sign up SIGN UP

Untuk Jadi Pribadi Lebih Baik, Ini 5 Hal yang Dilakukan Orang Cerdas Setiap Hari!

Putri Rizki Aulika | Beautynesia
Kamis, 28 Apr 2022 13:45 WIB
Untuk Jadi Pribadi Lebih Baik, Ini 5 Hal yang Dilakukan Orang Cerdas Setiap Hari!
caption
Jakarta -

Kepribadian yang dimiliki seseorang menunjukkan kualitas dirinya. Umumnya, seseorang dikatakan memiliki kepribadian baik adalah seseorang yang berkarakter kuat sehingga tidak mudah dipengaruhi oleh orang lain karena berpegang pada prinsip positif yang kuat dan membangun diri.

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan menjadi pribadi yang lebih baik, yaitu konsisten memperbaiki diri, lebih mengenal dan mencintai diri sendiri, sehat secara mental, memiliki hubungan baik dengan orang lain, serta dapat mengambil keputusan dengan tepat. Seseorang yang berkepribadian baik cenderung lebih disukai orang lain, dan dianggap sebagai panutan karena pribadinya yang menyenangkan.

Untuk kamu yang berniat menjadi pribadi yang lebih baik dalam target pengembangan diri. Namun, kamu selalu merasa kebingungan dan bertanya-tanya, bagaimana mulai menjadi pribadi yang lebih baik?

Dilansir dari Inc, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Apa saja, sih? Yuk, simak!

Jujur pada Diri Sendiri

Jujur pada diri sendiri/Foto: Freepik.com/wayhomestudio
Jujur pada diri sendiri/Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Dalam hidup, setiap orang pasti pernah berbohong. Entah dengan dalih menyenangkan orang lain atau memang menutupi suatu kesalahan.

Berbohong bisa menjadi kebiasaan yang buruk bila dibiarkan terus-menerus. Untuk mengatasinya, kamu harus menanamkan nilai jujur untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, baik berkata maupun berperilaku.

Coba mulai dari jujur pada diri sendiri, sudahkah? Menerima segala kekuranganmu tanpa mengelak.

Jika kamu ingin menjadi seseorang yang lebih baik dalam kehidupan pribadi ataupun profesional, kamu harus selalu mengatakan yang sebenarnya dan menyatakan dengan jelas apa yang ingin disampaikan. Mulai belajar untuk mengartikulasikan pikiran dan perasaan dengan gagasan secara terbuka dan jujur.

Mengedukasi Diri

Mengedukasi diri/Foto: Pexels.com/Julia M Cameron
Mengedukasi diri/Foto: Pexels.com/Julia M Cameron

Menjadi lebih baik dengan mempelajari banyak hal tentang diri sendiri. Bukan hanya mengenali diri sendiri untuk mengembangkan potensi, kamu juga harus mengetahui pengetahuan dan wawasan umum, baik melalui buku, kursus, media terpercaya, atau bertukar pikiran dengan seseorang yang sudah ahli di bidangnya.

Luangkan waktu untuk berpikir kritis pada suatu peristiwa terkini, atau kenali sejarah dan budaya negara-negara lain agar wawasan dan sudut pandangmu luas. 

Jadi Diri Sendiri

Jadi diri sendiri/Foto: Freepik.com/wayhomestudio
Jadi diri sendiri/Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Bersyukur menjadi faktor penting untuk menjadi diri sendiri. Jika kamu kurang bersyukur dengan apa yang telah dimiliki, selalu merasa banyak kekurangan bahkan iri dengan pencapaian orang lain, maka yang terjadi adalah kamu tidak bisa menjadi diri sendiri.

Dengan menjadi diri sendiri, hidup kamu akan jadi lebih bahagia karena bisa menjalani hidup apa adanya tanpa tekanan. Membangun keberanian, menciptakan batasan, menemukan fokus dan arah akan menambah rasa percaya diri.

Mengendalikan Emosi

Mengendalikan emosi/Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio
Mengendalikan emosi/Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio

Luapan perasaan dari respon yang kejadian yang menimpa manusia disebut emosi. Pada dasarnya, emosi terdiri dari perasaan terkejut, takut, marah, senang, jijik, dan sedih.

Sebagai contoh, saat kamu merasa takut dibuntuti orang asing, kamu memilih berlari kencang menghindarinya. Inilah yang disebut respon dari emosi yang berlangsung cepat dan otomatis.

Namun, emosi yang paling sering terpendam adalah amarah yang berlarut-larut. Padahal jika seseorang memendam kemarahan dapat menyebabkan kesulitan tidur, masalah pencernaan, dan bahkan penyakit jantung.

Dengan cara menuliskan perasaanmu, berdoa atau bermeditasi, dan mulai mengelola pikiran akan membantu dalam mengendalikan emosi. Kamu akan tahu seberapa kuat menentukan perasaan untuk mengendalikan pikiran. Selain itu, mengendalikan emosi juga menghindarkan kamu dari gangguan kecemasan atau masalah kejiwaan akibat emosi berlebihan.

Membantu Orang Lain

Membantu orang  lain/Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio
Membantu orang lain/Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio

Ketika orang terdekatmu atau orang lain mengalami kesulitan, kamu bisa menawarkan bantuan. Hal ini menunjukkan interaksi sosial sehari-hari kamu dengan orang lain.

Tentunya, kamu harus ikhlas membantu. Jangan sampai kamu merasa terbebani untuk membantu seseorang. Maka dari itu, lakukan kebaikan mulai dari yang hal kecil seperti tersenyum kepada orang lain, bersikap ramah dengan menyapa, membantu membawakan belanjaan Ibu, membantu teman yang kesulitan memahami mata pelajaran dengan belajar bersama, dan beberapa kebaikan lainnya.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Tetap berjuang mewujudkan versi lebih baikmu, ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id