sign up SIGN UP

Kamu Harus Bahagia! Ini 5 Langkah Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Jiwa di Tengah Pandemi

Raudiya Nurfadilah H | Kamis, 14 Oct 2021 23:30 WIB
Kamu Harus Bahagia! Ini 5 Langkah Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Jiwa di Tengah Pandemi
caption

Terhitung sejak Maret 2020, kita dianjurkan untuk membatasi kegiatan di luar rumah, bertemu banyak orang, dan jika tidak terlalu penting maka lebih baik diam di rumah. Selama pandemi covid-19, bukan hanya kesehatan fisik saja yang harus dijaga tetapi kesehatan mental atau jiwa pun sama pentingnya.

Sebenarnya, ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental. Apa saja? Berikut caranya.

Olahraga

Lakukan olahraga di rumah secara teratur
Lakukan olahraga di rumah secara teratur/ Foto: Freepik/ Tirachardz

Cara menjaga kesehatan jiwa selama pandemi yakni kamu bisa melakukan olahraga ringan di rumah. Mengutip laman Kementerian Kesehatan, kesehatan fisik berpengaruh pada kesehatan mental karena olahraga telah terbukti dapat mengurangi gejala depresi, kecemasan, dan pastinya dapat menjaga tubuh agar tetap sehat.

Di zaman yang serba canggih ini, kamu bisa mengikuti banyak latihan olahraga yang diberikan secara gratis melalui media online. Kamu juga bisa memilih olahraga yang ingin dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan cukup selama 30 menit per hari.

Lakukan Me Time

Me time penting dilakukan agar tidak stres
Me time penting dilakukan agar tidak stres/ Foto: Freepik/ Gpointstudio

Meski selama pandemi kamu melakukan segala aktivitas kuliah atau bekerja melalui virtual dan mengerjakan pekerjaan di rumah, jangan lupa untuk mengambil waktu bersantai di akhir pekan agar tidak mudah terkena stres. Kamu bisa melakukan berbagai kegiatan saat me time seperti, melukis, membaca buku, membuat makanan, menonton film, drama, melakukan perawatan tubuh atau yang lainnya.

Me time bisa bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas saat bekerja, jika kita merasa lelah atau stres maka akan berpengaruh pada hasil pekerjaan.

Meditasi

Meditasi bisa mengurangi gejala depresi
Meditasi bisa mengurangi gejala depresi/ Foto: Freepik/ Freepik

Meditasi berguna untuk ketenangan jiwa, terbukti dari sebuah penelitian yang membuktikan dapat mengurangi gejala depresi, kecemasan, bahkan meningkatkan volume otak tertentu. Demikian dikutip dari Forbes, pengurangan stres berbasis mindfulness yang dikembangkan oleh Jon Kabat-zinnat UMass.

Kamu bisa melakukan meditasi di rumah dengan cara bernapas secara perlahan-lahan dan terkendali yang berfungsi untuk menenangkan pikiran. Para peneliti mengungkap, pernapasan lambat secara klinis bisa menekan gairah dan stres yang berlebihan.

Makan yang Baik

Makanan bergizi dapat mengendalikan suasana hati
Makanan bergizi dapat mengendalikan suasana hati/ Foto: Freepik/ Freepik

Mengonsumsi makanan yang bergizi, teratur, dan seimbang akan membantumu merasa lebih baik dan dapat mengendalikan suasana hati. Dilansir dari Web MD, makanan yang dikonsumsi harus mengandung banyak sayuran, buah, biji-bijian, dan protein tanpa lemak untuk mengisi energi. Jika kamu melewatkan makanan yang bergizi, maka suasana hatimu mudah berubah yang berakibat pada meningkatnya stres.

Dengan menerapkan cara sederhana tersebut, kamu menjadi lebih siap untuk menjalani hari dan melakukan banyak hal produktif. Namun jika kamu merasa butuh bantuan tenaga profesional untuk menangani masalah mental maka jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater ya, Beauties.

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id