sign up SIGN UP

Belum Siap Jalani Vegan atau Vegetarian? Ini 3 Tipe Diet Nabati yang Masih Bisa Makan Daging

| Sabtu, 11 Sep 2021 08:00 WIB
Belum Siap Jalani Vegan atau Vegetarian? Ini 3 Tipe Diet Nabati yang Masih Bisa Makan Daging
caption
Jakarta -

Pelaku diet berbasis tumbuhan atau plant-based diet terus mengalami kenaikan. Terbukti dari data yang dicatat oleh Plantsprotein.co. Sebanyak 6% konsumen di Amerika Serikat mengatakan bahwa mereka vegan.

Angka tersebut menunjukkan kenaikan jumlah sebanyak 6 kali atau 500% dari 2014 yang hanya mengalami 1% dari tahun sebelumnya. Di tambah lagi, pendaftar tantangan diet vegan di Inggris, Veganuary 2021, meningkat 25% dari 2020.

Banyak alasan seseorang melakukan plant-based diet. Mulai dari ingin menantang diri sendiri, kesehatan, hingga isu lingkungan. Vegan dan vegetarian adalah dua jenis diet plant-based yang kerap kita jumpai di masyarakat. Namun, tahukah kamu kalau diet plant-based tidak sebatas pada dua pola makan tersebut saja?

Minuman diet yang dapat menurunkan berat badan dengan cepatIlustrasi plant-based diet. (Foto: Getty Images/iStockphoto)

Dikutip dari Clean Green Simple dan Lettuce Veg Out, ada tiga tipe plant-based diet yang bisa menjadi opsi apabila kamu masih belum yakin untuk menjalani diet berbasis nabati tipe vegan atau vegetarian, yang menyingkirkan segala macam daging dari piring. Apa sajakah tipe diet plant-based yang dimaksud? Check this out, Beauties!

Diet Pescatarian

Jangan sedih kalau kamu belum yakin bisa say goodbye dengan daging. Sebab, kamu bisa mengadopsi tipe diet plant-based pescatarian sebagai pola makan sehari-harimu. Dengan menjalani diet ini, kamu masih bisa makan daging ikan, lho.

Dikutip dari Clean Green Simple, pola makan pescatarian ialah jenis pola makan nabati yang sering dikelompokkan bersama dengan pola makan vegetarian, karena mengecualikan semua jenis daging kecuali ikan, kerang, dan makanan laut lainnya.

Diet pescatarian.Diet pescatarian./ Foto: unsplash.com/Sebastian Coman Photography

Umumnya, diet ini dilakukan untuk mendapat asupan protein yang berkualitas tinggi, seperti lemak omega-3 yang menyehatkan jantung. Beberapa pelaku diet pescatarian juga masih mengonsumsi produk susu, telur, tetapi beberapa tidak mengonsumsinya. Secara teknis, tipe diet pescatarian yang masih mengonsumsi produk turunan dari heran ini dinamakan diet pescatarian lakto-ovo. 

Diet Mediterania

Menurut penelitian, diet Mediterania adalah pola makan yang terbukti bermanfaat bagi kesehatan, terutama kesehatan jantung. Dilansir dari Lettuce Veg Out, diet Mediterania adalah diet makanan nabati, seperti sayuran, buah, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Bikin Langsing dan Sehat, Diet Green Mediterania Kini Jadi TrenDiet Mediterania/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Olgaorly

Selain itu, ada juga ikan, makanan laut, minyak zaitun, dan anggur merah dalam porsi sedang. Daging olahan, daging merah, dan manisan dalam jumlah terbatas. Unggas, telur, dan produk susu juga dimasukkan ke dalam menu makanan tetapi dalam porsi yang lebih kecil, dan lebih jarang.

Uniknya, diet Mediterania juga menekankan untuk menikmati makanan bersama orang lain, dan membangun suasana makan yang positif.

Diet Flexitarian

Diet yang satu ini cukup populer karena alasan yang baik. Banyak orang mulai mencari cara untuk meningkatkan kesehatan dan mengurangi dampak lingkungan dengan pilihan menu makanan, tetapi mungkin tidak ingin benar-benar menghilangkan produk hewani.

7 Program Diet Sehat Terbaik 2021 Flexitarian Ada di Urutan PertamaDiet Flexitarian/ Foto: Eat This Not That

Diet flexitarian memiliki pola makan nabati yang mirip dengan pola makan vegetarian. Namun terbilang lebih fleksibel. Diet ini masih memungkinkan kamu makan daging atau produk hewani lainnya ke dalam makanan, tetapi lebih jarang, dan dalam jumlah yang lebih sedikit.

Dikutip dari Lettuce Veg Out, penelitian menunjukkan penurunan konsumsi makanan hewani untuk meningkatkan hasil kesehatan, dan diet flexitarian ini bisa jadi awal untuk memulai hidup sehat.


Our Sister Site

mommyasia.id