STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

4 Buku Karya Penulis Perempuan Indonesia Ini Angkat Tema Stereotip Gender dan Isu Feminisme, Wajib Baca!

Retno Anggraini | Beautynesia
Senin, 16 May 2022 13:00 WIB
4 Buku Karya Penulis Perempuan Indonesia Ini Angkat Tema Stereotip Gender dan Isu Feminisme, Wajib Baca!

Isu kesetaraan gender sampai saat ini masih menjadi masalah serius dan harus terus diperjuangkan. Meski demikian, sudah banyak perempuan yang membuktikan bahwa mereka bisa menjadi apa yang mereka inginkan. 

Salah satu booktuber Indonesia, Kanaya Sophia, merekomendasikan beberapa buku lokal yang ditulis oleh perempuan-perempuan hebat melalui channel YouTube-nya. Siapa saja? Yuk, simak buku-buku karya penulis perempuan lokal yang angkat isu stereotip gender dan feminisme berikut ini.

Girls & Tech - Ollie

Buku Girls & Tech karya Ollie
Buku Girls & Tech karya Ollie/Foto: Instagram.com/fierofea.books

Girls and technology are a win-win combination. Menjadi akrab dengan teknologi memungkinkan perempuan untuk sukses dan bisa bekerja dari mana saja. Selama kamu mau berusaha dan tidak takut salah, tidak ada alasan untuk melewatkan serunya berkutat di dunia yang identik dengan pria. Perempuan jangan takut mencoba teknologi!

Buku ini menceritakan pengalaman penulis saat pertama kali bersentuhan dengan teknologi. Kamu juga akan menemukan penggalan kisah-kisah penuh inspirasi dari perempuan-perempuan yang sudah lebih dulu berkecimpung di dunia teknologi.

Ada salah satu bagian dari buku ini yang menyadarkan para pembaca bahwa perempuan memiliki keunggulan yang membuat mereka menonjol dan setara dengan pria.

Empowered Me - Puty Puar

Buku Empowered Me karya Puty Puar
Buku Empowered Me karya Puty Puar/Foto: Instagram.com/byputy

Perempuan yang sudah menikah juga bisa berdaya. Perempuan berdaya menurut Puty Puar adalah perempuan yang memiliki kekuatan atau kemampuan untuk memilih dan mengambil keputusan untuk hidupnya sendiri.

Tidak peduli apakah statusnya sudah menikah atau belum, setiap perempuan punya hak untuk berdaya, memilih pilihannya sendiri, serta bertanggung jawab atas pilihannya tersebut.

Buku Empowered Me juga dihiasi dengan ragam ilustrasi dengan warna senada yang membuat kamu ingin terus membaca sampai habis. Buku ini sangat cocok dibaca jika kamu:

  • Sering merasa insecure dengan pencapaian orang lain di media sosial.
  • Sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain.
  • Bingung menentukan pilihan hidup karena merasa terlalu banyak yang ingin diraih.

Mengapa Pernikahan Memuakkan - Sophia Mega

Buku Mengapa Pernikahan Begitu Memuakkan karya Sophia Mega
Buku Mengapa Pernikahan Memuakkan karya Sophia Mega/Foto: Instagram.com/possessivereader

Pernikahan begitu memuakkan, begitu kata banyak orang. Mulai dari membutuhkan biaya yang tidak sedikit hingga harus kehilangan diri dan cita-cita karena menikah. Tapi, pernahkah kamu bertanya-tanya apa iya pernikahan itu memuakkan?

Buku Mengapa Pernikahan Memuakkan merupakan esai yang ditulis oleh penulis untuk mengungkapkan kegelisahannya terhadap stereotip-stereotip yang ada di masyarakat, seperti perempuan yang telah menikah hanya mengurus masalah rumah tangga.

Buku ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang saat ini sedang bertanya-tanya tentang arti pernikahan, nih, Beauties.

Muslimah yang Diperdebatkan - Kalis Mardiasih

Buku Muslimah yang Diperdebatkan karya Kalis Mardiasih
Buku Muslimah yang Diperdebatkan karya Kalis Mardiasih/Foto: Instagram.com/bukumojok

Satu lagi buku soal stereotip gender rekomendasi dari Beautynesia: Muslimah yang Diperdebatkan karya Kalis Mardiasih

Mengapa perempuan selalu salah? Mengapa perempuan tidak boleh bicara? Mengapa perempuan harus menjadi pihak yang paling ikhlas, paling sabar, dan paling tidak boleh melawan?

Buku Muslimah yang Diperdebatkan merupakan kumpulan esai tentang opini penulis mengenai fenomena muslimah dan isu kesetaraan gender dalam perspektif Islam di Indonesia. Meski topik-topik yang ditulis dalam buku ini tergolong berat, penulis menyampaikannya dengan bahasa sehari-hari sehingga lebih mudah untuk dipahami.

Itulah 4 buku karya penulis perempuan Indonesia yang mengangkat isu feminisme dan stereotip gender. Jangan lupa untuk dimasukkan dalam reading list kamu, ya, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE