sign up SIGN UP

Biar Disenangi dalam Pergaulan, 3 Trik Psikologi ini, Wajib Kamu Coba!

Aulia Septia Wati | Beautynesia
Kamis, 23 Jun 2022 06:00 WIB
Biar Disenangi dalam Pergaulan, 3 Trik Psikologi ini, Wajib Kamu Coba!
Disukai dalam pergaulan/Pexels/Elevate

Beauties, siapa sih yang tidak ingin disenangi dalam pergaulan? Sebagai makhluk sosial, kita tentunya harus berinteraksi dengan orang lain dalam kehidupan sehari-hari. Baik interaksi dengan keluarga, teman sekolah, rekan kerja, dan sebagainya.

Dalam berinteraksi dengan orang, apalagi dalam satu grup tertentu, pastinya kita ingin menciptakan kesan yang baik tentang diri kita. Dengan begitu, orang lain akan menyukai kepribadian kita dan akan senang berada di sekitar kita.

Membuat orang lain menyukai kita bukanlah hal yang mudah, karena kita harus berhadapan dengan kepribadian lain yang kompleks dan tentunya bermacam-macam sifat. Namun, ada beberapa trik psikologi yang secara umum, bisa kamu coba untuk memenangkan hati orang agar kamu disenangi dalam pergaulan.

Penasaran apa saja triknya? Cermati bareng penjelasan di bawah, yuk.

1. Panggil Nama Mereka 

Trik psikologi agar disenangi dalam pergaulan
Nama orang/Pexels/Heiner

Mungkin kamu berpikir memanggil nama orang ketika mengobrol tidak terlalu berpengaruh. Kamu lebih suka menyapa dengan sapaan “hai” atau memanggil dengan kata ganti “kamu”.

Padahal, menyebut nama lawan bicaramu ketika mengobrol bisa menjadi cara untuk mengambil hati mereka. Memanggil seseorang dengan Namanya akan membuatnya merasa dihargai, sehingga ia akan lebih mudah untuk mendengarkan dan berbicara denganmu.

2. Anggukkan Kepala Ketika Mereka Berbicara 

Trik psikologi agar disenangi dalam pergaulan
Mengangguk ketika orang berbicara/Pexels/Fauxels

Saat orang lain sedang berbicara atau bercerita, seringlah mendengarkan sambil sesekali menganggukkan kepala. Menganggukkan kepala kepada lawan bicara adalah cara untuk menunjukkan kepedulian dan simpati kepada mereka dan ceritanya.

Selain itu, dengan menganggukkan kepala kita akan memperbesar kemungkinan mereka akan melakukan hal yang sama saat kita berbicara. Dilansir dari Study Finds, sebuah penelitian menunjukkan orang yang menganggukkan kepala dalam sebuah percakapan lebih disenangi daripada yang tidak melakukannya.

3. Gunakan Teknik “Mirroring” 

Trik psikologi agar disenangi dalam pergaulan
Meniru orang lain/Pexels/Anastasia Shuraeva

Teknik mirroring adalah sebuah teknik yang digunakan dalam bergaul dengan orang lain. Caranya adalah dengan meniru orang lain dari cara mereka berbicara, berekspresi, dan bersikap. Teknik ini juga biasa dikenal dengan “The chameleon effect”.

Dilansir dari Study.com, the chameleon effect berarti meniru perilaku orang lain dengan tidak sadar. Jika dipikir-pikir, kamu pernah meniru beberapa hal dari sahabat atau orang terdekat yang kamu sukai, bukan? Nah, hal ini juga bekerja sebaliknya. Jika kamu ingin disukai orang lain, cobalah untuk meniru mereka.

Ketiga trik tersebut bukanlah sesuatu yang tidak sulit untuk dilakukan, setuju bukan Beauties? Cobalah untuk melakukannya selama beberapa waktu, dan kamu akan menyadari betapa orang lain menyukaimu. 

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id