sign up SIGN UP

Deretan Tradisi dan Mitos Unik tentang Ibu Hamil dari Berbagai Negara di Dunia

Camellia Quinita Ramadhani | Beautynesia
Kamis, 04 Aug 2022 08:00 WIB
Deretan Tradisi dan Mitos Unik tentang Ibu Hamil dari Berbagai Negara di Dunia
Ilustrasi ibu hamil/Foto: Pexels.com/Leah Kelley

Kehamilan adalah salah satu momen yang paling ditunggu para orangtua. Hal ini membuat setiap calon ibu akan melakukan yang terbaik demi perkembangan optimal janinnya. Oleh karena semangat inilah mitos-mitos dikembangkan dengan harapan melindungi si jabang bayi dari pengaruh buruk. Berbagai anjuran juga dilakukan para ibu baru demi kesehatan janin hingga menjadi tradisi.

Mau tahu apa saja kepercayaan unik ibu hamil dari berbagai negara? Simak penjelasannya berikut ini, yuk!

Kepercayaan Tentang Ibu Hamil di Filipina

Ilustrasi Ibu Hamil/Foto: Pixabay/congerdesign
Ilustrasi Kembar/Foto: Pixabay/congerdesign

Sebagai salah satu negara Asia Tenggara, kepercayaan Filipina tak kalah beragam dari kepercayaan di Indonesia menyangkut ibu hamil. Dilansir dari laman Brightside.com, jika seseorang yang sedang hamil menginginkan anak kembar, mereka bisa meningkatkan kesempatan mewujudkannya dengan cara memakan pisang dempet (pisang kembar) dan telur yang memiliki bagian kuning yang kembar.

Di samping itu, orang-orang yang masih berpandangan tradisional di Filipina biasanya menganjurkan ibu hamil untuk merendam sisir dalam santan. Menurut kepercayaan mereka, merendam sisir dalam santan akan membantu payudara calon ibu berlimpah dengan susu.

Semua ibu hamil di Filipina juga tidak boleh menyisakan makanan di piringnya agar sang ibu bisa melahirkan dengan lancar dan selamat. Selain itu, memakan telur mentah juga dipercaya bisa memperlancar persalinan, lho, Beauties.

Mimpi Ibu Hamil Jadi Pertanda Jenis Kelamin Bayi di Korea

Ilustrasi Ibu Hamil/Foto: Freepik/Jcomp
Ilustrasi Kimbap/Foto: Freepik/Jcomp

Perhatian masyarakat Korea terhadap penampilan ternyata tidak hanya berlaku bagi orang dewasa, tapi juga bagi bayi dan janin. Dilansir dari laman channel-korea.com, salah satu mitos kehamilan di Korea adalah sang ibu hamil dianjurkan untuk memakan bagian tengah dari makanan yang diiris seperi Kimbap misalnya. Anjuran ini didasarkan pada fakta bahwa bagian tengah dari makanan memiliki bentuk potongan yang lebih rapi dan cantik, sehingga harapannya bayi akan lahir dengan fisik yang sempurna.

Tidak berbeda dari Indonesia, ibu hamil yang mengidam juga harus dituruti kemauannya. Alasannya, jika keinginan mereka tidak terpenuhi, maka si bayi akan memiliki mata yang bengkok atau tidak simetris.

Ibu Hamil di China Harus Menyimpan Pisau saat Tidur

Ilustrasi Ibu Hamil/Foto: Freepik
Ilustrasi Ibu Hamil Tidur/Foto: Freepik

Bagi calon ibu, mengandung buah hati adalah momen terindah dalam hidupnya. Sangat umum bagi ibu hamil untuk mengelus perutnya yang menonjol sebagai cara komunikasi dengan janin dan sebagai ungkapan kasih sayang. Namun hal ini malah berbanding terbalik di China, Beauties. Seorang ibu hamil justru dilarang terlalu sering mengelus perutnya. Menurut laman Britannica.com, sering mengelus perut ibu hamil akan mengakibatkan bayi tumbuh besar sebagai orang yang manja dan cerewet.

Kepercayaan lain di China tentang ibu hamil juga telah dicatat dalam penelitian Women’s UN Report Network dengan judul “China-Ancient Chinese Traditions for Pregnancy & Birth” bahwa ibu hamil diharuskan menaruh pisau di bawah bantal tidurnya. Hal ini dilakukan agar roh-roh jahat tidak mendekat dan mencelakai ibu hamil dan janin dalam kandungannya. Beberapa orang juga menggantungkan potongan kertas yang dibentuk menyerupai gunting di atas kasur sebagai perlindungan tambahan.

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id