sign up SIGN UP

Berniat Staycation? Rating Hotel Ternyata Nggak Bisa Dijadikan Patokan Soal Kualitas! Kenapa?

Fina Prichilia | Beautynesia
Sabtu, 05 Mar 2022 07:00 WIB
Berniat Staycation? Rating Hotel Ternyata Nggak Bisa Dijadikan Patokan Soal Kualitas! Kenapa?
caption
Jakarta -

Salah satu pilihan staycation di hotel adalah hotel berbintang, sebab ingin mengalami pengalaman menyenangkan dan tak terlupakan. Dalam memilih hotel, biasanya rating dijadikan patokan.

Padahal mengutip dari laman The Sun, bintang lebih mengarah pada fasilitas yang ditawarkan hotel menurut pakar dari Net Voucher Codes. Sehingga bukan mengacu pada kualitas.

"Rating hotel tidak memiliki standar khusus di seluruh dunia. Dan, banyak yang hanya merupakan indikator fasilitas, bukan mengacu kepada kualitas," katanya.

Ilustrasi hotel/pexels.com/ Quark StudioIlustrasi hotel/pexels.com/ Quark Studio/

Nggak berhenti di situ, ia juga menambahkan kalau rating hotel yang diberikan bisa saja tidak murni betulan, alias dilebih-lebihkan pihak tertentu, Beauties.

"Operator paket wisata cenderung menjadi pihak yang paling murah hati memberikan bintang lebih tinggi," lanjutnya.

Cek Foto dan Ulasan Tamu

Ilustrasi HotelIlustrasi Hotel/ Foto: Dok. Freepik

Sebagai tip tambahan, Andi dan Julian Benner-Price, pemilik The 25 B&B do Torquay menganjurkan supaya traveler melihat foto yang diambil tamu. Itu karena dianggap jujur dibanding foto-foto dari pihak penginapan, yang tentunya mengambil angle terbaik sebelum dipajang.

Selain itu untuk mengetahui layanan hotel, sebaiknya juga kamu membaca ulasan tamu. Semakin banyak ulasannya, dinilai akan semakin bagus.

Layanan Paket Lengkap untuk Hotel Bintang 5

Sementara itu sebagai pertimbangan lainnya, perusahaan perjalanan mewah Five Star Alliance dikutip dari detikTravel, menyebut beberapa kriteria.

Di antaranya hotel bintang lima mereka harus memiliki layanan pramutamu yang ditawarkan, setidaknya 16 jam per hari, serta resepsionis 24 jam.

Penjaga pintu, butler, parkir valet serta penitipan anak juga menjadi salah satu penilaian. Layanan lain yang harus mereka tawarkan juga mencakup penitipan bagasi dan layanan tata graha harian, serta antar-jemput bandara.

Di dalam kamar hotel bintang 5 juga biasanya menyediakan fasilitas seperti jubah mandi dan sandal, serta mini bar, Wi-Fi, menu bantal, hingga surat kabar harian.

Bahkan, ada hotel bintang lima yang memiliki kamar VIP khusus hanya untuk selebriti. Bagaimana Beauties, sudah tentukan ingin staycation di mana?

[Gambas:Video Beautynesia]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id