STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

7 Kebiasaan yang Sering Dianggap Remeh Ini Dapat Memperburuk Rasa Cemas Berlebih, Sudah Tahu?

Natasha Riyandani | Beautynesia
Selasa, 11 Oct 2022 10:30 WIB
7 Kebiasaan yang Sering Dianggap Remeh Ini Dapat Memperburuk Rasa Cemas Berlebih, Sudah Tahu?

Gangguan kecemasan berlebih membuat orang yang mengalaminya merasa khawatir, gelisah, bahkan tidak tenang. Perasaan cemas akan terus menghantui penderitanya, bahkan dapat memberikan dampak buruk bagi tubuh apabila terjadi terus menerus.

Beragam penyebab pun dapat memicu seseorang mengalami kecemasan berlebih. Tak banyak diketahui, kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan ini yang membuat gangguan kecemasan dapat kambuh bahkan memburuk dari waktu ke waktu.

Dilansir dalam Amosuir, ternyata beberapa kebiasaan berikut ini dapat menjadi penyebab rasa cemas semakin buruk. Simak yuk!

1. Minuman Berkafein

Bermacam minuman berkafein dapat menjadi pemicu gangguan kecemasan
Minuman Berkafein/ Foto: Freepik.com/author/freepik

Minum kopi di waktu santai ataupun disela-sela kerja saat ini sudah menjadi kebiasaan bahkan gaya hidup. Tak jarang orang-orang mengonsumsi kopi lebih dari dua gelas dalam sehari.

Padahal, minuman mengandung kafein dapat menjadi pemicu gangguan kecemasan berlebih kambuh, loh. Kafein sering kali memengaruhi kecemasan selama berjam-jam, membuat tubuh terasa gelisah, takut, dan panik.

Jadi, sebaiknya coba untuk membatasi asupan kafein harian dan cobalah beralih dengan mengonsumsi makan-makanan sehat.

2. Melewatkan Makan

Melewatkan waktu makan mampu meningkatkan kecemasan
Melewatkan Makan/ Foto: Freepik.com/author/pvproductions

Sering melewatkan waktu makan ternyata berdampak pada tingkat kecemasan yang kamu rasain, loh. Melewatkan makan dapat menyebabkan hipolikemia yang merupakan gejala emosional seperti marah, gugup, pusing, dan lemas.

Selain itu, melewatkan makan terus menerus dapat memperburuk kondisi tubuh dan dapat menyebabkan terkena beberapa masalah penyakit seperti maag, asam lambung, dan sakit perut.

3. Mengonsumsi Makanan Tinggi Gula

Makanan tinggi gula dapat memperburuk gangguan kecemasan
Makanan Tinggi Gula/ Foto: Freepik.com/author/racool-studio

Makanan dan minuman manis merupakan hal yang perlu dihindari oleh setiap penderita gangguan kecemasan. Meski terkadang ingin mengonsumsi makanan manis sebaiknya dicari yang rendah gula, karena gula menjadi pemicu yang paling umum bagi penderita kecemasan. Dengan mengonsumsi banyak gula akan meningkatkan kecemasan dan reaktivitas terhadap rasa stres yang membuat kecemasan berlebih.

4. Kurang Minum Air Putih

Kurang minum air putih dapat menyebabkan stres karena dehidrasi
Kurang Minum Air Putih/ Foto: Freepik.com/author/svetlanasokolova

Dehidrasi akibat kekurangan cairan dalam tubuh dapat memengaruhi gangguan kecemasan. Dehidrasi bisa menyebabkan stres, kelelahan, dan perasaan gelisah yang membuat tubuh mengalami kecemasan mendadak.

Jadi, pastikan Beauties cukup dalam memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar mendapat energi positif, semangat, dan rasa tenang.

5. Kurang Tidur

Kurang tidur mampu meningkatkan kecemasan berlebih
Kurang Tidur/ Foto: Freepik.com/author/benzoix

Apabila waktu tidur kurang dari delapan jam sehari ternyata mampu meningkatkan pikiran negatif secara berulang dan sulit melupakan suatu pikiran. Hal tersebut merupakan gejala dari gangguan kecemasan, loh. Jadi, pastikan waktu tidurmu cukup ya Beauties.

6. Jarang Olahraga

Jarang berolahraga menyebabkan kecemasan akibat kurang gerak
Jarang Olahraga/ Foto: Freepik.com/author/freepik

Tubuh dirancang untuk bergerak, saat tubuh tidak digunakan untuk berolahraga akibatnya kesehatan fisik dan mental akan menurun. Maka, ketika kamu jarang bergerak dan tidak aktif berolahraga dapat menyebabkan kecemasan.

7. Mengabaikan Rasa Cemas

Mengabaikan rasa cemas dapat memperburuk gangguan kecemasan berlebih
Mengabaikan Rasa Cemas/ Foto: Freepik.com/author/yanalya

Muncul rasa cemas di saat kamu sedang bersantai maupun pada keramaian merupakan sebuah sinyal yang harus kamu ketahui. Sinyal tersebut menunjukkan perasaan bahwa ada hal yang salah, dan Beauties pun harus mengatasinya. Saat perasaan cemas tiba-tiba diabaikan maka gangguan kecemasan akan semakin memburuk bahkan lebih parah lagi.

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE