sign up SIGN UP

5 Tanda Perlu Rehat Sejenak dari Media Sosial, Termasuk yang Kamu Rasakan?

aqillah diaz | Beautynesia
Minggu, 23 Jan 2022 17:30 WIB
5 Tanda Perlu Rehat Sejenak dari Media Sosial, Termasuk yang Kamu Rasakan?
caption

Media sosial memiliki berbagai manfaat, salah satunya adalah dapat menghubungkan kita dengan keluarga atau kerabat yang jauh. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan berbagai informasi dan tren terbaru dengan sangat mudah.

Bahkan saat ini kita tidak bisa lepas dari media sosial. Namun, di balik kemudahan yang ada, terdapat beberapa dampak negatif jika kita terus-menerus membuka akun media sosial. 

Salah satu dampak negatifnya adalah dapat membuatmu kecanduan hingga mengganggu produktivitasmu dan dapat berakibat buruk bagi kesehatan mental. Untuk menjaga kecanduan media sosial, serta kesehatan mental ada baiknya untuk rehat sejenak dari media sosial atau social media detox. 

Puasa menggunakan media sosial sangat baik dan penting dilakukan, apalagi jika kamu sudah merasakan tanda-tanda buruk di dalam dirimu. Berikut tanda bahwa kamu harus break dari media sosial. Simak penjelasannya di bawah ini

1. Mengecek Media Sosial Saat Bangun Tidur

Mengecek Media Sosial saat Bangun Tidur / foto : pexels.com/AndrePiacquadio
Mengecek Media Sosial saat Bangun Tidur / foto : pexels.com/AndrePiacquadio

Ketika bangun tidur dan kamu langsung mengecek media sosial, maka kamu harus benar-benar rehat dari media sosial. Ada baiknya ketika bangun tidur kamu berdoa, minum air putih, kemudian lakukan aktivitas ringan seperti membersihkan tempat tidur atau berolahraga. Kurangi kebiasaan buruk ini karena dapat membuat waktumu terbuang sia-sia.

Jika kamu sibuk mengecek media sosial di pagi hari, hal ini akan membuatmu menjadi tidak produktif dan ketagihan scroll media sosial. Oleh karena itu, jika kamu sudah jelas melakukan hal ini, fix! kamu harus break dari media sosial.

2. Mulai Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Mulai Membandingkan Diri dengan Orang Lain / foto : pexels.com/MirianAlonso
Mulai Membandingkan Diri dengan Orang Lain / foto : pexels.com/MirianAlonso

Media sosial merupakan salah satu platform seseorang menceritakan kehidupannya. Namun, jika hal ini membuatmu terganggu dan bahkan kamu mulai membandingkan diri dengan orang lain, maka kamu harus berhenti sejenak bermain media sosial. Terlalu sering dan aktif menggunakan media sosial akan berdampak pada kesehatan mental dan dapat membuatmu merasa insecure dengan pencapaian orang lain.

Cobalah untuk berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain dan hindari media sosial sementara waktu. Ketika kamu rehat sejenak dari media sosial, gunakan waktu sebaik mungkin untuk meng-upgrade kemampuan dirimu. 

3. Merasa Khawatir jika Tertinggal Informasi atau FOMO (Fear of Missing Out)

Merasa Khawatir jika Tertinggal Informasi / foto : pexels.com/Plann
Merasa Khawatir jika Tertinggal Informasi / foto : pexels.com/Plann

Selanjutnya, jika kamu sudah merasa khawatir tertinggal informasi dari media sosial atau fomo, sebaiknya kamu harus berhenti sejenak dari media sosial. Perasaan khawatir dan takut tertinggal dapat menimbulkan kecemasan dan akan membuatmu overthinking. Dan hal ini dapat memicu stres berlebihan.

Tidak hanya itu, kecemasan dan overthinking dapat membuat hormon di dalam tubuh, seperti serotonin dan adrenalin menjadi terganggu sehingga dapat membuatmu susah tidur, sakit kepala, bahkan membuat mood menjadi kacau.

4. Hilangnya Interaksi di Dunia Nyata

Hilangnya Interaksi di Dunia Nyata / foto : pexels.com/Monstera
Hilangnya Interaksi di Dunia Nyata / foto : pexels.com/Monstera

Ketika kamu sudah merasa kamu dekat dengan seseorang di dunia maya tetapi tidak di dunia nyata, maka kamu harus segera menyadari bahwa kamu memerlukan interaksi secara langsung. Apalagi jika kamu sedang berkumpul atau sedang bertemu dengan teman dan kamu sibuk dengan gadget, hal ini akan membuat pertemuanmu menjadi kurang bermakna.

Oleh karena itu, kamu harus segera break dari media sosial agar bisa menikmati dan menghabiskan waktu bersama teman, keluarga, dan pasangan. 

5. Selalu Mengecek Gadget Setiap Waktu

Selalu Mengecek Gadget Setiap Waktu / foto : pexels.com/AndreaPiacquadio
Selalu Mengecek Gadget Setiap Waktu / foto : pexels.com/AndreaPiacquadio

Tidak peduli ketika kerja atau ketika makan atau hangout bersama teman kamu tetap mengecek gadget-mu, ternyata dapat membuat orang di sekitarmu menjadi kurang nyaman dan hal ini dapat membuatmu menjadi perbincangan banyak orang karena dinilai kurang menghargai orang lain. Jika kamu sering melakukan hal ini, ada baiknya untuk segera menguranginya atau bahkan jangan lakukan hal itu ketika kamu sedang bersama orang lain ya.

Jika memang ada urusan mendesak yang mengharuskanmu untuk membuka gadget, sebaiknya kamu ijin terlebih dahulu ya!

Nah, itulah beberapa tanda kamu harus rehat sejenak dari media sosial. Dengan begitu, kamu akan lebih memahami kondisi di sekitarmu. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id