sign up SIGN UP

Merasa Hampa dan Sulit Mengekspresikan Diri? Kenali Istilah Emotional Numbness dan Cara Mengatasinya

Salsabila Rimawan | Beautynesia
Rabu, 16 Mar 2022 23:30 WIB
Merasa Hampa dan Sulit Mengekspresikan Diri? Kenali Istilah Emotional Numbness dan Cara Mengatasinya
caption
Jakarta -

Beauties, pernahkah kamu terkadang merasa tidak ada hal yang berarti? Kamu pun juga tidak tahu, apakah di hari itu kamu sedih, senang atau merasakan perasaan tertentu.

Lalu, apa pun yang kamu lakukan, baik atau buruk, rasanya tidak akan memengaruhi suasana hati secara signifikan. Jika ini terjadi kepadamu, mungkin kamu mengalami mati rasa emosional atau emotional numbness.

Bagaimana bisa seseorang merasakan mati rasa emosional atau emotional numbness? Dan apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya? Keep scrolling down to know more, Beauties!

Apa Itu Emotional Numbness?

Merasa Hampa dan Sulit Mengekspresikan Diri, Kenali Istilah Emotional Numbness
Definisi Emotional Numbness/Foto: pexels.com/Pixabay

Dikutip dari Very Well Mind, mati rasa emosional atau emotional numbness adalah keadaan di mana seseorang tidak merasakan atau mengekspresikan emosi. Menurut Mayra Mendez, PhD, LMFT, seorang psikoterapis  di Pusat Pengembangan Anak dan Keluarga di Saint John, mati rasa emosional adalah proses mental dan emosional untuk menutup perasaan dari hal yang sedang dialami.

Faktanya, mati rasa emosional seringnya bersifat sementara. Namun, bagi sebagian orang, mati rasa emosional menjadi strategi untuk melindungi diri mereka dari rasa sakit emosional atau fisik lebih lanjut. 

Mantra Care menyebutkan bahwa seseorang yang mengalami emotional numbness bisa tidak merasakan apa-apa ketika mereka dalam keadaan mati rasa secara emosional. Orang dengan emotional numbness tidak memiliki kemampuan untuk mengungkapkan perasaan, bahkan jika itu melalui orang lain.

Selain itu, beberapa orang bisa sangat 'datar' selama mengalami mati rasa secara emosional. Mereka juga mengalami kesulitan menunjukkan emosi positif, seperti kebahagiaan atau kegembiraan untuk hal-hal kecil hingga emosi negatif seperti kesedihan, kemarahan, kecemasan, dan ketakutan.

Mengapa Orang Bisa Alami Emotional Numbness?

Merasa Hampa dan Sulit Mengekspresikan Diri, Kenali Istilah Emotional Numbness
Yang Dirasakan Oleh Orang yang Mengalami Emotional Numbness/Foto: pexels.com/Engin Akyurt

Merasa mati rasa secara emosional dapat terjadi sebagai akibat dari rasa sakit fisik atau emosional. Dalam upaya melindungi diri agar tidak disakiti lagi, tidak jarang seseorang mematikan perasaan pada situasi tersebut. Berbagai alasan lainnya yang dapat menyebabkan emotional numbness adalah trauma, stres kronis, depresi, kecemasan hingga menarik diri dari teman dan keluarga.

Cara Mengatasi Emotional Numbness

Merasa Hampa dan Sulit Mengekspresikan Diri, Kenali Istilah Emotional Numbness
Cari Bantuan/Foto: pexels.com/Liza Summer

Ciri seseorang mengalami emotional numbness di antaranya merasa hampa karena rasanya seperti ada perisai yang menghalangi segala jenis emosi untuk masuk. Selain itu, mereka juga sulit merasakan empati terhadap orang lain, hingga mengalami anhedonia, yaitu ketidakmampuan untuk merasakan kesenangan dari aktivitas yang dulunya menyenangkan.

Jika kamu mengalami salah satu dari tanda-tanda ini, penting untuk berbicara dengan seseorang tentang bagaimana perasaanmu, sehingga kamu bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan memotivasi kamu untuk mendapatkan penyembuhan dari profesional.

Kesehatan mental berdampak pada setiap aspek kehidupan. Kesehatan mental yang baik pada dasarnya memungkinkan seseorang untuk secara efektif menghadapi tantangan hidup sehari-hari dan juga berinteraksi. 

Jika kamu merasa tidak baik-baik saja, seperti merasakan mati rasa secara emosional atau masalah kesehatan mental lainnya, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan tenaga kesehatan profesional, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id