilustrasi pelecehan seksual/Foto: Pexel.com/keira Burton

Mengungkapkan hal traumatis dan menyakitkan tentu tidak mudah. Termasuk dalam kasus semacam ini, jangan menghakimi temanmu yang mengalami pelecehan dan kekerasan seksual karena berani speak up.

Alasan temanmu berani speak up mungkin karena dia percaya padamu. Karena setiap korban pelecehan dan kekerasan seksual paham betul risiko yang akan mereka alami ketika mulai berani berbicara. Mereka akan berpikir setiap orang pasti akan menyalahkan dirinya, memojokkan hingga menghina mereka. Jadi, tanggapilah dengan bijak saat temanmu mulai berani angkat suara.

Jangan Dahului Korban

Poin ini mungkin menjadi salah satu hal terpenting. Jangan bertindak gegabah dan mendahului korban dalam membuat keputusan. Karena walau bagaimana pun keputusan ada di tangan temanmu. Bagaimana keputusannya tentang apa yang sudah di alami, kiranya untuk dihormati. Bukan malah bertindak mendahului keputusan para korban ya.

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika temanmu mengalami pelecehan seksual. Dengarkan, dukung, dan jangan menghakimi, ya!

_________

[Gambas:Video Beautynesia]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id