sign up SIGN UP

Fakta Tentang Gaslighting yang Kadang Kelihatan, namun Tak Jarang Tersembunyi

Lifia Mawaddah Putri | Beautynesia
Rabu, 30 Jun 2021 18:00 WIB
Fakta Tentang Gaslighting yang Kadang Kelihatan, namun Tak Jarang Tersembunyi
caption

Belakangan ini, istilah gaslighting semakin banyak dibicarakan. Gaslighting adalah sebuah gangguan kejiwaan yang ditandai dengan adanya sikap manipulatif terhadap orang lain. Sikap ini pun dapat membuat korbannya tidak dapat membedakan mana hal yang benar dan salah.

Sayangnya, perilaku ini seringkali enggak disadari oleh para korban gaslighting. Atau bahkan seorang gaslighter enggak sadar dengan hal yang mereka lakukan. Jika enggak disadari dan diatasi, perilaku ini pun bisa memperburuk kondisi mental pelaku dan korbannya. Oleh sebab itu, yuk simak fakta-fakta tentang gaslighting berikut ini!

Orang yang Berpotensi Melakukan Gaslighting

Pada dasarnya, siapapun bisa menjadi seorang gaslighter. Namun kebanyakan, pelaku gaslighting memiliki kelainan psikologis yaitu narsistik.
Bertengkar/freepik.com

Pada dasarnya, siapapun bisa menjadi seorang gaslighter. Namun kebanyakan, pelaku gaslighting memiliki kelainan psikologis yaitu narsistik. Mereka yang memiliki gangguan ini akan merasa bahwa dirinya paling penting dan tidak peduli dengan orang lain, kecuali orang itu bisa bermanfaat baginya. Lebih parahnya lagi, para gaslighter bisa membuat orang lain mempertanyakan dan meragukan dirinya sendiri.

Ciri Pelaku Gaslighting

Ciri seorang gaslighter adalah sering berbohong, enggan mengakui sesuatu walau memiliki bukti, serta menyisipkan dukungan positif untuk membuatmu bingung.
Bertengkar/freepik.com

Ciri seorang gaslighter adalah sering berbohong, enggan mengakui sesuatu walau memiliki bukti, serta menyisipkan dukungan positif untuk membuatmu bingung. Selain itu, mereka juga melakukan hal yang enggak sesuai dengan apa yang mereka katakan. Bahkan seorang gaslighter juga bisa menuduh orang lain akan kesalahan yang mereka lakukan.

Korban Gaslighting

Kebanyakan orang enggak menyadari bahwa sebenarnya mereka adalah korban gaslighting.
Stres/freepik.com

Kebanyakan orang enggak menyadari bahwa sebenarnya mereka adalah korban gaslighting. Nah, ciri seorang korban gaslighting adalah sering merasa bersalah atau terlalu sering minta maaf. Kemudian, seorang korban gaslighting juga akan mempertanyakan persepsi dirinya sendiri, memaklumi tindakan buruk salah satu pihak, serta sulit mengambil keputusan.

Cara Menghadapi Gaslighting

Jika kamu adalah korban dari pelaku gaslighting, jangan diam saja ya Beautynesian! Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengumpulkan bukti.
Stres/freepik.com

Jika kamu adalah korban dari pelaku gaslighting, jangan diam saja ya Beautynesian! Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengumpulkan bukti. Kamu bisa merekam pembicaraan, layar obrolan chat, maupun lainnya. Selain itu, kamu juga bisa mengambil jarak sejenak atau meminta bantuan pada orang lain. Kemudian ketika kamu mengalami hal ini, cobalah segera sadari bahwa apa yang dikatakan oleh gaslighter itu enggak benar. Jadi, jangan sampai kamu terpancing oleh kata-kata dari gaslighter.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id