STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

5 Kebiasaan Toxic yang Ternyata Bisa Mengganggu Karier di Kantor, Sering Kamu Lakukan Juga?

Rizqa Fitriana | Beautynesia
Kamis, 25 Aug 2022 08:00 WIB
5 Kebiasaan Toxic yang Ternyata Bisa Mengganggu Karier di Kantor, Sering Kamu Lakukan Juga?

Beauties, di manapun kamu berada, sangat penting untuk berperilaku baik, terutama di tempat kerja atau kantor. Atasan maupun rekan kerjamu dapat menilaimu dari perilaku yang kamu tunjukkan.

Melalui perilaku, seseorang bisa menilai apakah kamu orang yang bisa andalkan atau tidak, ramah, disiplin dan sebagainya. Tapi terkadang tanpa sadar kamu masih sering melakukan beberapa kebiasaan buruk yang bisa mengganggu karier kamu di kantor. Yuk simak apa saja!

1. Tidak Disiplin

Tidak disiplin/ Foto: pexels.com/Ari Alqadri
Tidak disiplin/ Foto: pexels.com/Ari Alqadri

Tidak disiplin dapat berakibat buruk bagi karier dan pekerjaanmu. Kamu yang datang telat akan dicap sebagai orang yang tidak bisa menghargai waktu.

Padahal, dalam bekerja, waktu sangat penting. Apalagi kalau kamu janjian dengan klien, aduh, sangat kelihatan tidak profesional dan tidak menghormati orang lain. Belum lagi kalau kamu juga nggak bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline, makin jadi bumerang buat kariermu.

Mulai sekarang usahakan untuk datang lebih awal dan tuntaskan pekerjaanmu sesegera mungkin biar nggak mepet deadline, ya, beauties.

2. Mengabaikan Waktu Istirahat

Mengabaikan waktu istirahat/ Foto: unsplash.com/Avel Chuklanov
Mengabaikan waktu istirahat/ Foto: unsplash.com/Avel Chuklanov

Bekerja tanpa break tidak membuat kamu menjadi karyawan teladan. Bekerja tanpa istirahat hanya akan menguras tenaga dan pikiran, sehingga kamu nggak bisa maksimal menyelesaikan pekerjaan.

Padahal waktu break bisa menjadi saat yang tepat untuk me-recharge energimu biar tambah semangat dan fokus bekerja. Tidak hanya sebatas istirahat pada jam makan siang, tapi kamu juga harus mengambil jeda sejenak dari meja kerjamu jika dirasa perlu.

Misalnya dengan jalan-jalan di taman kantor untuk menghirup udara segar.

3. Bergosip

Bergosip/ Foto: pexels.com/Rodnae Productions
Bergosip/ Foto: pexels.com/Rodnae Productions

Gosip bisa timbul di mana saja, tidak terkecuali di tempat kerja. Interaksi dengan rekan kerja terkadang membuatmu mendengar gosip kantor yang tidak jelas asal usul dan kebenarannya.

Sangat tidak etis membicarakan rekan atau atasan kerja kamu. Malah akan semakin memperkeruh suasana dan menurunkan produktivitas kerja. Jadi, usahakan untuk jauh-jauh dari pusaran gosip kantor ya, Beauties.

4. Tidak Punya Persiapan

Tidak punya persiapan/ Foto: unsplash.com/Icons8 Team
Tidak punya persiapan/ Foto: unsplash.com/Icons8 Team

Beauties, kalau kamu selama ini bekerja tanpa persiapan, cobalah ubah kebiasaan tersebut. Baik dalam persiapan diri sebelum berangkat kerja seperti pemilihan pakaian atau persiapan materi presentasi bagi klien.

Tanpa persiapan, kinerjamu terkesan lamban dan kurang dipercaya untuk berkontribusi dalam sebuah project. Kamu bisa mulai menyusun daftar pekerjaan yang harus kamu tuntaskan esok atau bahkan rencana kerja selama seminggu. Kamu bisa menuliskan rencana secara manual maupun memakai aplikasi pengatur jadwal biar lebih mudah.

5. Tidak Bisa Mengontrol Mood

Biarkan Leo melepaskan amarahnya hingga reda dengan sendirinya/Foto: freepik.com/cookie_studioIlustrasi Marah/Foto: freepik.com/cookie_studio

Profesionalitas dalam bekerja diuji saat kamu berada dalam kondisi mood yang kurang baik. Ada saat-saat di mana kamu merasa tidak semangat bekerja dan sedih namun tumpukan pekerjaan tidak bisa dihindari.

Kalau kamu tidak bisa mengontrol mood, kamu akan dikuasai emosi dan kesulitan bersikap objektif sehingga berpengaruh terhadap interaksimu dengan rekan kerja. Cobalah untuk memperbaiki mood dengan segera agar tidak berimbas pada pekerjaanmu.

Kamu bisa coba istirahat sebentar, ngopi/ngemil, menonton video lucu atau mendengarkan musik favoritmu.

Nah, itu dia kebiasaan toxic yang bisa menghalangi perkembangan kariermu. Ubah dari sekarang, karena tidak ada kata terlambat untuk memulai kebiasaan positif dan meraih kesuksesan dalam karier. Semoga bermanfaat ya, Beauties.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE