sign up SIGN UP

5 Kebiasaan Unik Orang Korea Saat Pindah Rumah, Ada yang Beri Tisu Toilet Untuk Hadiah

Verticallya Yuri S.E Pratiwi | Beautynesia
Sabtu, 16 Oct 2021 08:30 WIB
5 Kebiasaan Unik Orang Korea Saat Pindah Rumah, Ada yang Beri Tisu Toilet Untuk Hadiah
caption
Jakarta -

Di tiap negara, memiliki kebiasaan dan budayanya tersendiri. Termasuk dalam hal pindah rumah, dalam menempati hunian baru di daerah baru beberapa negara memiliki ciri khas serta kebiasaan yang turun temurun dilakukan di masyarakat sampai sekarang.

Korea Selatan merupakan salah satu negara yang masih banyak melakukan kebiasaan yang berkembang sudah sejak lama itu, termasuk dalam hal pindah rumah. Apa saja ya kebiasaannya? Yuk, simak di sini!

1. Membagikan Kue Beras, Khususnya Kue Beras Merah

Kue beras
Kue beras putih dan merah/Foto: Pinterest by Thesoulofseoul

Ketika pindah rumah, orang Korea Selatan biasa untuk berkeliling ke tetangga-tetangga dan menyapa. Tak hanya sekadar menyapa dan berkenalan saja, mereka juga membawa kue beras khususnya kue beras merah untuk dibagikan. Ini untuk mengeratkan hubungan dan semakin mengakrabkan diri sebagai tetangga.

2. Menyewa Jasa Pindahan

Pindah rumah
Pindah rumah/Foto: Vanmanlondong.co.uk

Kebiasaan lainnya yang mungkin baru dimulai sejak memasuki masa modern adalah jasa pindah rumah. Di Korea Selatan, terdapat layanan jasa yang menawarkan bantuan untuk pindah rumah. Terutama di masa kini yang banyak didominasi oleh hunian apartemen di kota-kota besar.

Layanan jasa pindahan bisa membawa barang-barang yang sulit diangkut hingga diantarkan tepat langsung ke dalam apartemen memakai sebuah alat angkut khusus. Terdapat kotak khusus untuk mengangkut barang dan merapikannya juga, lho. Jadi, tidak perlu repot-repot lagi merapikan perabotan dengan menggesernya.

3. Makan Jajangmyeon dan Tangsuyuk

Jajangmyeon
Jajangmyeon/Foto: pinterest by mykoreankitchen

Ketika selesai pindahan, maka hal wajib lainnya yang dilakukan adalah memakan jajangmyeon serta tangsuyuk. Ini merupakan kebiasaan pindah rumah yang bahkan bisa kamu lihat di drama-drama Korea, Beauties. Memakan jajangmyeon dan tangsuyuk saat pindah rumah, menjadi salah satu kebiasaan yang kerap dinantikan.

4. Mengadakan Pesta Pindah Rumah

Pesta
Pesta di rumah teman atau kenalan/Foto: My ID Gangnam Beauty Drama Scene

Ketika pindah rumah, beberapa kenalan akan menanyakan kapan pesta pindah rumah pada pemilik rumah. Hal ini mau tak mau membuat pemilik rumah mengadakan pesta pindah rumah dan mengajak teman-teman, kenalan, bahkan teman kerja.

Terutama bagi para pegawai yang biasanya akan mengundang rekan kerja bahkan atasannya untuk datang.

5. Kunjungan dari Orang Terdekat Membawa Hadiah, Khususnya Membawa Tisu Toilet

Tissue toilet
Tissue Toilet/Foto: Pinterest by decoratedlife

Ini mungkin sedikit aneh, tetapi ketika kamu pindah rumah, saudara, teman, kenalan, akan datang membawa hadiah untuk pemilik rumah yang baru pindahan. Bisa saja mulai dari benda-benda kebutuhan rumah tangga, uang tunai, atau bahkan barang elektronik.

Tetapi yang kerap kali dibawa dan dianggap praktis, murah, dan berguna, adalah tisu toilet. Biasanya ada tamu yang membawa banyak tisu toilet untuk dijadikan hadiah pindah ke rumah baru.

-----------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 


Our Sister Site

mommyasia.id