sign up SIGN UP

7 Cara Tampil Percaya Diri di Tengah Gempuran Beauty Standard yang Mengakar di Masyarakat

Camellia Ramadhani | Beautynesia
Kamis, 12 May 2022 16:30 WIB
Jaga Jarak dari Medsos Hingga Jaga Kesehatan Mental

Jaga Jarak dari Medsos Hingga Jaga Kesehatan Mental

Jaga Jarak dari Media Sosial Jika Perlu

Cara Tampil Percaya Diri di tengah Beauty Standard Ketat/Foto: Canva/Urupong
Cara Tampil Percaya Diri di tengah Beauty Standard Ketat/Foto: Canva/Urupong

Banyaknya orang yang menunjukkan kebahagiaannya di media sosial kadang kala memicu efek negatif bagi pembacanya. Ketika pembaca menyadari dia tidak memenuhi patokan beauty standard yang dipuja-puja di media sosial, dia akan otomatis mengkategorikan dirinya sebagai orang yang memiliki kekurangan.

Dilansir dari jurnal Clearvue Health, sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 1.787 orang usia 19 hingga 32 tahun menunjukkan bahwa semakin tinggi frekuensi penggunaan media sosial, semakin rentan orang tersebut terkena depresi. Hal ini karena rasa frustasi membandingkan diri dengan apa yang ada di media sosial, pencapaian-pencapaian mereka, juga bagaimana orang-orang yang dianggap menarik oleh beauty standard mendapatkan perhatian berlebih yang seringkali tidak dimiliki pembacanya.

Jika media sosial adalah pemicu utama rasa rendah dirimu, ada baiknya kamu menghindarinya untuk sementara waktu. Jangan sampai hanya dikarenakan unggahan yang belum tentu benar adanya, kamu jadi kehilangan kepercayaan diri bahkan sampai merasa tidak berharga, Beauties.

Ubah Pandangan Buruk Tentang Diri Sendiri

Cara Tampil Percaya Diri di tengah Beauty Standard Ketat/Foto: Canva/AaronAmat
Cara Tampil Percaya Diri di tengah Beauty Standard Ketat/Foto: Canva/AaronAmat

Perlu diingat, cara orang lain menghargaimu bergantung pada bagaimana kamu memandang dirimu sendiri. Oleh karena itu, buang jauh-jauh penilaian negatifmu tentang dirimu, Beauties!

Apabila kamu meyakini bahwa kamu tidak cantik karena tidak memenuhi kriteria beauty standard tertentu, kamu akan sulit memancarkan energi positif. Padahal, energi positif adalah poin penting dari daya tarik seseorang. Dengan menjadi percaya diri, kamu bisa menularkan energi positif pada orang lain. Dan dengan menghargai diri sendiri, kamu akan lebih mudah menghargai orang lain.

Jaga pikiranmu agar tetap jernih, lalu lihatlah betapa banyak sisi menarik dari dirimu yang selama ini belum kamu perhatikan. Dengan begini, kamu akan lebih bijak menempatkan dirimu di masyarakat agar menjadi bernilai.

Mendukung Sesama Perempuan

Rendah diri akibat tuntutan beauty standard saat ini adalah masalah bagi mayoritas perempuan di Indonesia, bahkan di dunia. Ketika banyak orang merasa terpinggirkan, banyak yang merasa kecewa, saat itulah sebaiknya sesama perempuan saling merangkul untuk menguatkan dan meyakinkan nilai kebaikan satu sama lain. Di sinilah support system harus berperan.

Ketika kamu mau menyempatkan waktu dan tenaga untuk menyemangati sesama perempuan, bahkan meyakinkannya tentang nilai-nilai baik yang ada dalam dirinya, dengan sendirinya kamu sedang melakukan validasi atas kualitas baikmu sendiri. Simpati yang mendapat imbal balik tidak hanya menciptakan ikatan batin, tapi juga memancarkan keindahannya sendiri.

Jika kamu terlibat dalam keindahan persaudaraan, kamu adalah bagian yang indah dan menarik dari ekosistem itu sendiri, Beauties. Tidak seperti kecantikan fisik yang fana, kecantikan dari hati lebih susah digoyahkan sehingga lebih sejati.

Investasi Pada Kekayaan Mentalitas

Cara Tampil Percaya Diri di tengah Beauty Standard Ketat/Foto: Canva/eclipse_image
Cara Tampil Percaya Diri di tengah Beauty Standard Ketat/Foto: Canva/eclipse_image

Tahukah kamu bahwa kesehatan mental sangat berpengaruh bagi daya tarik dan penampilanmu?

Ketika kamu selalu merasa cemas, sedih, bingung atau marah, energi negatif akan muncul ke permukaan dan meliputi seluruh auramu. Rasa rendah diri bisa mendorongmu untuk menjauh dari orang lain. Pada akhirnya, tidak peduli seberapa bagus riasan wajahmu, seberapa sehat kulitmu, atau seberapa mahal bajumu, orang akan berpikir dua kali untuk mengajakmu bicara atau menghabiskan waktu bersama.

Maka dari itu, penting sekali untuk berinvestasi pada kekayaan mentalitas seperti memperluas wawasan, meningkatkan self awareness, memperbaiki sikap dan membentuk kepribadian baik. Dengan wawasan yang luas kamu akan mudah bergaul dan tampak menyenangkan di mata orang lain. Self awareness yang baik akan mendorong pada rasa percaya diri yang baik dan mendorongmu memnacarkan aura bahagia.

Sedangkan kepribadian yang baik akan membuatmu fleksibel saat berkomunikasi dengan siapa saja dan di mana saja. Hal-hal ini tidak termasuk dalam beauty standard masa kini, namun dijamin akan selalu relevan di era apapun dan di budaya manapun.

Itu dia 7 cara untuk tampil percaya diri di tengah gempuran beauty standard yang telah mengakar di masyarakat. Semangat berubah menjadi lebih baik, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id