sign up SIGN UP

Artis Senior Rima Melati Meninggal Dunia, Penyakit Dekubitus Jadi Penyebabnya Masuk ICU

Rini Apriliani | Beautynesia
Kamis, 23 Jun 2022 18:08 WIB
Artis Senior Rima Melati Meninggal Dunia, Penyakit Dekubitus Jadi Penyebabnya Masuk ICU
Artis Senior Rima Melati Meninggal Dunia Sore Ini/Foto: Radian/detikcom
Jakarta -

Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air. Rima Melati, artis senior yang telah malang-melintang diberbagai judul sinetron dan film ini meninggal dunia di usia 84 tahun. 

Ia meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto, Kamis (23/6) pukul 15.25 WIB. Sang anak, Aditya pun telah mengonfirmasi hal ini. 

"Betul," kata Aditya, seperti yang dikutip dari detikHot. 

Meski telah mengonfirmasi terkait kebenaran kabar duka ini, Aditya masih belum bisa memberikan banyak keterangan terkait penyebab utama meninggal dunianya sang ibunda. 

Masuk ICU Sejak Awal Juni 2022

Rima MelatiRima Melati/ Foto: Dok. detikHOT

Diketahui, Rima Melati memang telah masuk ICU sejak awal Juni 2022. Ia pun mendapat perawatan intensive. Namun, kondisi kesehatannya terus mengalami penurunan. 

Menurut Widyawati, sahabat Rima sesama artis senior menyampaikan jika Rima Melati pun mengidap dekubitus.

"Kondisinya memang drop, fisiknya lebih kurus dari sebelumnya. Itu karena dekubitus. Jadi luka yang di belakang, yang biasanya kalau kita terlalu lama tidur itu yang membuat luka. Akhirnya itu jadi kemana-mana," kata Widyawati dalam sambungan telepon bersama detikHot. 

Turut Mengidap Dekubitus

Rima MelatiRima Melati/ Foto: Radian/detikcom

Mengutip Healthline, penyakit ulkus dekubitus yang diderita oleh Rima Melati ini disebabkan oleh tekanan yang berkepanjangan pada kulit, setelah berbaring terus menerus dalam jangka waktu lama. 

Hal ini menyebabkan kulit menjadi rusak. Adapun beberapa bagian yang sering mengalami ulkus dekubitus adalah sekitar pinggul, tumit, dan tulang ekor.

Lalu, ada juga beberapa faktor yang membuatnya makin parah, seperti:

  • Sirkulasi udara yang buruk
  • Kelembapan yang berlebihan
  • Iritasi kulit seperti urine dan feses
  • Gesekan

Nama Rima Melati telah harum sejak era 60an. Ia menjadi deretan artis senior yang memiliki karier gemilang. Beberapa penghargaan pun pernah ia dapatkan. 

Adapun beberapa film terakhir yang ia ikut serta perankan adalah dalam film Ayah, Mengapa Aku Berbeda (2011) dan Senjakala di Manado (2016).

Selamat jalan Rima Melati. Dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id