STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Cetak Sejarah: Thailand Tunjuk Gubernur Perempuan Muslim Pertama, Disambut Positif oleh Warga

Nadya Quamila | Beautynesia
Senin, 21 Nov 2022 20:00 WIB
Cetak Sejarah: Thailand Tunjuk Gubernur Perempuan Muslim Pertama, Disambut Positif oleh Warga

Thailand baru saja mencetak sejarah baru. Untuk pertama kalinya, Thailand menunjuk perempuan Muslim untuk menjabat sebagai gubernur di salah satu daerah di selatan negara itu. Warga di kawasan yang terkenal sering terjadi konflik itu menyambut kabar tersebut dengan gembira.

Dilansir dari Bangkok Post, gubernur perempuan Muslim pertama di Thailand tersebut bernama Pateemoh Sadeeyamu (57). Ia ditunjuk menjadi gubernur untuk Provinsi Pattani pada Selasa (15/11).

Kebahagiaan atas terpilihnya Pateemoh Sadeeyamu juga dibagikan di media sosial oleh warga di tiga provinsi paling selatan yang didominasi Muslim, yaitu Pattani, Yala dan Narathiwat. Warga menganggap penunjukan Pateemoh Sadeeyamu sebagai tanda positif bagi keamanan dan pembangunan di kawasan selatan Thailand yang selama ini diterpa konflik keagamaan.

Selama hampir 29 tahun, Pateemoh Sadeeyamu telah berkarier di Kementerian Dalam Negeri di negara yang mayoritas penduduknya pemeluk agama Buddha. Sebelumnya, Pateemoh menjabat sebagai wakil gubernur Provinsi Narathiwat.

Pateemoh SadeeyamuPateemoh Sadeeyamu/ Foto: Facebook/Pateemoh Sadeeyamu

"Ini adalah perkembangan besar. Menjadi seorang Muslim dan seorang perempuan memiliki banyak tantangan dalam politik Thailand," kata Yasmin Sattar, wakil dekan Bidang Akademik, Penelitian dan Luar Negeri di Universitas Prince of Songkla, Pattani, kepada Anadolu Agency.

"Kita bisa melihat peningkatan perempuan Muslim dalam politik," kata Sattar tentang Sadeeyamu.

Pengangkatan Sadeeyamu sebagai gubernur dipandang sebagai "mengarah pada persepsi positif banyak Muslim."

Menurut Sattar, hal ini dapat menyebabkan lebih banyak kepercayaan pada negara Thailand, yang sangat penting untuk mengakhiri konflik mengenai upaya perdamaian antara pemerintah Thailand dan kelompok pemberontak di wilayah selatan.

bahasa thailand masuk ke dalam jajaran bahasa yang susah dipelajari lohBendera Thailand/Foto: Pexels.com/markus-winkler

Nithima Lama, seorang guru di distrik Rueso di Narathiwat, termasuk yang memberikan selamat kepada Pateemoh. 

"Orang-orang di tiga provinsi perbatasan selatan [Narathiwat, Pattani dan Yala] merasa bahwa dia adalah gubernur mereka," kata Nithima.

Selain itu, seorang sukarelawan kesehatan di Pattani, juga mengungkapkan sukacitanya atas terpilihnya Pateemoh Sadeeyamu sebagai gubernur.

"Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Saya senang. Saya berbagi kegembiraan semua orang.... Terima kasih telah mengirimkan kami gubernur perempuan Muslim ini," kata Ropee-ah Doloh.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE