sign up SIGN UP

Jangan Disepelekan Lagi ya, Kenali 5 Bahaya dari Kebiasaan Toksik Mengkritik Diri Sendiri

Novianty Aulia | Beautynesia
Kamis, 05 May 2022 17:00 WIB
Jangan Disepelekan Lagi ya, Kenali 5 Bahaya dari Kebiasaan Toksik Mengkritik Diri Sendiri
caption

Berpikir negatif dengan mengkritik diri sendiri menjadi sesuatu yang dianggap wajar, dilakukan dari waktu ke waktu. Standar yang terlalu tinggi hingga perasaan iri terhadap hidup orang lain biasanya semakin membuat kamu menyalahkan diri atas kekurangan yang ada.

Sekilas seperti rasa khawatir biasa, kebiasaan mengkritik diri sendiri nyatanya dapat membawa banyak kerugian yang merusak diri kamu ke depannya, Beauties. Pikiran yang dipenuhi oleh kritik negatif mencuri banyak kebahagiaan serta hal-hal baik lainnya dari hidupmu.

Agar lebih jelasnya, berikut Beautynesia telah merangkum 5 bahaya yang timbul dari kebiasaan mengkritik diri sendiri.

Ketergantungan terhadap Orang Lain

Besarnya keraguan kepada diri sendiri membuat kamu selalu bergantung kepada orang lain
Selalu bergantung kepada orang lain/Foto:Freepik.com/Garetvisual


Beragam dialog negatif yang semula hanya ketakutan tidak beralasan berubah menjadi sesuatu yang kamu percayai. Kemampuan yang kamu miliki tidak lagi terlihat karena pikiran negatif yang lebih banyak mempengaruhi dirimu sendiri.

Dilansir dari laman Very Well Mind, mengkritik diri sendiri membuat kamu selalu merasa tidak berdaya sekalipun sebenarnya kamu mampu. Selanjutnya, kamu merasa perlu untuk diperhatikan dan terus bergantung kepada orang lain atas hidupmu sendiri.

Kehilangan Motivasi serta Kepercayaan Diri

Terlalu banyaknya kritik negatif yang kamu berikan membuat kamu percaya bahwa kamu tidak mampu sehingga kepercayaan diri menghilang
Sulit untuk percaya diri atas apa yang dilakukan/Foto:Freepik.com/Yanalya


Dengan harapan dapat mengubah kekurangan diri, negative talk yang kamu lakukan justru membuat kamu jauh dari apa yang dibayangkan. Keinginan untuk tampil sempurna sulit untuk direalisasikan karena rusaknya kepercayaan diri.

Berfokus pada pembicaraan negatif membuat kamu sulit menghargai diri sendiri. Sebesar apapun usaha yang ada, kamu akan terus melihat diri sebagai pribadi yang lemah sehingga akhirnya kamu kehilangan keyakinan atas kebenaran hidup yang kamu jalani.

Sulit Mengendalikan Diri Sendiri

Segala kritik negatif yang kamu berikan kepada diri sendiri mempengaruhi kamu dalam bertindak
Kritik negatif mengarah pada perilaku negatif pula/Foto:Freepik.com/Drobotdean


Terganggunya banyak aspek dalam diri tentunya juga mempengaruhi kamu dalam merespon orang-orang di sekitar. Melansir dari laman Psychology Today, pembicaraan negatif sering mengarah pada perilaku tidak baik yang menyulitkan kamu untuk mengendalikan diri sendiri.

Kondisi ini timbul dari amarah yang kamu pendam sehingga kamu melampiaskan hal tersebut melalui tindakan. Pada akhirnya, kamu kesulitan untuk membangun hubungan sosial yang sehat karena tidak terkendalinya emosi akibat kebiasaan toxic yang kamu lakukan.

Stres hingga Gangguan Mental Lainnya

Suara-suara negatif yang kamu berikan kepada diri sendiri lambat laun berubah menjadi kecemasan berlebihan yang menganggu kesehatan mentalmu
Terganggunya kesehatan mental/Foto:Freepik.com/Balashmirzabey


Berlebihan dalam mengkritik diri sendiri membentuk sebuah kekhawatiran akan sesuatu yang bahkan belum terjadi. Perasaan tersebut lambat laun berubah menjadi rasa takut bahkan kecemasan secara berlebihan akibat pemikiran negatif secara berulang.

Meskipun tidak semua orang yang sering mengkritik diri sendiri memiliki riwayat gangguan mental, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa kebiasaan yang satu ini dapat merusak kesejahteraan mental yang berakibat pada menurunnya kualitas hidup kamu ke depannya, Beauties.

Ketahanan Tubuh Menurun

Pola pikir tidak baik juga mempengaruhi ketahanan tubuhmu
Kritik berlebihan juga merugikan kamu secara fisik/Foto:Freepik.com/Benzoic


Seperti yang kamu tahu, pola pikir sangatlah berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh dalam menahan ancaman penyakit. Semakin banyak kritik negatif yang kamu berikan diikuti pula dengan tubuh yang semakin lelah karena stres dirasakan.

Mendapati diri sendiri dipenuhi oleh pemikiran negatif serta stres membuat tubuh mudah tumbang karena kurangnya perawatan diri akibat fokus yang teralihkan. Mengutip dari laman Bustle, pernyataan negatif hanya akan menyakiti diri sendiri baik secara mental ataupun fisik.

So, daripada negative talk, cobalah untuk pelan-pelan membangun positive talk terhadap diri sendiri ya, Beauties..

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id