STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Kenalan dengan Emotional Blackmail, Tindakan Manipulasi dalam Hubungan yang Harus Kamu Waspadai!

Retno Wulandari | Beautynesia
Senin, 25 Apr 2022 08:45 WIB
Kenalan dengan Emotional Blackmail, Tindakan Manipulasi dalam Hubungan yang Harus Kamu Waspadai!

Sering mengalah atau menuruti semua ucapan dari pasangan? Jangan dibiarkan karena ini termasuk salah satu tanda kamu sedang terjebak dalam emotional blackmail, Beauties.

Dilansir dari Healthline, emotional blackmail adalah tindakan manipulasi yang dilakukan oleh seseorang dengan memanfaatkan perasaan untuk mengendalikan orang lain. Nah, dalam hubungan, kamu berpeluang besar menjadi korban emotional blackmail dari pasangan, lho. Untuk menghindarinya, keep scrolling artikel ini, yuk!

Tahapan Emotional Blackmail

Menurut Susan Forward, seorang terapis, penulis, dan dosen yang mencetuskan emotional blackmail, ada enam tahapan emotional blackmail yang bisa kamu ketahui. Tahapan tersebut antara lain:

1. Tuntutan

Pasangan yang selalu memberikan tuntutan memang terkesan peduli terhadap kamu, Beauties. Namun, hal ini termasuk salah satu tahapan emotional blackmail untuk mengontrol atas pilihan hidup kamu. Misalnya menuntut dengan siapa kamu berteman, menuntut penampilan kamu, dan terlalu mengontrol kehidupan pribadi kamu.

Ilustrasi emotional blackmail
Ilustrasi emotional blackmail / Foto: Freepik @gorynvd

2. Perlawanan

Tahapan emotional blackmail kedua adalah perlawanan. Ini akan terlihat jika kamu enggan menuruti tuntutannya. Karena adanya penolakan, maka pasangan kamu akan melakukan perlawanan. Misalnya marah atau tidak mau bertemu. Cara ini akan dilakukan hingga kamu menuruti tuntutannya.

3. Tekanan

Tidak hanya marah, biasanya pasangan yang sedang melakukan emotional blackmail juga akan memberikan tekanan. Jika pasangan kamu sering mengucapkan “jika kamu mencintaiku, turuti kemauanku” atau “ini semua demi kebaikan kamu”, maka kamu harus berhati-hati karena ini termasuk dalam tahapan emotional blackmail dan jadi red flag dalam hubungan, Beauties.

4. Ancaman

Ancaman di sini tidak berupa tindakan kekerasan, tetapi lebih mengutamakan perkataan. Yup, biasanya pelaku emotional blackmail akan mengeluarkan kalimat pamungkasnya untuk memanipulasi perasaan. Misalnya mengancam putus jika kamu tidak menuruti kemauannya.

Ilustrasi emotional blackmail
Ilustrasi emotional blackmail / Foto: Freepik @avistock

5. Kepatuhan

Tahapan berikutnya adalah kepatuhan. Ketika kamu sudah menerima tekanan dan ancaman, secara tidak sadar kamu akan patuh dan menuruti kemauan pasangan meski kamu sendiri tidak nyaman saat melakukannya. Kamu akan jadi pusat dunianya ketika kamu mengalah dan patuh kepadanya. Namun, ini hanya berlangsung sesaat saja, lho, Beauties.

6. Pengulangan

Terakhir adalah pengulangan. Pasangan yang melakukan emotional blackmail akan mengulangi cara yang sudah dilakukan sebelumnya hingga membuat kamu patuh. Jadi, kondisi ini akan berlangsung terus-menerus dan membuat kamu semakin tidak nyaman.

Cara Mengatasi Emotional Blackmail

Ilustrasi emotional blackmail
Ilustrasi emotional blackmail / Foto: Freepik @avistock

Emotional blackmail berpeluang besar membuat hubungan kamu dan pasangan menjadi toksik. Perasaan sayang terkadang membuat seseorang enggan keluar dari hubungan toxic tersebut. Nah, jika kamu sadar sedang terjebak dalam emotional blackmail tapi bingung bagaimana cara mengatasinya, berikut tipsnya:

  • Stop: Terjebak dalam emotional blackmail memang menimbulkan perasaan frustrasi. Oleh karena itu kamu tidak boleh buru-buru mengambil keputusan atau langsung menuruti kemauan pasangan. Mintalah waktu atau jeda untuk kamu berpikir.
  • Observe: Melakukan identifikasi pikiran, reaksi, emosi, ketakutan, dan pemicu diri sendiri bisa meningkatkan pemahaman kamu terhadap diri sendiri. Ingat, yang berhak menentukan pilihan hidup kamu adalah kamu sendiri, Beauties.
  • Strategy: Analisa tuntutan dan dampaknya terhadap kehidupan kamu. Jadi, sebelum mengatakan “iya” kamu harus mempertimbangkan risiko apa yang akan muncul nantinya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE