sign up SIGN UP

Biar Nggak Menyesal, 5 Kebiasaan Buruk Ini Harus Mulai Ditinggalkan Sebelum Usia 30an!

Cynthia Claudia | Beautynesia
Senin, 09 May 2022 17:30 WIB
Biar Nggak Menyesal, 5 Kebiasaan Buruk Ini Harus Mulai Ditinggalkan Sebelum Usia 30an!
caption

Seiring bertambahnya usia, tanggung jawab yang harus dilakukan semakin besar. Tak hanya itu, ekspektasi dari orang lain terhadap diri kita yang beranjak dewasa pun semakin besar.

Apalagi ketika mau mendekati usia 30 tahun, kita menjalani masa transisi dari muda menjuju tua. Ada banyak hal yang diharapkan dari diri kita yang semakin dewasa, maka penting untuk mengevaluasi diri sendiri, apakah ada kebiasaan buruk yang seharusnya ditinggalkan?

Berikut adalah kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan sebelum mencapai usia 30an. Simak yuk!

1. Kurang Istirahat 

kebiasaan buruk
kebiasaan buruk/ Foto: Pexels.com/ Andrea P.

Melansir Yahoo.com, sebuah studi menunjukkan bahwa pola tidur akan mulai memburuk di usia 30an. Jam tidur harus mulai diperhatikan karena tubuh di usia 30an biasanya mulai melemah.

Kamu mungkin masih sering begadang di usia 20an, tapi ketika usia kian bertambah, sebaiknya kamu harus mengatur ulang jam tidurmu. Pastikan bahwa kamu tidur minimal 8 jam setiap hari. Hal ini tentu agar kamu selalu sehat di masa kini dan mendatang.

2. Tidak Melakukan Check-Up Kesehatan Secara Teratur 

kebiasaan buruk
kebiasaan buruk/ Foto: Pexels.com/ Engin A.

Kebiasaan buruk selanjutnya adalah menghindari check-up kesehatan. Kondisi tubuh kamu akan mulai berubah ketika memasuki usia 30an, maka sebaiknya sebelum memasuki usia tersebut, kamu mulai rajin untuk melakukan check-up kesehatan ke dokter.

Selain check-up ke dokter umum, kamu juga harus melakukan pemeriksaan di dokter kulit atau dengan OBGYN. Jangan lupa melakukan pemeriksaan juga dengan dokter gigi selama 2 kali dalam setahun ya!

3. Pengeluaran yang Boros

Kebiasaan buruk
Kebiasaan buruk/ Foto: Lukas

Kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan anak muda sebelum mencapai usia 30an adalah pengeluaran yang sangat boros. Hindari menyisihkan uang terlalu banyak dari gaji bulananmu untuk hal-hal yang bukan menjadi kebutuhan. 

Melansir Greatist.com, ketika mencapai usia 20-an, sebaiknya bangun kebiasaan untuk menabung sebesar 10% hingga 15% dari gaji bulanan. Sementara ketika sudah berada di usia 30-an, cobalah untuk menabung sebesar15 hingga 25%.

Namun, jika kamu memiliki hutang melalui kartu kredit, sebaiknya segera dibayarkan agar tidak berbunga dan menumpuk di masa depan. 

4. Ragu untuk Meminta Kenaikan Gaji di Tempat Bekerja 

kebiasaan buruk
kebiasaan buruk/ Foto: Pexels.com/ Sora S.

Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa hampir 60% pekerja di dunia tidak meminta kenaikan gaji, karena mereka merasa tidak nyaman untuk memintanya. 

Beauties, kita semua memang perlu bekerja keras untuk membuktikan nilai kita, tapi kita juga harus dibayar sesuai dengan apa yang pantas didapatkan. Apalagi ketika kita sudah memasuki usia 30an, sebaiknya jika kita yang bekerja pantas dibayar lebih, tidak ada salahnya mengajukan kenaikan gaji ke atasan.

5. Tidak Bekerja Sesuai Passion 

Kebiasaan buruk
Kebiasaan buruk/ Foto: Pexels/ Engin A.

Dengan banyaknya pilihan pekerjaan di luar sana, kebanyakan anak muda bingung memilih pekerjaan yang cocok. Karena kebingungan, banyak dari mereka yang memilih tidak bekerja berdasarkan passion. 

Namun, yang harus diperhatikan sebelum kalian memasuki usia 30an adalah, jangan biarkan penilaian seseorang menghentikan dirimu untuk mengejar passion-mu. Luangkan waktu untuk mengerjakan hal-hal yang sesuai passion, atau memilih pekerjaan yang sesuai passion. Walau sedikit sulit, tidak ada salahnya mulai dicoba karena hal ini akan membuatmu semakin nyaman saat bekerja.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id