STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Biar Langgeng, Ini 5 Kiat Mengatasi Pasangan yang Punya Trust Issue

Gabriella Gebby | Beautynesia
Kamis, 29 Sep 2022 19:00 WIB
Biar Langgeng, Ini 5 Kiat Mengatasi Pasangan yang Punya Trust Issue

Kepercayaan menjadi salah satu faktor penting dalam sebuah hubungan. Untuk menjaga hubungan tetap harmonis dan berjalan dalam waktu yang lama bersama pasangan, masing-masing pribadi harus dapat menjaga serta memberikan rasa percaya. Cukup banyak konflik yang dapat terjadi apabila tidak ada rasa percaya.

Trust issue adalah rasa sulit meranuh kepercayaan kepada orang lain. Hal ini biasanya didasarkan oleh kejadian di masa lalu yang berpotensi punya pengaruh pada masa depan seseorang dalam sebuah hubungan. Bagi kamu yang punya pasangan dengan trust issue yang besar, 5 tips yang dikutip dari laman PinkVilla ini dapat dicoba. Keep scrolling

1. Menjadi Support System

Menjadi Support System
Menjadi Support System/Foto: pexels.com/Leah Kelley

Mungkin sulit untuk dengan mudah membuat pasangan memiliki kepercayaan penuh terhadapmu maupun orang lain. Namun, seseorang tetap butuh dukungan untuk dapatt melihat sisi baik dari setiap kejadian. Berikan motivasi-motivasi kepada pasanganmu untuk pelan-pelan tidak menaruh rasa curiga berlebih. Kamu juga dapat menjadi pendengar yang baik ketika pasangan sedang menjalani masa-masa yang sulit. 

2. Dapat Dipercaya

Dapat Dipercaya
Dapat Dipercaya/Foto:: pexels.com/Flo Maderebner

Masa lalu pasangan yang membuat trust issue muncul, tentu memiliki pengaruh bagi hubungan di masa kini. Tunjukkan bahwa kata-kata dan tindakan kamu dapat ditepati. Mulai dari hal-hal kecil seperti menepati janji kencan, bercerita dengan jujur, dan menghindari pemicu pertengkaran. Membangun kepercayaan memang butuh waktu, akan tetapi hasilnya akan sebanding dengan usaha yang dilakukan.

3. Bertindak Tenang

Tetap Tenang
Tetap Tenang/Foto: pexels.com/Maldives

Sering dicurigai oleh pasangan tentu akan menimbulkan rasa risih, kesal, atau marah. Tetapi untuk membangun hubungan jangka panjang, perlu adanya saling pengertian. Ketika mengetahui pasangan punya trust issue, cobalah untuk tetap tenang dan tidak mudah terpancing emosi. Akan sulit untuk mengontrol tindakan ketika sedang di puncak emosi, sehingga nantinya akan memicu permasalahan lain. 

4. Komunikasi yang Baik

Komunikasi yang Baik
Komunikasi yang Baik/Foto: pexels.com/Vera Arsic

Komunikasi akan membuatmu mengetahui apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh pasangan. Dengan membangun percakapan yang membuat pasangan nyaman, kamu dapat menemukan solusi untuk meminimalisir trust issue yang dimiliki pasangan. Kamu juga dapat mengutarakan perasaanmu agar dapat menjadi pertimbangan bagi pasangan untuk mengelola rasa curiganya.

5. Konsultasi dengan Ahli

Konsultasi dengan Ahli
Konsultasi dengan Ahli/Foto: pexels.com/Leah Kelley

Ketika trust issue muncul dari trauma masa lalu yang mendalam hingga mengganggu pasanganmu secara pribadi, cobalah untuk berkonsultasi dengan ahli seperti psikolog atau psikiater. Jangan sampai perasaan ini akan menjadi toxic behaviour yang mengganggu hubungan dengan orang lain maupun diri sendiri. Tetap berikan dukungan terbaikmu kepada pasangan.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE