STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

6 Kebiasaan Mudah untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri, Catat Yuk Beauties!

Iftifani Sayyida Asausan | Beautynesia
Kamis, 03 Nov 2022 21:00 WIB
6 Kebiasaan Mudah untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri, Catat Yuk Beauties!

Beauties, apakah kamu termasuk orang yang percaya diri? Dikutip dari Mind Tools, rasa percaya diri berarti percaya pada penilaian, kapasitas, dan kemampuanmu sendiri. Orang yang percaya diri akan nyaman dengan dirinya dan mengundang kepercayaan dari orang lain.

Sayangnya, tidak mudah menjadi orang yang percaya dengan diri sendiri apalagi jika kamu adalah orang yang secara alami suka mengkritik diri sendiri. Ini deretan kebiasaan yang bisa meningkatkan rasa percaya diri, simak di bawah ini ya, Beauties!

1. Tidak Banyak Membandingkan Diri dengan Orang Lain

6 Kebiasaan Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Tidak membandingkan diri dengan orang lain/Foto: pexels.com/Ron Lach

Membandingkan diri sendiri dengan orang lain nggak selamanya buruk kok, asal tetap sewajarnya ya, Beauties. Ketika melakukannya secara nggak sadar kamu malah akan membuang energi untuk fokus ke orang lain.

Padahal, kamu bisa memakai energi tersebut untuk selalu bersyukur dengan apa yang sudah kamu miliki sekarang ini. Kamu bisa mulai mengurangi scrolling di media sosial dan fokus saja ke dirimu sendiri.

2. Mengakui Kesalahan

6 Kebiasaan Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Mengakui kesalahan/Foto: pexels.com/Juan Pablo Serrano Arens

Orang yang percaya diri akan menerima, mengakui, dan belajar dari kesalahan yang dibuatnya. Kamu harus menyadari bahwa kesalahan bukan akhir dari segalanya.

Yang penting adalah bagaimana kamu menghadapi kesalahan tersebut. Kamu juga harus tau bahwa nggak ada sesuatu yang benar-benar sempurna di dunia ini. Satu kesalahan kecil nggak akan membuatmu buruk kok, Beauties.

3. Mengembangkan Kelebihan Diri yang Dimiliki

6 Kebiasaan Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Mengembangkan kelebihan yang dimiliki/Foto: pexels.com/Anna Shvets

Biasanya setiap orang akan merasa bangga ketika berhasil melakukan sesuatu dari kelebihan yang dimiliki. Tanpa disadari, hal ini juga bisa membuat rasa percaya diri makin meningkat. Kamu bisa mulai mencari tau minat atau suatu kelebihan yang kamu miliki, maksimalkan dan fokuslah pada kelebihan tersebut.

4. Menyadari Kalau Tidak Semua Hal Dapat Kamu Kontrol

6 Kebiasaan Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Tidak semua hal bisa kamu kontrol/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Ini penting, Beauties! Kamu harus memahami bahwa nggak semua hal bisa kamu kontrol. Di media sosial mungkin kamu bisa mengontrol apa yang ingin kamu lihat atau sebaliknya dengan cara block, unfollow, atau mute. Secara sengaja atau tidak sengaja kamu bisa saja mendengar perkataan dan penilaian orang lain tentang dirimu.

Jangan fokus kepada omongan negatif yang bisa membuat rasa percaya dirimu menurun. Terima perkataan positif dan belajar dari perkataan negatif itu untuk membuat dirimu lebih baik.

5. Berbagi Cerita Positif

6 Kebiasaan Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Berbagi cerita positif/Foto: pexels.com/George Pak

Biasanya orang yang fokus terhadap masalah yang dihadapi juga akan menurunkan rasa percaya dirinya. Kamu bisa mulai melatih kebiasaan untuk lebih banyak berbagi cerita positif, contohnya ceritakan progres pekerjaan atau apapun yang sedang kamu kerjakan.

Ceritakan hal-hal positif ini supaya kamu juga bisa menyebarkan positive vibe pada orang di sekitarmu.

6. Mempelajari Hal Baru

6 Kebiasaan Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Mempelajari hal baru/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Orang yang memiliki banyak pengetahuan biasanya lebih percaya diri. Nggak harus tentang akademik kok, Beauties.

Kamu juga bisa mempelajari hal-hal umum yang sekiranya bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Dengan bertambahnya pengalaman dan pengetahuan, kamu akan menjadi pribadi yang bijaksana dan lebih percaya diri.

Semoga setelah ini kamu bisa lebih percaya diri ya, Beauties!

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE