sign up SIGN UP

Hentikan 5 Kebiasaan Ini di Pagi Hari Kalau Nggak Mau Berat Badan Naik!

Ni Made Dwi Agustina | Beautynesia
Senin, 09 May 2022 08:45 WIB
Hentikan 5 Kebiasaan Ini di Pagi Hari Kalau Nggak Mau Berat Badan Naik!
caption
Jakarta -

Rutinitas pagi hari yang baik adalah salah satu kunci untuk menjaga kesehatan tubuh. Di sisi lain, rutinitas pagi yang buruk justru dapat menganggu kesehatan. Kebiasaan di pagi hari yang buruk juga berisiko terhadap masalah berat badan.

Mengutip pada laman The Health Site bahwa kebiasaan di pagi hari yang buruk akan memengaruhi pada berat badan, dalam hal ini berat badan menjadi tidak ideal. Lalu, kebiasaan apa saja yang dimaksud? Simak penjelasannya berikut.

Tidur Terlalu Lama

Berat badan ideal dengan tidur yang cukup
Berat badan ideal dengan tidur yang cukup/ foto: Freepik.com/ jcomp

Tidur pada dasarnya penting untuk menjaga metabolisme tubuh. Hal ini justru dapat berbalik ketika tertidur dalam waktu yang lama, khususnya di pagi hari. Peneliti menyarankan, lama waktu tidur untuk malam hari sebaiknya 7-8 jam. Hindari tidur yang terlalu lama. Adapun dampak yang mungkin bisa terjadi, salah satunya kenaikan berat badan.

Tidak Minum Air Mineral

Berat badan ideal dengan air mineral cukup
Berat badan ideal dengan air mineral cukup/ foto: Freepik.com/ svetlanasokolova

Air mineral berperan untuk fungsi biologis dalam tubuh, misalnya baik untuk kesehatan metabolisme tubuh yang memungkinkan untuk membakar kalori lebih banyak. Asupan air yang kurang dapat menyebabkan metabolisme tubuh terganggu dan dehidrasi.

Hal ini akan menyebabkan kalori tidak terbakar secara maksimal. Selain itu, kurangnya asupan air mineral juga memengaruhi lingkar pinggang. Pastikan kebutuhan air mineral cukup agar berat badan dapat terkontrol.

Menu Sarapan Berkalori Tinggi

Hentikan mengonsumsi makanan tinggi kalori untuk berat badan ideal
Hentikan mengonsumsi makanan tinggi kalori untuk berat badan ideal/ foto: Freepik.com/ nakaridore

Memilih menu sarapan yang tepat sangat penting untuk menjaga berat badan ideal. Menu sarapan yang disarankan adalah sarapan berprotein tinggi. Mengonsumsi makanan berprotein tinggi baik untuk kesehatan tubuh, seperti menurunkan berat badan.

Hindari memilih menu sarapan yang mengandung tinggi kalori dan tinggi sodium, karena dapat membuat perut menjadi kembung dan tubuh mudah lelah.  

Mengonsumsi Minuman Tinggi Gula

Hentikan mengonsumsi minuman tinggi gula untuk berat badan ideal
Hentikan mengonsumsi minuman tinggi gula untuk berat badan ideal/ foto: Freepik.com/ shurkin_son

Salah satu kebiasaan di pagi hari yang mungkin dilakukan oleh sebagian orang adalah mengonsumsi minuman manis, misalnya teh, kopi, susu, dan minuman manis lainnya.

Sebenarnya sah-saja saja mengonsumsi minuman-minuman tersebut, namun jika kadar gula yang dikonsumsi tinggi, akan menyebabkan berat badan naik. Sebaiknya, ganti minuman tersebut dengan less sugar agar lebih sehat.

Kurang Berolahraga

Rajin berolahraga untuk berat badan ideal
Rajin berolahraga untuk berat badan ideal/ foto: Freepik.com/ ArthurHidden

Berolahraga di pagi hari dapat membantu membakar lebih banyak lemak tubuh, sehingga berat badan menjadi turun. Tidak hanya berperan dalam penurunan berat badan, berolahraga di pagi hari juga membantu memompa darah dan memaksimalkan seluruh fungsi tubuh. Jadi, jangan malas berolahraga, ya!

Beauties, keempat kebiasaan di atas sebaiknya jangan dilakukan jika kamu sedang menjalankan program menurunkan berat badan. Awali pagi hari dengan kebiasaan sehat, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id