STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Depresi Karena Pekerjaan, Kenali Istilah Work Depression dan Cara Mengatasinya

Salsabila Rimawan | Beautynesia
Jumat, 25 Mar 2022 16:30 WIB
Depresi Karena Pekerjaan, Kenali Istilah Work Depression dan Cara Mengatasinya

Bekerja adalah bagian dari rutinitas. Bahkan bisa dibilang, banyak waktu dalam sehari dihabiskan untuk bekerja. Di era yang semakin canggih, tuntutan pekerjaan pun semakin besar. Tak heran jika ada yang mengalami stres hingga depresi karena pekerjaan.

Depresi adalah penyakit kompleks yang dapat didorong oleh kombinasi berbagai hal, termasuk faktor medis, emosional dan genetik, serta masalah lingkungan. Lalu bagaimana cara kamu mengetahui kamu mengalami work depression atau depresi karena pekerjaan? Serta bagaimana cara menyikapinya? Keep scrolling, Beauties!

Apa Itu Work Depression?

Kenali Istilah Work Depression, Agar Kesehatan Mental Terjaga di Dunia Kerja
Pengertian Work Depression/Foto: pexels.com/Karolina Grabowska

Cigna, media yang berfokus pada kesehatan mengungkapkan bahwa pekerjaan mungkin tidak menyebabkan depresi. Namun,  lingkungan dapat memperburuk gejala bagi orang yang sudah hidup dengan depresi. Faktanya, setiap tempat kerja atau pekerjaan dapat menjadi penyebab potensial atau faktor penyebab depresi, tergantung pada tingkat stres dan dukungan yang tersedia di tempat kerja. 

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), lingkungan kerja yang negatif dapat menyebabkan masalah kesehatan mental dan fisik, ketidakhadiran dalam waktu yang panjang, dan sering hingga kehilangan produktivitas

Work Depression Vs Work Stress

Kenali Istilah Work Depression, Agar Kesehatan Mental Terjaga di Dunia Kerja
Bedanya dengan Work Stress/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Pekerjaan memang berpotensi menimbulkan stres, tapi ada perbedaan di antara stres dan juga depresi. Sangat penting untuk mengetahui perbedaan di antara keduanya.

Tanda bahwa kamu mengalami stres kerja di antaranya sesekali merasa cemas dan mudah tersinggung ataupun otot menjadi tegang hingga sakit kepala. Sedangkan tanda depresi kerja adalah meningkatnya perasaan sedih, sering menangis, perasaan cemas yang terus-menerus, sering hilang fokus dan konsentrasi. Selain itu, kamu juga akan merasa bosan dalam pekerjaan, motivasi berkurang, mudah lelah hingga sering menghindari meeting atau mengerjakan tugas.

Apa yang Bisa Dilakukan Jika Mengalami Work Depression?

Kenali Istilah Work Depression, Agar Kesehatan Mental Terjaga di Dunia Kerja
Cari Bantuan/Foto: pexels.com/Ron Lach

Bila kamu mengalami depresi di tempat kerja, langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu dengan mengakuinya. Berdamailah dengan apa yang kamu rasakan. Tentu, ini bukan hal yang mudah untuk dipikirkan atau diterima, tetapi penting untuk mengelola depresi di tempat kerja.

Kamu juga bisa mengatur waktu istirahat, baik dalam waktu yang pendek untuk melakukan aktivitas yang membantu suasana hati hingga istirahat jangka panjang untuk waktu berlibur.

Penting untuk merawat diri baik secara fisik dan juga mental. Kamu bisa memulai olahraga seperti yoga dan olahraga lain yang memerlukan ketenangan. Jangan lupa, hal yang paling tidak boleh kamu lewatkan adalah mencari bantuan baik itu menemukan orang terdekat yang bisa diajak berbicara atau konsultasi dengan ahli kesehatan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE