STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

4 Makanan yang Diprediksi Akan Dikonsumsi Manusia di Tahun 2050, Intip Apa Saja Yuk!

Rizqa Fitriana | Beautynesia
Sabtu, 02 Jul 2022 14:00 WIB
4 Makanan yang Diprediksi Akan Dikonsumsi Manusia di Tahun 2050, Intip Apa Saja Yuk!

Di tahun 2050 nanti, kamu bisa jadi menyantap penganan dari pohon pisang bohongan atau menikmati camilan dari buah pandan duri yang menjadi prediksi sebagai makanan masa depan. Sebanyak 90 persen asupan kalori makanan dunia berasal hanya dari 15 tanaman pangan. Oleh karena itu, para ilmuwan berusaha mencari tanaman lainnya yang bisa dikonsumsi di masa mendatang.

Didasari oleh perubahan iklim yang telah menyebabkan stok pangan dunia terancam karena gagal panen dan harga bahan pokok meningkat di seluruh dunia. Selain itu, krisis global yang diakibatkan oleh perang Ukraina-Rusia mengancam perdagangan pangan global.

Peneliti di Royal Botanic Garden Kew, London, Dr Sam Pirinon mengatakan bahwa diversifikasi (memperbanyak variasi) makanan pokok yang kita makan adalah salah satu solusi untuk mengurangi kelaparan, mengatasi hilangnya keanekaragaman hayati, dan membantu beradaptasi dengan perubahan iklim.

Para ilmuwan Kew mengajukan beragam daftar tanaman dan bahan yang dapat menjadi makanan kita di masa depan. Berikut ini beberapa makanan yang bisa menjadi santapan di 2050.

1. Pandan Duri

Pandanus tectorius/ Foto: plantamor.com
Pandanus tectorius/ Foto: plantamor.com

Pandan duri (Pandanus tectorius) adalah pohon kecil yang tumbuh di daerah pesisir dari Kepulauan Pasifik hingga Filipina. Daunnya digunakan untuk membumbui hidangan manis dan gurih di sebagian besar Asia Tenggara, sedangkan buahnya seperti nanas dapat dimakan mentah atau dimasak.

Rekan peneliti di Kew, Dr Marybel Soto Gomez mengatakan kalau tanaman pandan ini tahan terhadap kondisi ekstrem seperti kekeringan, angin kencang dan semprotan garam. Jika pandan ini dapat digunakan secara berkelanjutan tanpa menghabiskan sumber daya bagi masyarakat lokal, kita harus menanamnya lebih luas.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan/ Foto: unsplash.com/ Gabriella Clare Marino
Kacang-kacangan/ Foto: unsplash.com/ Gabriella Clare Marino

Kacang-kacangan atau polong-polongan, adalah salah satu makanan masa depan. Kacang-kacangan murah, tinggi protein, vitamin B, dan dapat beradaptasi dengan berbagai lingkungan mulai dari pantai laut hingga lereng gunung.

Ada 20.000 spesies kacang-kacangan di dunia, tetapi hanya sedikit yang menjadi bahan makanan. Diperkirakan ada ratusan jenis kacang di alam liar yang belum diketahui para ilmuwan. Tidak semua kacang-kacangan dapat dimakan, tetapi para ahli sedang mengeksplorasi sifat-sifat spesies yang berbeda untuk melihat mana yang dapat dijadikan makanan dan bernutrisi.

Salah satu kacang yang dapat dibudidayakan sebagai pangan masa depan yang tahan terhadap kekeringan adalah kacang morama. Kacang morama (Tylosema esculentum) adalah makanan pokok di beberapa bagian Botswana, Namibia dan Afrika Selatan, di mana kacang tersebut direbus dengan jagung atau digiling menjadi bubuk untuk membuat bubur atau minuman seperti kakao.

3. Biji-bijian Liar

Fonio/ Foto: obafoodgroup.com
Fonio/ Foto: obafoodgroup.com

Buat kamu yang doyan sarapan dengan sereal, di masa mendatang bisa mencoba fonio (Digitaria exilis), yaitu spesies rumput asli sabana di Afrika Barat.

Dibudidayakan secara lokal sebagai tanaman, fonio mentolerir kondisi kering dan butiran kecilnya digunakan untuk membuat bubur kental, couscous dan bahkan minuman. Fonio kaya akan zat besi, kalsium, beberapa asam amino, dan vitamin B. Cocok dijadikan bahan baku sereal di masa depan.

4. Pisang Gadungan

Enset (Ensete ventricosum)/ Foto: kew.org
Enset (Ensete ventricosum)/ Foto: kew.org

Enset (Ensete ventricosum) atau "pisang palsu" adalah kerabat dekat pisang, tetapi hanya dikonsumsi di satu bagian Ethiopia. Buah yang mirip pisang dari tanaman ini tidak dapat dimakan, tetapi batang dan akar yang mengandung tepung dapat difermentasi dan digunakan untuk membuat bubur dan roti.

Menurut peneliti, tanaman itu berpotensi memberi makan lebih dari 100 juta orang dan meningkatkan ketahanan pangan di Ethiopia dan negara-negara Afrika lainnya, termasuk Kenya, Uganda, dan Rwanda.

Beauties, seperti yang dilansir dari BBC dan Kew.org itu dia deretan makanan yang diprediksi akan dikonsumsi manusia di tahun 2050 mendatang. Bagaimana beauties, tertarik mencoba makanan masa depan di atas?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE