sign up SIGN UP

Alasan Kenapa Hanya dengan Melihat Ruangan Bersih dan Rapi, Bisa Bikin Auto-Bahagia!

Deviena Nur Fadillah | Beautynesia
Minggu, 21 Aug 2022 20:00 WIB
Alasan Kenapa Hanya dengan Melihat Ruangan Bersih dan Rapi, Bisa Bikin Auto-Bahagia!
caption

Banyak orang mencari cara agar dirinya bisa bahagia. Banyak cara pun dilakukan, mulai dari yang terbilang sederhana sampai rela merogoh kocek dalam-dalam. Beauties tahukah kamu kalau punya ruangan yang bersih dan rapi bisa bikin bahagia? Kamu nggak salah baca, lho!

Dr Prerna Kohli, psikolog klinis kepada Health Shots mengungkap bagaimana indera penglihatan dapat membawa kita menjadi bahagia. Yaitu dengan melihat sesuatu yang baik, bersih, juga hal-hal sekitar yang menarik perhatian mata karena keindahannya, dan bahkan hanya dengan sekadar membayangkannya saja.

Sebuah studi mengungkap bahwa dengan menghabiskan waktu dengan orang tercinta maupun berolahraga, merupakan hal-hal yang bikin bahagia. Namun berikutnya adalah momen ketika berhubungan dengan sesuatu yang berhubungan dengan keindahan, seperti ketika mereka menyaksikan teater, ballet, atau lukisan.

"Reaksi emosional dapat dipandu oleh informasi sensorik," ungkapnya.

Ruangan yang Berantakan Bisa Picu Stres

Ruangan yang berantakan bisa memunculkan rasa tidak nyaman./Foto: Freepik/wayhomestudio
Ruangan yang berantakan bisa memunculkan rasa tidak nyaman./Foto: Freepik/wayhomestudio

Sebaliknya, menurut psikolog Sherrie Bourg Carter, Psy.D  seperti dikutip dari Psychology Today, kekacauan atau berantakan bisa mendatangkan rasa stres lho, Beauties. Menurutnya rumah atau ruangan kerja yang berantakan bisa membuat kita merasa cemas, tidak berdaya, juga kewalahan.

Dirinya menyebut, misalnya ketika melihat hal yang berantakan, maka memberi rangsangan berlebih dan memacu diri untuk bekerja lebih lagi. Namun sayangnya, dari hal yang mungkin terlihat sepele tadi yaitu ruangan yang berantakan, jarang sekali dikenali sebagai sumber stres yang signifikan dalam hidup.

Ruangan yang berantakan juga membuat kamu sulit menemukan benda penting karena misal terselip, sehingga harus merasakan pengalaman stres yang seharusnya bisa dihindari.

Kamar yang bersih dan rapi membuat tidur lebih nyenyak | Foto: unsplash.com/volha-flaxecoIlustrasi merapikan kamar / Foto: Unsplash.com/volha-flaxeco

Untuk itu, yuk bikin ruangan kerja dan rumah kamu terjaga kebersihan dan kerapihannya, Beauties! Kamu juga bisa meletakkan foto atau lukisan yang indah di meja kerja agar kerjanya semakin semangat.

Selain itu, mengunjungi tempat baru yang menawarkan keindahan pemandangan juga bisa solusi untuk memanjakan mata. Tertarik mencobanya?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id