STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Memanipulasi Diri dengan Merasa Baik-baik Saja Bisa Jadi Denial, Cari Tahu Penyebabnya, Beauties!

Diyah Ma'rifathul Wulandinii | Beautynesia
Minggu, 29 May 2022 12:30 WIB
Memanipulasi Diri dengan Merasa Baik-baik Saja Bisa Jadi Denial, Cari Tahu Penyebabnya, Beauties!

Denial merupakan salah satu gangguan psikologi yang menyerang rasa cemas seseorang. Akibat tidak mampu menerima konsekuensi kurang menyenangkan, memberikan pertahanan terhadap diri menjadi solusi terbaik untuk merasa baik-baik saja.

Namun, jangan keliru, Beauties. Terbiasa membuat penyangkalan terhadap hal buruk yang sedang terjadi bisa menjadi masalah baru. Karena ini, seseorang yang terbiasa bersikap denial perlu ditangani lebih lanjut oleh tenaga profesional.

Dikutip dari Very Well Mind, secara umum denial disebabkan oleh perasaan cemas. Namun, terdapat dua penyebab spesifik yang membuat perilaku ini bertahan pada diri seseorang untuk terus dilakukan ketika mengalami suatu hal kurang menyenangkan. Dua penyebab tersebut, yaitu:

Bentuk Pertahanan

Gangguan psikologi denial dapat disebabkan oleh bentuk pertahanan diri dari rasa kurang nyaman dan aman.
Gangguan psikologi denial/foto: freepik.com/gpointstudio

Penyebab denial yang pertama adalah sebagai bentuk pertahanan diri dari emosi yang kurang stabil. Demi menjaga keamanan untuk mengatasi hal-hal di luar kendali, memberikan penyangkalan seringkali dilakukan sebagai bentuk manipulasi terhadap diri sendiri.

Bentuk pertahanan yang biasa dilakukan adalah dengan menghindari percakapan dengan topik mengganggu, padahal hal ini sama saja dengan menunda bukan mencari solusi. Dalam jangka panjang perilaku tersebut mampu menimbulkan stres dan risiko baru.

Ketika seseorang denial, mereka cenderung menganggap tidak ada kesalahan dalam diri yang perlu dikoreksi. Oleh karena itu, tindakan memanipulasi diri mampu memengaruhi bagaimana seseorang bertindak dan menentukan pilihan. Merasa diri selalu benar juga mampu membuat seseorang menemukan banyak alasan membenarkan perilakunya.

Tidak jarang juga gangguan psikologi ini merugikan diri sendiri karena kemauannya untuk menempatkan diri dalam posisi kurang menguntungkan. Memaksakan apa yang menurutnya benar dapat mendorong seseorang terjebak dalam situasi negatif dalam konsekuensi jangka panjang.

Meminimalkan Konsekuensi

Gangguan psikologi denial merupakan salah satu bentuk pertahanan diri untuk menghindari konsekuensi sebuah permasalahan.
Gangguan psikologi denial/foto: freepik.com/cookie_studio

Tujuan dari merasa diri tidak melakukan kesalahan apapun adalah menghindari konsekuensi buruk, padahal apabila diperhatikan lebih lanjut denial dapat menjadi bumerang untuk diri sendiri. Ketika seseorang menciptakan rasa aman dalam sebuah konflik bukan berarti selesai di sana, melainkan menunda penyelesaian yang ada.

Penyebab denial akibat ketakutannya menerima konsekuensi membuatnya mencari jalan pintas dengan tidak merasakan hal buruk hari ini sama halnya dengan menciptakan penyelesaian dalam jangka waktu panjang. Kebiasaan menunda ini merupakan salah satu bentuk dari janjinya pada diri sendiri untuk menyelesaikan sebuah permasalahan di kemudian hari.

Gangguan psikologi denial tidak hanya mampu merugikan diri sendiri, tapi juga orang lain saat tidak mampu mengatasi konflik yang terjadi.
Gangguan psikologi denial/foto: freepik.com/cookie_studio

Gangguan psikologi ini cenderung membuat seseorang yang mengalaminya menghindari memikirkan sebuah masalah karena keinginannya untuk terus berada dalam posisi aman. Namun, ini akan menjadi lebih merugikan apabila sampai menyalahkan orang lain dalam permasalahan yang sedang dialami.

Denial merupakan salah satu gangguan psikologi yang menyerang emosional seseorang akibat adanya rasa cemas, Beauties. Apabila kamu turut merasakannya dapat menghubungi tenaga profesional untuk mencari solusi. Mulai perangi rasa cemas dan takutmu menghadapi masalah, ya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE