
Dear Fresh Graduate, 5 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri di Dunia Kerja Ini Perlu Dicontek!

Kurang percaya diri merupakan salah satu perasaan yang kerap dimiliki oleh para pencari kerja, terutama bagi mereka yang baru terjun ke dunia kerja.Â
Karena baru terjun ke lingkungan kerja di antara rekan-rekanya yang sudah berpengalaman, maka kemungkinan kalian takut melakukan kesalahan yang akan memengaruhi performa. Sehingga, ketakutan ini berdampak pada pekerjaanmu sehari-hari.Â
Bagaimana ya caranya meningkatkan rasa percaya diri di dunia kerja? Bagi yang baru menyelami dunia kerja, simak yuk cara meningkatkan rasa percaya diri di dunia kerja menurut Forbes.
1. Identifikasi Kekuatanmu dan Menerapkannya dalam Pekerjaan
![]() percaya diri/ Foto: Pexels.com/ Anthony Shraba |
Salah satu cara terbaik untuk membangun kepercayaan diri adalah dengan memahami kekuatan diri sendiri, lalu menerapkan kekuatan tersebut dalam pekerjaan sehari-hari. Karena ketika kamu unggul dalam pekerjaan tersebut, maka kamu akan lebih bersemangat dan percaya diri.Â
Tanyakan pada dirimu sendiri: apa hal-hal yang bisa kamu lakukan lebih baik dibandingkan rekan kerjamu? Terapkan kekuatan ini dalam pekerjaanmu. Namun, jika pekerjaanmu yang sekarang tidak memaksimalkan kekuatanmu, maka kamu bisa mempertimbangkan pekerjaan lainnya yang dapat memaksimalkan kekuatanmu.
2. Identifikasi Kelemahanmu dan Cari Cara untuk Mengatasinya
![]() percaya diri/ Foto: Pexels.com/ picjumbo.com |
Semua orang pada dasarnya memiliki kelemahan, dan kelemahan dapat memengaruhi kepercayaan diri seseorang. Maka, identifikasi kelemahanmu, dan carilah cara untuk mengatasinya.
Hindari berpikir terlalu panjang tentang kelemahan yang kamu miliki, karena ini akan mengurangi kepercayaan dirimu. Luangkan pikiran terhadap hal-hal yang berhubungan dengan cara mengatasi kelemahanmu untuk meningkatkan kepercayaan diri.Â
Contohnya, jika salah satu kelemahanmu adalah tidak fasih berbicara di depan umum, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk mengikuti kursus public speaking atau membaca buku yang bermanfaat.Â
3. Percayalah pada Dirimu SendiriÂ
![]() percaya diri/ Foto: Pexels.com/ Just Name |
Meskipun ini terdengar sepele, namun mempunyai pikiran yang positif sangat berpengaruh terhadap peningkatan rasa percaya diri di dunia kerja.Â
Menurut William Arruda, seorang ahli personal branding dan salah satu penulis buku Ditch. Dare. Do!, coba katakan pada diri sendiri, "Saya bisa melakukan hal ini," Ia juga berpesan agar kata-kata ini diucapkan setiap malam sebelum tidur, diikuti dengan tiga hal yang kamu sukai tentang diri sendiri atau tiga hal yang berjalan dengan baik di hari tersebut.Â
4. Meninjau Kesuksesan Secara BerkalaÂ
![]() percaya diri/ Foto: Pexels.com/ Tiger Lily |
Cara selanjutnya untuk meningkatkan rasa percaya diri adalah meninjau kesuksesan secara berkala, yang dinilai berupa pencapaian harianmu, Beauties.
Mulai dengan membuat to-do list, atau daftar pekerjaan yang harus dilakukan setiap hari. Tinjau pekerjaan mana yang telah berhasil dilakukan setelah jam kerja. Dengan begitu, kamu akan lebih memahami pencapaianmu setiap hari dan merasa lebih percaya diri.
5. Carilah Feedback dari Orang LainÂ
![]() percaya diri/ Foto: Pexels.com/ Tiger Lily |
Cara terakhir menjadi percaya diri di dunia kerja adalah mencari feedback atau umpan balik dari orang lain. Mereka kemungkinan besar lebih memahami apa yang menjadi kekuatan diri kita, maka kamu bisa coba menanyakan kepada orang-orang di sekelilingmu seperti rekan kerja, orang tua, atau sahabat.
Tanyakan pada mereka apa tiga kekuatan terbesarmu, kemudian coba temukan cara untuk menerapkan kekuatan tersebut di dunia kerja.Â
Beauties, itu dia cara meningkatkan rasa percaya diri di dunia kerja. Setelah ini jangan kebanyakan insecure lagi ya!
_______________
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!