sign up SIGN UP

Bantu Atasi Overthinking, Yuk Pahami 6 Hal yang Tidak Dapat Dikendalikan dalam Hidup!

Sherley Gucci Permata Sari | Beautynesia
Minggu, 08 May 2022 19:30 WIB
Bantu Atasi Overthinking, Yuk Pahami 6 Hal yang Tidak Dapat Dikendalikan dalam Hidup!
caption

Beauties, apakah kamu suka overthinking atau mudah khawatir terhadap suatu hal dalam situasi tertentu? Memikirkan tentang masa depan atau bagaimana pandangan orang lain mengenai diri sendiri kerap menjadi alasan banyak orang masih suka overthinking atau dihantui perasaan khawatir.

Memang dua hal tersebut tak pernah benar-benar bisa dihindari. Sehingga tak jarang dapat menjadi pemicu stres dan jika tidak segera di sadari dan dikelola, tentu bisa berdampak serius pada masalah kesehatan mental.

Salah satu cara untuk mengurangi overthinking yang banyak direkomendasikan banyak ahli dan dalam buku self improvement adalah dengan mengetahui hal-hal yang tidak dapat dikendalikan dalam hidup. Dengan mengetahui hal-hal tersebut, kamu dapat menjalani hidup dengan lebih santai.

Lantas apa saja hal-hal yang tidak dapat dikendalikan dalam hidup? Yuk, simak ulasan berikut dilansir dari Elite Daily!

Cuaca

cuaca merupakan salah satu hal yang tidak dapat dikendalikan dan ditebak
Cuaca/Foto: Freepik.com/wirestock

Saat kamu sudah memiliki janji dan hendak pergi namun tiba-tiba cuaca berubah menjadi hujan deras, pasti hal ini memicu perasaan marah dan bisa jadi membuat kamu badmood seharian. Namun, kamu perlu menyadari bahwa perubahan cuaca yang tak dapat ditebak merupakan salah satu hal yang tidak dapat dikendalikan dalam hidupmu.

Jika begini, kamu bisa mengendalikan perasaanmu terhadap perubahan cuaca dengan positif, misalnya hujan bisa membantu agar tidak repot menyiram tanaman. 

Kemacetan 

Kemacetan bisa jadi salah satu penyebab overthinking dan perasaan emosi
Kemacetan/Foto: Pexels.com/mikechie-esparagoza

Kemacetan juga menjadi salah satu hal yang bisa memicu perasaan marah, khawatir, hingga overthinking. Apalagi untuk orang-orang yang memiliki pekerjaan dengan mobilitas yang tinggi. Salah satu siasat yang dapat dilakukan agar tidak mengalami kemacetan, kamu bisa menggunakan aplikasi yang menginformasikan titik kemacetan, mendengarkan berita, atau pergi satu atau dua jam lebih cepat dari waktu acara yang akan dihadiri.

Selain itu, menggunakan jalan alternatif juga bisa menjadi penyelamatmu agar tidak terjebak kemacetan nih, Beauties! Namun harus diperhatikan, terjadinya kemacetan adalah bukan sesuatu yang bisa kamu kontrol, ya, Beauties!

Masa Lalu

Menyesali masa lalu seringkali jadi penyebab overthinking
Masa Lalu/Foto: Pexels.com/

Beauties, apakah kamu suka menyesali masa lalu sehingga membuat hari-harimu dipenuhi dengan overthinking? Jika iya, hal ini harus segera kamu akhiri. Yup, karena masa lalu juga merupakan hal yang tidak dapat kamu kendalikan.

Buanglah kebiasaan mengucapkan "seandainya saja dulu..", karena kamu tidak dapat mengubahnya. Berusahalah untuk menjadi versi terbaikmu dengan mempelajari banyak hal baru dan fokus pada kehidupan di masa kini. Mengenang masa lalu dapat menjadi positif apabila kamu menjadikannya sebagai pemicu gairah untuk masa depan yang lebih baik.

Masa Depan

Memikirkan masa depan kerap menimbulkan perasaan khawatir
Masa Depan/Foto: Freepik.com/

Selain masa lalu, masa depan juga jadi salah satu hal yang tidak dapat dikendalikan nih, Beauties. Kamu mungkin bisa merencanakan masa depan, seperti membuat rencana untuk lima atau sepuluh tahun ke depan.

Namun kamu perlu menyadari bahwa akan ada hal yang sudah direncanakan tak benar-benar bisa terealisasi dengan baik karena faktor lain yang akan terjadi di luar dugaan. Fokuslah dengan apa yang kamu jalani hari ini dan mengusahakan sebaik mungkin untuk mencapai masa depan impianmu.

Pikiran dan Sikap Orang Lain

Menebak pikiran orang bisa jadi penyebab overthinking
Pikiran Orang Lian/Foto: Freepik.com/8photo

Memikirkan pandangan orang lain mengenai diri sendiri memang sering jadi penyebab overthinking banyak orang. Misalnya, kamu dalam situasi diskusi namun sahabatmu tak memiliki pendapat yang sama denganmu. Sehingga kamu berupaya untuk meyakinkannya agar memiliki pendapat yang sama.

Ini juga jadi hal yang tidak dapat kamu kendalikan lho, Beauties! Yup, karena setiap orang sah-sah saja memiliki pikiran dan pendapatnya masing-masing. Hal yang perlu kamu lakukan adalah mengelola perasaan dan reaksi atas pikiran dan sikap yang diberikan orang lain terhadapmu dengan bijak.

Kebahagiaan Orang Lain

Memastikan orang terdekat bahagia bisa menimbulkan perasaan khawatir
Kebahagiaan Orang Lain/Foto: Freepik.com/benzoix

Mungkin kamu seringkali berusaha untuk membuat orang lain merasa bahagia, seperti mengirimkan meme kepada teman saat merasa sedih atau membelikan ibu perhiasan mahal yang menurutmu bisa membuatnya bahagia. Sebaiknya kini kamu perlu mengetahui bahwa sebanyak apapun keinginan dan usahamu agar sahabat dan keluarga merasa bahagia, namun kebahagiaan orang lain juga bukanlah hal yang dapat kamu kendalikan lho, Beauties.

Nah, itu tadi 6 hal yang tidak dapat dikendalikan dalam kehidupan, Beauties. Yuk, mulai pahami dari sekarang!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id