sign up SIGN UP

Alasan Mengapa Women Empowerment Sangat Penting, Sudahkah Kamu Turut Andil?

Salsabila Pratiwi | Beautynesia
Jumat, 17 Jun 2022 23:30 WIB
Alasan Mengapa Women Empowerment Sangat Penting, Sudahkah Kamu Turut Andil?
caption

Beauties, mungkin kamu sudah tidak asing dengan istilah women empowerment. Di tengah diskriminasi gender yang masih ada hingga kini, perempuan masih banyak diharapkan untuk di rumah saja dibandingkan dengan berkarier atau menempuh pendidikan tinggi. Perempuan juga dianggap lebih lemah dan tidak bisa menjadi pemimpin bahkan masih ada pemberlakuan upah yang lebih rendah untuk perempuan.

Dari bentuk diskriminasi di atas, tentu empowering women atau pemberdayaan perempuan sangat dibutuhkan di masyarakat. Walaupun banyak tantangannya, pemberdayaan perempuan sangatlah penting, yuk bahas bersama!

Apa Itu Women Empowerment?

Walau Banyak Kendala, Women Empowerment Sangat Penting, Apakah Kamu Sudah Turut Andil?
Women Empowerment/Foto: pexels.com/Karolina Grabowska

Memberdayakan perempuan berarti memberikan perempuan hak, tanpa memandang gendernya. Perempuan dapat memiliki hak yang sama untuk berpartisipasi dalam pendidikan, masyarakat, ekonomi dan politik. Perempuan dapat terlibat dalam masyarakat karena mereka memiliki hak dalam memilih dalam berbagai aspek.

Perempuan juga diperbolehkan mengenyam pendidikan tinggi seperti halnya pria. Mereka dapat mengenyam pendidikan, mempelajari keterampilan dan belajar apa pun yang mereka inginkan. Perempuan juga dapat bergabung dalam politik karena mereka memiliki hak untuk memilih dan melakukan beberapa kegiatan di bidang politik.

Dikutip dari Love Destination, pemberdayaan perempuan juga bisa diartikan sebagai self-love karena memungkinkan perempuan untuk memprioritaskan diri mereka sendiri dan kebutuhan mereka untuk menjalani hidup sesuai dengan apa yang mereka kehendaki.

Kendala Pemberdayaan Perempuan

Walau Banyak Kendala, Women Empowerment Sangat Penting, Apakah Kamu Sudah Turut Andil?
Kendala/Foto: pexels.com/Ron Lach

Menurut Bank Dunia, kurang dari setengah (46,9 persen) dari semua perempuan di seluruh dunia adalah bagian dari angkatan kerja aktif, sedangkan tiga perempat dari total populasi pria merupakan sisanya. Kesetaraan gender dan pembangunan berkelanjutan saling terkait. Sulit bagi ekonomi untuk maju jika mereka kurang memanfaatkan setengah potensi sumber daya manusia mereka.

Menurut mantan Sekjen PBB, pemberdayaan perempuan merupakan hal yang paling efektif untuk pembangunan ekonomi. Namun, beberapa hambatan membuat mereka tidak dapat berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi dengan sukses. Beberapa kendala tersebut antara lain:

  • Di negara-negara ketiga atau terbelakang, anak perempuan lebih kecil kemungkinannya untuk bersekolah daripada pria. Di Asia Selatan dan Barat, 80 persen anak perempuan putus sekolah dibandingkan dengan hanya 16 persen anak pria.
  • Kejahatan terhadap perempuan marak bahkan di abad ke-21, termasuk pemerkosaan.
  • Perempuan memiliki tingkat pengangguran yang lebih tinggi daripada pria. Mereka juga mendapatkan kurang dari 79 persen dari sisi upah dibandingkan pria. Pengusaha perempuan juga memiliki akses terbatas ke peluang dan dukungan pendanaan saat memulai bisnis.
  • Budaya patriarki berkontribusi pada diskriminasi terhadap perempuan. Anak perempuan di seluruh dunia mengalami pelecehan seksual, aborsi selektif, pembunuhan bayi perempuan, kekerasan dalam rumah tangga, dan lainnya.
  • Perempuan yang bekerja sering kali merasa tempat kerja tidak aman dan didiskriminasi oleh rekan kerja atau atasan pria mereka. Sebuah studi tahun 2018 menunjukkan bahwa 81 persen perempuan menghadapi pelecehan seksual di kantor mereka. 

Mengapa Women Empowerment Penting?

Walau Banyak Kendala, Women Empowerment Sangat Penting, Apakah Kamu Sudah Turut Andil?
Pentingnya Women Empowerment/Foto: pexels.com/Pavel Danilyuk

Pemberdayaan perempuan memungkinkan perempuan untuk memainkan peran penting dalam masyarakat. Ketika perempuan berdaya dan mampu berpartisipasi dalam masyarakat, kebutuhan dan hak mereka akan didengar dan ditegakkan yang akan berdampak pada keselamatan, kesejahteraan serta kemampuan untuk mengendalikan kehidupan akan meningkat. 

Pemberdayaan perempuan adalah bagian untuk mendorong perempuan untuk berkarya dan bisa mendapatkan uang untuk menghidupi keluarga dengan bekerja melalui kemampuan mereka. Pemberdayaan perempuan juga membantu mengurangi kekerasan dalam rumah tangga seperti pelecehan seksual, pelecehan emosi, dan kekerasan fisik.

Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Memberdayakan Perempuan

Group of fashionable women standing together in a studio. Diverse women looking at the camera while standing against a studio background. Four female friends looking confident in a studio.Ilustrasi perempuan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/jacoblund

Pemberdayaan perempuan banyak berinvestasi dalam kesejahteraan dan pemberdayaan, mendorong perempuan untuk melepaskan diri dari peran tradisional yang membelenggu dan menghilangkan stereotip gender. 

Hal-hal yang bisa dilakukan yaitu:

  • Memudahkan akses informasi dan pendidikan untuk perempuan.
  • Mengasah kemampuan perempuan dengan pelatihan di komunitas dan menyalurkan ke bidang profesional untuk mengembangkan kemampuannya.
  • Ajak berkumpul dengan anggota komunitas yang memiliki tujuan sama yaitu pemberdayaan perempuan.
  • Perkenalkan media sosial baik manfaat yang akan didapatkan maupun dampak buruk yang bisa dihindari.
  • Buat perempuan di sekitarmu merasa aman untuk mengekspresikan dirinya.
  • Dukung perempuan untuk menjalankan usaha baik tingkat kecil, menengah hingga besar.
  • Dukung kepemimpinan perempuan.
  • Selalu tunjukkan kepedulianmu.

Ada begitu banyak cara untuk memberdayakan perempuan, dan kamu dapat melakukan bagianmu hanya dengan membantu salah satunya. Jadi, akan lebih banyak kekuatan untukmu dan para perempuan lainnya yang merasa terbantu dan berdaya. 

Mendorong pemberdayaan perempuan bisa dimulai dari hal kecil. Mulailah dari rumah, tempat kerja, dan komunitas, untuk berterima kasih dan mengapresiasi untuk menunjukkan bahwa kamu menghargai mereka dengan apapun yang mereka lakukan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id