STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Sering Lupa dan Tidak Fokus? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya, Terapkan Mulai Sekarang!

Sherley Gucci Permata Sari | Beautynesia
Senin, 22 Aug 2022 18:15 WIB
Sering Lupa dan Tidak Fokus? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya, Terapkan Mulai Sekarang!

Lupa akan sesuatu itu merupakan hal yang wajar saja terjadi. Namun, jika hal tersebut berlangsung terus-menerus yang membuat kamu dilabeli sebagai orang yang "pelupa", tentu hal ini bisa saja menjadi hal yang tak menyenangkan.

Lupa terhadap sesuatu bahkan juga dapat merugikan dan membahayakan keselamatan kamu dan orang sekitar, lho. Misalnya, lupa dimana meletakkan ponsel, dompet, kunci motor, sampai lupa memastikan kompor sudah mati atau belum. Hal tersebut bisa saja berujung pada membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Lupa akan suatu hal tentu bisa dialami oleh siapa saja. Banyak faktor penyebab yang membuat orang mudah lupa. Lantas apa saja yang menyebabkan seseorang mudah lupa? Dan bagaimana kiat mengatasinya? Yuk, simak jawabannya berikut ini!

Penyebab Mudah Lupa 

Multitasking dapat menyebabkan jadi seseorang pelupa.
Multitasking Jadi Penyebab Pelupa/Foto: Freepik.com/lookstudio

Lupa atau kehilangan daya ingat dapat disebabkan oleh faktor seperti kesehatan tubuh, psikologi, hingga kebiasaan sehari-hari. Misalnya kurang tidur, stres, gangguan kecemasan, pekerjaan yang menumpuk, dan konsumsi obat-obatan tertentu, seperti obat antidepresan.

Selain itu, kehilangan daya ingat juga bisa dipengaruhi kurangnya nutrisi tertentu seperti vitamin B, seperti B6, B12, dan B9 (asam folat). Hal ni karena jenis vitamin tersebut kerap dikaitkan denga fungsi kognitif. Melansir dari CNN Indonesia, jenis vitamin ini dapat bantu meningkatkan produksi neurotransmiter, zat kimia yang menyampaikan pesan antara otak dan tubuh.

Kiat Mengatasi Sering Lupa

Membuat Catatan

Ilustrasi membuat journaling/ Foto: Freepik.comIlustrasi menulis/ Foto: Freepik.com

Jika kamu menyadari bahwa kamu termasuk orang yang mudah lupa, maka membiasakan diri membuat catatan, seperti daftar kegiatan atau belanja bisa menjadi hal sederhana dan utama yang dapat dilakukan, lho, Beauties. Kamu dapat membuat catatan dengan buku kecil atau juga dapat memanfaatkan fitur note yang ada di smartphone.

Membuat Alarm di Ponsel

Jika membuat catatan tak cukup membantumu untuk mengatasi kebiasaan sering lupa, membuat alarm sesuai dengan daftar kegiatan yang harus kamu lakukan bisa jadi solusi lainnya. Untuk membantu tepat waktu, kamu juga dapat mengatur waktu 5 sampai 15 menit dari waktu seharusnya.

Tidur Cukup

Tidur yang cukup dapat bantu meningkatkan daya ingatTidur yang Cukup/Foto: Freepik.com/drobotdean

Lupa akan sesuatu erat kaitannya dengan kondisi tubuh yakni memori otak. Melansir dari Healthline, tidur yang cukup memiliki hubungan dengan daya ingat. Tidur berperan penting dalam konsolidasi memori, yakni proses di mana ingatan jangka pendek diperkuat dan diubah menjadi ingatan jangka panjang.

Kurang tidur dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan kecemasan sehingga akan memengaruhi daya ingatnya. Menurut para pakar, orang dewasa setidaknya membutuhkan 7- 9 jam waktu tidur per hari.

Hindari Multitasking

Beauties, buat kamu yang memiliki kebiasaan bekerja secara multitasking, sebaiknya dipertimbangkan kembali jika kamu tidak ingin jadi orang yang mudah lupa. Mengutip dari Time, hanya sekitar 2,5 persen orang yang dapat melakukan banyak tugas atau multitasking secara efektif.

Memaksakan diri dapat melakukan banyak tugas, alih-alih jadi produktif, justru hal ini dapat menyebabkan stres yang membuatmu sulit fokus. Sehingga hal ini berpengaruh pada daya ingat menjadi terganggu dan gagal dalam menyimpan informasi dengan benar.

Pola Hidup Sehat

young attractive asian woman who eatsIlustrasi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/miya227

Melansir dari Healthline, untuk meningkatkan daya ingat juga dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan sehat. Ada beberapa jenis makanan yang dianggap dapat meningkatkan daya ingat, seperti ikan dan suplemen minyak ikan.

Menurut sebuah penelitian pada tahun 2015, menunjukkan ketika orang dewasa dengan gejala ringan kehilangan daya ingat, mereka mengonsumsi suplemen yang kaya DHA dan EPA, seperti minyak ikan yang menyebabkan terjadinya peningkatan memori episodik. Tak hanya itu, sebaiknya kamu juga mengurangi konsumsi alkohol untuk menghindari kebingungan dan kehilangan ingatan. 

Nah, itu tadi beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah diri jadi orang yang pelupa, Beauties. Selamat mencoba!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE