sign up SIGN UP

Alami Pelecehan Seksual hingga Trauma, 3 Diva Hollywood Ini Berhasil Bangkit dan Raih Kesuksesan

Ghena Oktafira | Beautynesia
Jumat, 17 Dec 2021 14:00 WIB
Alami Pelecehan Seksual hingga Trauma, 3 Diva Hollywood Ini Berhasil Bangkit dan Raih Kesuksesan
caption
Jakarta -

Dikenal karena kecantikan dan prestasinya, siapa sangka tiga diva internasional ini pernah alami pelecehan seksual di masa lalunya? Ironisnya, sang pelaku bahkan ada yang datang dari kalangan orang-orang terdekat yang seharusnya bisa dipercaya. Meski mengaku kesulitan untuk melupakan momen buruk tersebut, akhirnya tiga musisi ini berhasil menyembuhkan trauma yang dimiliki secara perlahan.

Melalui kesuksesannya sebagai public figure, mereka seolah membuktikan pada dunia bahwa penyintas pelecehan seksual pun berhak meraih mimpi dan bukannya malah menjadi bulan-bulanan apalagi direndahkan oleh masyarakat.

Kira-kira siapa saja, sih, para perempuan hebat ini? Yuk, simak!

Kesha

Diva Hollywood alami pelecehan seksual
Kesha Rose Sebert/Instagram.com/iiswhoiis

Pada tahun 2014, penyanyi bernama lengkap Kesha Rose Sebert ini pernah melayangkan tuntutan kepada produser musiknya sendiri, yakni Dr. Luke atas tuduhan pelecehan seksual yang ia alami selama 10 tahun lamanya. Kesha menuturkan bahwa sejak ia bekerja di bawah payung rekaman milik Dr. Luke, pria tersebut kerap memperkosanya saat pelantun lagu Tik Tok ini pingsan akibat suntikan obat bius.

Tak hanya sampai di situ, Dr. Luke juga diketahui telah melakukan pelecehan secara verbal terhadap Kesha hingga perempuan cantik berambut pirang ini mengalami depresi berat dan menderita Bulimia nervosa. Akibat pernyataannya tersebut, banyak rekan sesama penyanyi yang turut mendukung Kesha dengan cara memberikan semangat dan menggalang dana.Begitu pula dengan para fansnya yang bahkan ikut menemani sang idola hingga ke pengadilan.

Sayangnya tuntutan Keisha ditolak oleh Hakim Agung Manhattan, Shirley Kornreich, karena kurangnya bukti fisik yang dapat ditunjukkan. Sebaliknya, ia justru digugat oleh Dr. Luke atas pencemaran nama baik.

Menyikapi ketidakadilan tersebut, ia pun menuangkan perasaannya melalui sebuah lagu berjudul Praying yang dirilis dalam album bertajuk Rainbow pada tahun 2017. Pasca kejadian buruk yang dialaminya, Kesha tetap tegar berdiri dan terus melahirkan karya-karya musik barunya. 

Lady Gaga

Diva Hollywood alami pelecehan seksual
Lady Gaga/Instagram.com/ladygaga

Diva pop yang dijuluki “Mother Monster” oleh fansnya ini ternyata juga pernah alami kasus pelecehan seksual. Dalam tayangan The Me You Can’t See yang dibawakan oleh Oprah Winfrey, Lady Gaga menceritakan bahwa ia pernah mengalami gangguan kesehatan mental berupa Post Traumatic Stress Disorder (PTSD) setelah dilecehkan oleh seorang produser musik di awal-awal masa kariernya.

Di usianya yang masih 19 tahun, ia mau tak mau harus menuruti kemauan sang produser untuk membuka seluruh pakaiannya ketika sedang berada di studio. Jika ia berani menolak, maka karya-karyanya terancam rusak. Akibat kejadian kelam tersebut pelantun Bad Romance ini pun hamil.

Stres yang dirasakannya membuat kesehatan Lady Gaga menurun drastis kala itu. Ia bahkan harus dilarikan ke rumah sakit hingga berminggu-minggu lamanya dan menjalani terapi mental. Meskipun awalnya ia sempat menyalahkan dirinya sendiri atas kisah kelam di masa lalu, Lady Gaga tetap berusaha bangkit dan berjalan menjauhi kenangan buruk tersebut. Terbukti, kini ia sudah mampu menguatkan dirinya, bahkan turut membela Kesha atas kasus pelecehan seksual yang menimpanya.

Taylor Swift

Diva Hollywood alami pelecehan seksual
Taylor Swift/Instagram.com/taylorswift

Keberanian pelantun Look What You Made Me Do ini dalam mengungkap kasus pelecehan seksual yang dilakukan oleh seorang penyiar radio, David Mueller, terhadap dirinya telah membuat Taylor Swift meraih gelar The Silence Breaker dari Majalah TIME di tahun 2017 lalu.

Saat itu perempuan yang identik dengan lipstik merah ini mengaku bahwa David telah meraba bokongnya saat mereka sedang foto bersama usai konser album Red di Denver, Colorado. Taylor begitu yakin bahwa pria tersebut melakukannya dengan sengaja karena saat ia mencoba menepis, tangan David tetap diam dan tak berpindah.

Ia yang tak berkenan dengan tindakan tak senonoh itu pun akhirnya melaporkan David ke pengadilan Colorado. Setelah kemenangannya dalam persidangan, Taylor mengaku akan tetap memperjuangkan suara korban pelecehan lainnya. Ia pun berjanji untuk terus memberikan sumbangan materi ke beberapa organisasi yang fokus membantu penyintas kekerasan seksual agar dapat membela dirinya sendiri.

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id