
6 Cara Memprioritaskan Work Life Balance untuk Keberhasilan Karier, Jaga Semuanya Agar Tetap Terkendali!

Sering kali seseorang lebih mengutamakan pekerjaan daripada hal lain dalam hidupnya. Keinginan untuk sukses secara professional dapat mendorong kamu untuk mengesampingkan urusan pribadi.
Padahal, menyeimbangkan kehidupan professional dan pribadi itu sangat diperlukan. Work life balance adalah keadaan di mana seseorang sama-sama memprioritaskan tuntutan karier dan kehidupan pribadinya. Hal ini tidak hanya baik untuk kesejahteraan fisik dan emosional tetapi juga untuk karier di masa depan.
Dilansir dari Business News Daily dan ProofHub, terdapat 6 cara untuk menciptakan keseimbangan kehidupan kerja atau work life balance yang lebih baik. Yuk, mulai terapkan!
Tentukan Tujuan dan Prioritas
![]() Tentukan tujuan dan prioritas/Foto: Unsplash/Kelly Sikkema |
Langkah pertama untuk menciptakan work life balance adalah menentukan tujuan dan prioritas. Tetapkan tujuan yang bisa kamu capai dengan menerapkan strategi manajemen waktu dan menganalisis daftar tugas harian. Pastikan kapan kamu menjadi paling produktif di tempat kerja dan batasi waktu istirahat untuk aktivitas terpenting yang berhubungan dengan pekerjaan.
Hindari memeriksa email dan telepon setiap beberapa menit agar tidak membuang-buang waktu. Penataan tujuan dan prioritas yang tepat bisa menghasilkan lebih banyak waktu luang untuk bersantai di luar pekerjaan.
Tetapkan Batasan dan Jam Kerja
![]() Tetapkan batasan dan jam kerja/Foto: Pexels/Tetapkan batasan dan jam kerja/Foto: Pexels/Marius Mann |
Selanjutnya, tetapkan batasan dan jam kerja untuk diri sendiri dan kolega. Saat kamu meninggalkan kantor, hindari memikirkan proyek yang akan datang atau menjawab email perusahaan.
Pertimbangkan untuk membuat filter terpisah untuk platform kerja dan urusan pribadi. Penting untuk menentukan kapan kamu akan bekerja dan kapan kamu akan berhenti bekerja. Kamu bisa memberi tahu kolega kerja tentang batasan ini untuk memastikan mereka memahami dan menghargai aktivitas di luar pekerjaan.
Ciptakan Kerja Cerdas
Apakah lebih sedikit pekerjaan sama dengan lebih sedikit produktivitas? Sebagian besar orang di tempat kerja harus lembur untuk produktivitas yang lebih besar. Padahal, kondisi ini justru berdampak buruk bagi keseimbangan kehidupan kerja, Beauties.
Pasalnya, seseorang bisa bekerja lebih efisien dengan jam kerja yang lebih sedikit. Selesaikan pekerjaan sesuai jam kerja yang kamu tetapkan sebelumnya. Jangan mengambil waktu di luar jam kerja untuk urusan pekerjaanmu.