sign up SIGN UP

4 Kelompok Orang yang Rentan Terpapar Gangguan Jiwa Selama Pandemi Covid-19 Menurut Dokter

Fina Prichilia | Beautynesia
Selasa, 17 May 2022 19:45 WIB
4 Kelompok Orang yang Rentan Terpapar Gangguan Jiwa Selama Pandemi Covid-19 Menurut Dokter
caption
Jakarta -

Selain menyerang fisik, kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung sampai kini juga bisa memengaruhi kondisi jiwa, Beauties.

Hal tersebut telah dikonfirmasi ahlinya. Menurut Direktur Kesehatan Jiwa Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI drg Vensya Sitohang seperti dikutip dari laman Kemenkes RI. Menurutnya kondisi pandemi Covid-19 dapat memperparah atau semakin memengaruhi kesehatan jiwa.

4 Kelompok Orang yang Rentan Terpapar Gangguan Jiwa Selama Pandemi Covid-19

dr Hervita Diatri, SpKJ (K) mengungkap kelompok yang terpapar gangguan jiwa tersebut berbeda-beda dan punya penatalaksanaan yang berbeda pula, Beauties. Ia menyebut Berdampak besar pada empat kelompok ini:

Suara-suara negatif yang kamu berikan kepada diri sendiri lambat laun berubah menjadi kecemasan berlebihan yang menganggu kesehatan mentalmuTerganggunya kesehatan mental/Foto:Freepik.com/Balashmirzabey/

Orang Normal

Kelompok ini yakni mereka yang sebenarnya tidak punya masalah kesehatan jiwa, tetapi jadi punya masalah sampai mengalami gangguan jiwa akibat pandemi Covid-19.

Orang yang Sudah Punya Masalah Kesehatan Jiwa

Mereka yang sudah memilikinya, maka dinilai karena pandemi kondisinya bisa semakin parah. Sebagai contoh, mereka yang mengalami kekerasan di rumah tangga, maka terpaksa membuat korban mesti berdekatan dengan pelaku, yang mana itu bisa menyebabkan trauma.

Kesepian memiliki dampak yang cukup berbahaya bagi kesehatan fisik dan mentalKesepian memiliki dampak yang cukup berbahaya bagi kesehatan fisik dan mental. /foto: pexels.com/cottonbro

Orang yang Sulit Akses Layanan Kesehatan

Selanjutnya adalah mereka yang punya masalah kesehatan jiwa, namun mengalami kesulitan mengakses layanan kesehatan selama pandemi ini, Beauties. Sehingga kondisi cemas pun berisiko melanda mereka.

Orang yang Sulit Akses Asupan Oksigen

Kelompok ini yakni mereka yang punya gangguan jiwa karena kesulitan akses asupan oksigen, tepatnya ketika permintaan oksigen cukup tinggi pada Juli 2021 lalu.

Beauties, gangguan jiwa bisa terjadi pada siapa saja. Untuk itu bila kamu maupun keluarga atau temanmu mengalami hal ini, sebaiknya segera cari bantuan pada ahlinya.

Bila kamu maupun kerabat kesulitan bertemu psikolog maupun psikiater secara langsung, maka manfaatkan sesi konseling secara online. Semoga bermanfaat.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id