STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

5 Kota di Indonesia dengan Biaya Hidup Termurah, Cuma Rp10 Ribuan Bisa Makan Kenyang & Cocok Buat Pelajar!

Tim Redaksi detikEdu | Beautynesia
Senin, 04 Jul 2022 12:30 WIB
5 Kota di Indonesia dengan Biaya Hidup Termurah, Cuma Rp10 Ribuan Bisa Makan Kenyang & Cocok Buat Pelajar!

Seperti yang kita tahu ya Beauties, ada banyak sekali daerah di Indonesia. Berbeda daerah, tentu berbeda juga ciri khasnya, budayanya, bahkan masalah biaya hidupnya juga lho!

Ada deretan kota di Indonesia yang dikenal dengan biaya hidup termurahnya. Untuk tinggal dalam sebulan, bujet yang dikeluarkan pun hanya  setengah atau bahkan 1/4 dari biaya hidup di kota besar. 

Beberapa kota ini tentu menjadi yang paling menarik untuk ditinggali para pelajar yang umumnya memiliki biaya pas-pasan untuk bertahan hidup. Lantas apa saja kota di Indonesia dengan biaya hidup termurah? Simak yuk!

1. Yogyakarta

Universitas Gadjah Mada (UGM).Universitas Gadjah Mada (UGM)./ Foto: dok. UGM

Biaya hidup di Yogyakarta sudah tak perlu diragukan lagi soal murahnya. Bahkan, kota ini pun dikenal sebagai kota pelajar karena banyaknya kampus dan pelajar yang menuntut ilmu di kota yang satu ini.

Di Yogyakarta, dengan modal uang Rp10 ribu saja, kamu bisa makan dan minum sampai kenyang lho, Beauties! Selain itu, biaya kos di Jogja pun terbilang sangat murah, yang mana hanya berkisar mulai dari Rp300 ribu - Rp700 ribuan saja. 

Dengan uang Rp1 juta - Rp1,5 juta setiap bulannya, kamu sudah bisa hidup tenang dan kenyang di kota yang satu ini. Jangan lupa, untuk para pelajar ada deretan kampus terbaik, mulai dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Institut Seni Indonesia (ISI), dan lainnya.

2. Solo

Universitas Muhammadiyah SurakartaUniversitas Muhammadiyah Surakarta/ Foto: UMS

Masih termasuk pulau Jawa, Solo pun menjadi kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia. Dengan biaya yang kurang lebih sama, yakni sekitar Rp1,5 juta seperti di Yogyakarta, kamu sudah bisa untuk bertahan hidup. 

Di Solo pun, ada deretan kampus terbaik untukmu yang ingin menimba ilmu. Mulai dari Universitas Negeri Sebelas Maret, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Surakarta, dan lainnya.

3. Cirebon

Cara belajar pelajar JepangKota Pelajar/Foto: Freepik.com/ jcomp

Kota Cirebon pun ternyata termasuk jajaran kota dengan biaya hidup termurah. Untuk Beauties yang ingin mengenyam pendidikan di kota yang satu ini, cukup menyiapkan uang sekitar Rp1,5 juta - Rp2 jutaan untuk sebulan penuh. 

Sebab, biaya kos di Cirebon untuk mahasiswa hanya berkisar Rp500 ribu - Rp800 ribuan saja. Lalu, untuk biaya makan hanya akan habis sekitar Rp200 ribu - Rp250 ribuan per minggu. Cukup murah bukan?

Ada beberapa kampus terbaik juga di daerah Cirebon, mulai dari Universitas Swadaya Gunung Djati, Universitas Muhammadiyah Cirebon, dan lainnya. 

Beauties, selain ketiga daftar kota di atas, masih ada deretan kota di Indonesia dengan biaya hidup termurah lainnya. Baca selengkapnya di sini. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE