sign up SIGN UP

7 Cara Ampuh Minimalisir Tingkat Stres, Penting Diterapkan Selama Masih Pandemi Covid-19 Ini!

Fina Prichilia | Beautynesia
Selasa, 19 Oct 2021 15:00 WIB
7 Cara Ampuh Minimalisir Tingkat Stres, Penting Diterapkan Selama Masih Pandemi Covid-19 Ini!
caption
Jakarta -

Kalau kamu merasa stres selama pandemi covid-19 ini, maka itu wajar saja, Beauties. Terlepas kamu masih bekerja dari rumah (WFH) atau sudah kembali ke kantor.

Meski angka orang yang terkena covid-19 dikabarkan menurun, namun nyatanya kita masih berdampingan dengan virus satu ini. Untuk mengurangi stres yang kamu alami, cobalah 7 cara seperti yang dirangkum dari Harvard Health sebagai berikut:

Tidur Cukup

Sebaiknya sesibuk apa pun kamu, tetap usahakan untuk tidur dengan cukup. Itu nggak cuma baik buat kesehatan, tapi juga memengaruhi mood, mental alertness, dan energi kamu.

Praktikkan Teknik Relaksasi

Seperti meditasi, gerakan sederhana untuk merelaksasi otot, teknik bernapas dan yoga. Kalau kamu melakukan hal-hal tersebut secara rutin maka bisa melepaskan stres.

Meditasi bisa mengurangi gejala depresiMeditasi bisa mengurangi gejala stres/ Foto: Freepik.com

Tetap Berhubungan Sosial

Mungkin kamu masih merasa ngeri untuk kumpul-kumpul dengan sahabat dan kerabat. Hal ini memang bisa dipahami, Beauties. Tetapi kamu bisa terus berhubungan dengan mereka lewat cara-cara aman. Seperti lewat media sosial, video call, chating, atau join komunitas yang kamu sukai.

Misalnya sesama pecinta buku, fandom idol kesukaanmu, dan sebagainya. Mereka biasanya akan membuat banyak event secara virtual, yang bikin hubungan sosial kamu tetap berjalan.

Asah Kemampuan Bagi Waktu

Beauties, kerja dari rumah memang bisa menambah tingkat stres seseorang. Itu bisa disebabkan karena kondisi rumah yang nggak kondusif buat bekerja.

Cobalah mencari 'formula' untuk mengatur pembagian waktu antara bekerja, diri sendiri, dan keluarga ya.

Sakit punggung saat WFH/Foto: Freepik/freepikSakit punggung saat WFH/Foto: Freepik/freepik

Selesaikan Situasi yang Bikin Stres

Jangan biarkan atau diamkan kondisi yang bikin kamu stres berlarut-larut. Sebaliknya, coba deteksi dan selesaikan bila ada masalah yang mengganjal, terutama yang bikin stres.

Kamu juga bisa bikin semacam kesepakatan di rumah, di antaranya misal untuk 'tidak saling mengganggu', sehingga dapat hindari konflik-konflik yang tak perlu.

Jangan Lupa Me Time

Kalau waktu didedikasikan untuk pekerjaan dan keluarga sudah, jangan lupakan diri sendiri. Kamu juga perlu me time untuk kebaikan jiwa. Yang sederhana saja, seperti berjalan kaki sendiri, tidur siang, juga mendengarkan musik

Minta Bantuan

Bila kamu merasa sudah melakukan berbagai cara, tetapi tingkat stres belum juga berkurang, jangan ragu untuk meminta bantuan. Bila teman, suami, juga keluarga dirasa kurang, cobalah kontak profesional, seperti psikolog maupun psikiater.

-----------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id