sign up SIGN UP

7 Cara Tampil Percaya Diri di Tengah Gempuran Beauty Standard yang Mengakar di Masyarakat

Camellia Ramadhani | Beautynesia
Kamis, 12 May 2022 16:30 WIB
7 Cara Tampil Percaya Diri di Tengah Gempuran Beauty Standard yang Mengakar di Masyarakat

Internet dan media sosial membawa pengaruh besar bagi pergeseran sosial-budaya, salah satunya adalah mengubah persepsi masyarakat tentang makna kecantikan dan letaknya dalam skala prioritas. Tidak dipungkiri, banyak perempuan ingin mengikuti standar kecantikan yang ada agar merasa diterima di masyarakat.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki akses terhadap perawatan, bahkan beberapa hal dari tubuh tidak dapat begitu saja diubah. Hal ini kemudian memicu rasa tidak percaya diri yang justru menghambat kemauan seseorang untuk tampil dan berkarya.

Apakah kamu salah satunya, Beauties? Jika kamu tergolong orang yang mudah rendah diri, berikut ini adalah 7 cara untuk tampil percaya diri di tengah gempuran beauty standard yang mengakar di masyarakat. Simak, yuk!

Pegang Prinsip Bahwa Cantik itu Nyaman

Cara Tampil Percaya Diri di tengah Beauty Standard Ketat/Foto: Canva/Natural Women
Cara Tampil Percaya Diri di tengah Beauty Standard Ketat/Foto: Canva/Natural Women

Beauties, banyak yang menyalahartikan bahwa cantik itu hanya punya satu rupa. Padahal, setiap orang diciptakan berbeda dan punya daya tarik unik sendiri-sendiri. Beberapa orang yang takut tidak diterima oleh masyarakat akhirnya mati-matian mengubah dirinya, menghabiskan banyak biaya bahkan mengorbankan kenyamanannya.

Dalam hal ini, kamu bisa belajar dari prinsip aktris Indonesia Pevita Pierce bahwa cantik adalah tentang menjadi nyaman dengan dirimu apa adanya.

"Nggak, ada stereotip cantik itu rambut panjang, hitam, putih, lurus, nggak. Cantik itu adalah ketika kita bisa merasa nyaman dengan diri kita dan bahagia dengan diri kita sendiri. Itu buat kita confident. Ketika kita confident kita jadi cantik” ujar Pevita Pierce dikutip dari laman detikHot.

Utamakan Memperbaiki Inner Beauty

Cara Tampil Percaya Diri di tengah Beauty Standard Ketat/Foto: Canva/Rido
Cara Tampil Percaya Diri di tengah Beauty Standard Ketat/Foto: Canva/Rido

Sering kali orang terlalu dangkal dalam memaknai kecantikan, yakni menghubungkan daya tarik sebatas pada bentuk tubuh semata. Padahal, daya tarik adalah tentang seberapa menyenangkannya seseorang di mata orang lain, dan hal ini seharusnya didominasi oleh inner beauty.

Untuk itu, perbaikan diri adalah hal utama dalam memancarkan keanggunanmu, Beauties. Audrey Hepburn, seorang ikon film dan mode Inggris tahun 90-an punya pernyataan bagus tentang cara menjadi relevan di tengah tuntutan panjang sebagai perempuan. Menurutnya, passion, kasih sayang, kepedulian dan cinta memiliki daya tarik yang kuat bagi manusia.

Pernyataan ini dibenarkan oleh laman Psychologies, bahwa ikatan kasih sayang bertalian dengan hormon oksitosin yang membuat jantung orang yang bersangkutan berdetak lebih cepat. Untuk itu, sebarkan kebaikan dari dalam dirimu untuk menularkan aura positifmu pada sekitar ya, Beauties.

Memaksimalkan Apa yang Dimiliki Sebagai Bentuk Syukur

Cara Tampil Percaya Diri di tengah Beauty Standard Ketat/Foto: Canva/Dean Drobot
Cara Tampil Percaya Diri di tengah Beauty Standard Ketat/Foto: Canva/Dean Drobot

Pernahkah kamu mendengar pepatah “rumput tetangga selalu tampak lebih hijau”? Ini adalah kiasan yang pas untuk menggambarkan bagaimana cara kebanyakan orang menyikapi gempuran beauty standard saat ini.

Ketika melihat kelebihan dalam diri orang lain, seseorang sangat mudah melupakan kelebihan yang ada pada dirinya sendiri. Meskipun dalam bentuk berbeda, kamu tetap harus mensyukuri apa yang kamu miliki, Beauties.  

Jika kamu ingin tampil lebih baik, kamu tidak perlu mengubah kodrat yang sudah menjadi bagian dari dirimu sejak lahir. Yang perlu kamu lakukan hanya memaksimalkannya agar mencapai bentuk terbaiknya. Tidak hanya soal merawat fisik secara konsisten menggunakan cara-cara yang aman, tapi juga menunjukkan versi terbaikmu sebagai manusia dengan kualitas kepribadianmu.

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id