sign up SIGN UP

6 Tips Mengurangi Kebiasan Ragu-ragu, Cocok Buatmu yang Sering Plin-plan

Novianty Aulia Anjani | Beautynesia
Kamis, 22 Sep 2022 15:00 WIB
6 Tips Mengurangi Kebiasan Ragu-ragu, Cocok Buatmu yang Sering Plin-plan
caption

Sejatinya hidup adalah penuh pilihan, namun tidak semua mudah untuk menentukan pilihan tersebut. Banyaknya kekhawatiran hingga sikap plin-plan tidak jarang membuatmu hanya mengikuti orang lain karena terlalu ragu akan diri sendiri.

Beauties, sikap plin-plan hanya akan membuat segalanya terasa rumit. Hidupmu juga menjadi tidak jelas arahnya karena mudah digoyahkan oleh apapun.

Sebelum terlambat. yuk mulai tegas dalam menentukan pilihan dengan 6 tips mengurangi rasa ragu berikut ini! 

Dengarkan Intuisi Sendiri 

Kata hati serta intuisi penting untuk kamu dengarkan setiap kali memutuskan sesuatu.
Ikuti intuisi dirimu/Foto:Freepik.com/Timeimage

Pernah mendapati bayangan akan sesuatu dan berakhir seperti apa yang kamu pikirkan? Jika iya, hal ini dinamakan intuisi.

Intuisi adalah sebuah firasat atau perasaan yang membantu kamu dalam membuat suatu keputusan. Kunci utama dari mempertajam intuisi adalah dengan mendengar sekaligus percaya terhadap diri sendiri.

Terbiasa yakin dengan intuisi sendiri akan menyadarkanmu bahwa hidupmu ada di bawah kendali kamu seorang, sehingga tidak ada yang bisa memberi keputusan terbaik selain diri kamu sendiri.

Praktikkan Mindfulness

Praktikkan latihan mindfulness untuk mempertajam pikiran serta kemampuan memutuskan sesuatu.
Latihan mindfulness/Foto:Freepik.com/Freepik

Terlalu sering ragu tentu menguras pikiran sekaligus bisa mengganggu kesehatan mental. Oleh karena itu, kamu butuh sesuatu yang bisa menjaga keduanya yakni dengan praktik mindfulness.

Mindfulness ialah sebuah latihan merileksasi tubuh juga pikiran. Berdiam diri sembari menitikberatkan fokus akan meningkatkan ketajaman kamu dalam mengambil keputusan. Dikutip dari laman American Psychological Association, mindfulness dapat mengurangi kebiasaan plin-plan sehingga lebih tegas dalam menentukan sesuatu.

Identifikasi Value Diri 

Ketika kamu mengenal dan meyakini value hidupmu maka tidak ada lagi keraguan ketika memutuskan sesuatu.
Kenali value hidupmu/Foto:Freepik.com/Drobotdean

Kemampuan mengambil sebuah keputusan berkaitan erat dengan bagaimana kamu meyakini value diri sendiri. Tidak ada lagi rasa ragu serta takut karena value tersebutlah yang akan menuntun kamu ke depannya.

Luangkan waktu dan kenali diri sendiri lebih dalam dengan mengingat apa saja kekuatan serta hal yang membuatmu bahagia. Selanjutnya, akan terlihat nilai mana yang sepatutnya diyakini untuk mencapai hidup yang sejahtera.

Jangan Malu Bertanya

Ajukan pertanyaan di awal ketika kamu ragu akan sesuatu.
Bertanya ketika ragu/Foto:Freepik.com/Freepik

Ketakutan akan salah menjadi penyebab utama dari sikap plin-plan. Bukannya bertanya, banyak dari kamu yang terlalu malu untuk meminta penjelasan pada sesuatu yang sebenarnya tidak kamu pahami.

Sebaiknya hindari ragu untuk bertanya setiap kali menemui kesulitan. Meluangkan waktu di awal untuk bertanya jauh lebih baik ketimbang harus terbebani dengan perasaan ragu terlalu lama. 

Hindari Mempertanyakan Keputusan Akhir

Keputusan yang terus dipertanyakan hanya akan membuat kamu semakin bingung dan mudah goyah.
Jangan terus mempertanyakan keputusan/Foto:Freepik.com/Primagefactory

Setelah berhasil mendapati satu pilihan maka jalanilah dengan yakin. Bagaimanapun hasil akhirnya, percayalah dan biarkan semuanya berjalan sebagaimana mestinya.

Terlalu lama mempertanyakan suatu keputusan justru membuatmu semakin bingung. Kebiasaan ini juga memicu konflik internal yang menurunkan kepercayaan diri seperti yang dilansir dari laman Pscyh Central.

Jika Masih Ragu, Coba Lihat Sudut Pandang Orang Lain

Tidak apa jika sesekali kamu bercerita dan meminta saran kepada teman yang dirasa tegas dalam memutuskan sesuatu.
Minta Bantuan Teman/Foto:Freepik.com/Freepik

Akan ada saatnya kamu dihadapkan benar-benar bingung terhadap sesuatu. Tidak ada salahnya untuk meminta saran untuk mempertegas pilihan yang kamu buat.

Pilihlah satu teman yang dirasa tegas dalam mengatakan sesuatu. Bukan cuma mengurangi keraguanmu saat itu, bercerita kepada teman akan memberikan sudut pandang baru. Beauties, mulailah untuk yakin pada diri sendiri dan jangan biarkan keraguan merugikan hidupmu ke depannya. 

--

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id