sign up SIGN UP

Fakta Terbaru Ibu Kota Baru, Bakal Dibikin Versi Metaverse dan Akan ada Bandara Antariksa

Fina Prichilia | Jumat, 14 Jan 2022 17:00 WIB
Fakta Terbaru Ibu Kota Baru, Bakal Dibikin Versi Metaverse dan Akan ada Bandara Antariksa
caption
Jakarta -

RI jadi pindah ibu kota! Desain Istana Presiden di Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur (Kaltim), menuai banyak pujian. Adalah I Nyoman Nuarta sebagai sosok seniman di belakangnya.

Dikutip dari detikFinance, Nyoman mengungkap desainnya itu telah selesai dan disetujui Presiden Joko Widodo dari hasil pertemuan dengan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti.

Selain istana, ada juga fakta baru terkait IKN. Berikut beberapa di antaranya:

Bakal Dibikin Versi Metaverse

Fakta dibalik Pembangunan Istana Garuda di IKN Baru/Foto: Instagram.com/nyoman_nuartaFakta dibalik Pembangunan Istana Garuda di IKN Baru/Foto: Instagram.com/nyoman_nuarta/ Foto: Ghena Oktafira

Ibu kota baru juga akan hadir dalam versi metaverse, alias dunia virtual berkonsep masa depan dengan teknologi. Hal ini merupakan sinyal dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Suharso Monoarfa, saat Rapat Panja IKN di DPR RI, Kamis (13/1).

Tujuannya agar masyarakat bisa mendapat gambaran lebih jelas dan nyata dari pusat pemerintahan yang ada di Kaltim. Sehingga bukan lagi dalam bentuk maket maupun hologram, tapi reaktif.

"Kami juga sedang siapkan ibu kota negara itu dalam bentuk metaverse. Mudah-mudahan dalam 4 bulan ini kami di Bappenas bisa tunjukan ibu kota negara itu kalau jadi itu seperti ini. Jadi tidak lagi dalam bentuk maket atau hologram," ungkapnya.

Punya Bandara Antariksa

Elon Musk, Jeff Bezos, dan Bernard Arnault menduduki peringkat teratas sebagai orang terkaya di dunia (tiga zodiak terkaya/Foto: thetrendspotter.net)Elon Musk /Foto: thetrendspotter.net)/

Suharso juga mengungkap kalau di IKN akan dibangun bandara antariksa, Beauties. Nggak tanggung-tanggung, tapi yang teknologinya mirip SpaceX! Yaitu perusahaan luar angkasa punya Elon Musk, yang berbasis di Los Angeles, AS.

Dengan begitu, pesawat dengan kecepatan tinggi bisa mendarat di sana. Sehingga perjalanan ke luar negeri berpotensi bisa lebih singkat lho, Beauties.

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id